Pilotz

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pilotz
AsalJakarta, Indonesia
GenreRock
Tahun aktif1996 - sekarang
LabelFLY MUSIC
AnggotaTara
Athhur
Agyl
Matheo

PILOTZ merupakan grup musik asal Jakarta indonesia yang resmi berdiri pada 9 September 1996. Kini Pilotz beranggotakan Matheo (vocal), Tara (gitar), Arthur (bass) dan Agyl (drum).[1]

PILOTZ merupakan grup musik asal Jakarta indonesia yang sebelumnya bernama Pilot Band[1] Cikal bakalnya di tahun 2008, anggotanya: Erzie (vokal), Oi (gitar), Ponco (bass), Anggi (keyboard) dan Deva (drum).

Album pertama sewaktu bernama Pilot band ialah Sepanjang Hidupku dirilis tahun 2008.

Single Sepanjang Hidupku yang sukses merajai tangga lagu radio di seluruh Indonesia medio 2008 silam. Sayangnya, prestasi tersebut tak berakhir indah. Di tengah puncak kejayaan, Pilot justru memutuskan untuk vakum. Pada tahun 2009 Erzie (vocalis) eks Pilot dipertemukan dengan kawan lamanya Tara (Gitar) & Arthur (Bass), Mereka bertiga sepakat membentuk band dengan nama The Rich, formasi ini di tambah dengan gonta ganti additional drum. Band ini sempat berjalan tanpa kepastian, hingga akhirnya ditahun 2013 Agyl (drum) bergabung dengan mereka. Dengan formasi ini lengkap sudah Ezra (vocal), Tara (gitar), Arthur (bass) dan Agyl (drum).

Di pertengahan 2014 tercetulah sebuah konsep untuk membuat mini album dan disinilah awal perjalanan sesusunguhnya di mulai, Setiap kali The Rich perfom banyak fans yang bilang bahwa mereka itu Pilot Band karena Erzie juga adalah mantan vokalis Pilot Band. Para fans mereka dan managemen menyarankan agar Erzie dan kawan kawan kembali memakai nama Pilot.

Setelah dipertimbangkan dengan baik baik akhirnya Erzie, Tara, Arthur, dan Agyl mendeklarasikan sebuah nama baru dengan di tandai huruf Z di belakang Pilot, hingga menjadi PILOTZ, sebuah mini album dengan bertittle " lets fly" dan berisi 5 lagu di dalamnya menjadi gaung perdana PILOTZ di industri musik Indonesia. Single " Memang Aku " dan " Cemburu " cukup kuat bertengger di chart radio radio di indonesia. PILOTZ sempat meraih trophy di OZ radio di Jakarta dalam program load dan loud, kategori the best perpormance. PILOTZ juga sempat menadapatkan kepercayaan dari dinas pariwisata lombok tengah dengan mengsuport pilotz untuk membuat video klip dengan background objek objek wisata utama di lombok tengah (bukit merese, pantai seger, pantai kutai lombok) untuk di ambil gambarnya dan di masukan kedalam video klip single " untukmu selamanya " di tahun 2016. Di awal 2016 Pilotz juga mendapat kepercayaan dan kehormatan untuk ikut dalam rangkaian tour produk rokok terkemuka Apache. Pilotz kembali merilis album Repackage dari mini album menjadi full album, dimana dari 5 lagu di mini album menjadi 10 lagu dengan konsep launching yang unik dan kreatif.

Pada pertengahan Juni 2018 Erzie (vocal) resmi mengundurkan diri karena ingin mencalonkan diri sebagai anggota legislatif di DPR-RI. Dengan kekosongan vocalis hingga di tahun 2019 Pilotz tetap melanjutkan perjalanan karir dengan merekrut vocalis baru "Landa " yang sebelumnya adalah fans dari Pilotz itu sendiri. Dengan berbekal doa, kerja keras, solidaritas, karya dan semangat yang selalu manjadi bahan bakar Pilotz untuk terus mengudara di belantika musik indonesia. Bersama vokalis Landa Pilotz resmi rilis 3 Single " Kita Terluka, Sepanjang Hidupku Untukumu dan Akan Indah Pada Waktunya (ft. Roy Jeconiah). Pada tahun 2021 Pilotz kembali di tinggal vokalis, Landa menggundurkan diri dari Pilotz al hasil pada Februari di tahun 2022 Pilot resmi memperkenalkan Matheo sebagai vokalis baru mereka.

Diskografi[2][sunting | sunting sumber]

  • Sepanjang Hidupku[3](2008)
  • Let's Fly[4] (2014)
  • KITA TERLUKA[5] (2019)
  • Sepanjang Hidupku Untukmu (2020)
  • Akan Indah Pada Waktunya (2021)

Referensi[sunting | sunting sumber]