Pilihan Hobson

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Sebuah lukisan minyak Thomas Hobson, di Galeri Lukisan Nasional, London. Ia menghadap kearah penggambar dan mengenakan pakaian Tudor
Thomas Hobson, sebuah lukisan di Galeri Lukisan Nasional, London

Pilihan Hobson (bahasa Inggris: Hobson's choice) adalah sebuah pilihan bebas yang hanya ada satu opsi yang dipilih. Sebagai orang yang dapat menentukan opsi tersebut, pilihan tersebut adalah antara mengambil opsi tersebut atau tidak; "ambil ini atau tinggalkan ini". Frase tersebut dikatakan berasal dari Thomas Hobson (1544–1631), orang asal Cambridge, Inggris. Saat memakai kuda-kudanya, ia menyuruh pelanggan untuk memilih mengambil kuda yang berada di dekat pintu atau tidak mengambil semuanya.

Asal mula[sunting | sunting sumber]

Sebuah permainan ultimatum adalah sebuah bentuk dari pilihan Hobson.

Kemunculan awal dalam penulisan[sunting | sunting sumber]

Menurut Oxford English Dictionary, penulisan pertama yang dikenal menggunakan frase ini adalah dalam The rustick's alarm to the Rabbies, yang ditulis oleh Samuel Fisher pada 1660[1]

Frase tersebut juga muncul dalam sebuah makalah karya Joseph Addison yang berjudul The Spectator (No. 509 dari 14 Oktober 1712);[2] dan dalam puisi yang dibuat pada 1688 karya Thomas Ward "England's Reformation", yang tidak diterbitkan sampai setelah kematian Ward.

Penggunaan modern[sunting | sunting sumber]

Perbedaan[sunting | sunting sumber]

Pilihan Hobson berbeda dengan:

Rujukan sejarah dan budaya[sunting | sunting sumber]

Hobson's Choice adalah sebuah komedi panggung berjangka penuh yang ditulis oleh Harold Brighouse pada 1915.

Permainan panggung tersebut diadaptasi dalam film beberapa kali:

Budaya populer[sunting | sunting sumber]

The Terminal Experiment, sebuah novel fiksi ilmiah 1995 karya Robert J. Sawyer, yang aslinya diserialisasikan dengan judul Hobson's Choice.

Half-Life, sebuah permainan video yang dibuat pada 1998 oleh Valve Software meliputi sebuah Pilihan Hobson dalam babak akhir.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]