Piji, Bagelen, Purworejo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Piji
Desa
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Purworejo
Kecamatan Bagelen
Pemerintahan
 • Kepala desa Budiman
Kodepos 54174
Luas 2,29 Km²
Jumlah penduduk ± 1700 jiwa
Kepadatan -

Piji adalah sebuah desa di kecamatan Bagelen, Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia. Desa ini berjarak sekitar 5,5 Km dari ibu kota kecamatan Bagelen atau sekitar 8,5 Km dari ibu kota Purworejo ke arah selatan. Ada banyak tempat-tempat bersejarah di desa ini seperti petilasan Reco, makam Ki Begonondo, makam Kiai Santri, Sumur Tuk Dandang, Sumur Tempuran, makam mbah Launan.

Batas wilayah[sunting | sunting sumber]

Batas-batas wilayahnya adalah sebagai berikut:

Utara Desa Kemanukan dan Kecamatan Purworejo
Selatan Desa Soko dan Desa Semagung
Barat Kecamatan Banyuurip
Timur Kecamatan Kaligesing

Pembagian wilayah[sunting | sunting sumber]

  1. Dusun Karang
  2. Dukuh Krajan Kidul
  3. Dukuh Krajan Lor
  4. Dukuh Kibon
  5. Dukuh Gumuk

Geografi[sunting | sunting sumber]

Desa Piji berada di bagian utara Kecamatan Bagelen dengan luas wilayah 229 Ha yang diantaranya terdiri dari sawah, tegalan, hutan garapan, pemukiman dan lain-lain. Sebagian besar wilayah Desa Piji terletak di dataran rendah pada ketinggian 21-285 meter diatas permukaan air laut (Mdpl). Dataran rendah berada di bagain tengah dan barat sedangkan dataran tinggi di bagian timur yang merupakan Bukit Pajutelu (285 Mdpl). Desa Piji dilalui oleh dua sungai yang cukup besar yaitu Sungai Bogowonto di batas sebalah barat, Sungai Semagung di sebelah selatan dan Sungai Ngasinan di bagian utara.

Penduduk[sunting | sunting sumber]

Masyarakat Piji mayoritas hidup sebagai petani dengan hasil pertanian andalan pada umumnya adalah padi, tembakau, jagung, kedelai, serta tanaman palawija lainnya. Matapencaharian lainnya ada juga PNS, Karyawan, Pedagang serta Buruh. Secara geografis desa Piji terletak di bagian utara wilayah kecamatan Bagelen. Dengan jumlah penduduk 1700 jiwa masyarakat Desa Piji masyoritas beragama Islam dan sebagian Kristen dan Katolik. Untuk menunjang kegiatan keagamaan terdapat Masjid At Taqwa bagi pemeluk Islam. Sedangkan untuk pemeluk agama lain bergabung dengan jemaat yang lain di Desa Kemanukan.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

  1. SD Negeri Piji
  2. TK Pamekar Budi

Kesenian[sunting | sunting sumber]

  1. Kuda Lumping Turonggo Seto
  2. Kuda Lumping Kridha Budaya
  3. Dolalak Arumsari