Pierre-Nicolas Brisset

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Ponte Nomentano (1837)
Los Angeles County Museum of Art.
Gaius Gracchus Summoned by the Senate (1840)

Pierre-Nicolas Brisset (18 Agustus 1810 – 29 Maret 1890 adalah seorang pelukis dan muralis Prancis dengan gaya Akademik. Dia terkenal karena adegan mitologis, sejarah dan religiusnya, tetapi juga melukis pemandangan dan potret.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Ayahnya adalah produsen mesin cetak. Pada usia delapan belas tahun, dia magang di bengkel Louis-Charles-Auguste Couder dan kemudian belajar dengan François-Édouard Picot.[1] Selama waktu ini, ia juga belajar di École nationale supérieure des beaux-arts. Perjalanan ke Italia pada tahun 1835 terinspirasi untuk melukis serangkaian karya tentang subjek sejarah, monumen dan reruntuhan, terutama Ponte Nomentano di Sungai Aniene.

Pada tahun 1840, ia dianugerahi Prix de Rome dalam lukisan untuk penggambarannya tentang Gaius Gracchus yang dipanggil di hadapan Senat.[2] Dari tahun 1841 hingga 1845, ia tinggal di Villa Medici di Roma. Sementara di sana, ia melukis "Saint Lawrence Menampilkan Harta Karun Gereja", yang menikmati sukses besar ketika ditampilkan di Salon dan Palais des Beaux-Arts de Lille.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Biographical notes @ the Galerie la Nouvelles Athènes.
  2. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama G2

Pranala luar[sunting | sunting sumber]