Physeteroidea

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Physeteroidea
Rentang fosil: Oligosen – sekarang 25–0 jtyl
Perangko Kepulauan Faroe bergambar seekor paus sperma (Physeter macrocephalus)
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Infraordo:
Parvordo:
Superfamili:
Physeteroidea

Gray 1868
Famili

Physeteroidea adalah superfamili yang saat ini mencakup tiga spesies paus yang masih bertahan sampai saat ini, yakni paus sperma dalam genus Physeter, dan 2 jenis paus sperma kerdil dalam genus Kogia. Di masa lalu, genera ini kadang-kadang bersatu dalam satu famili, Physeteridae, dengan dua spesies Kogia dalam subfamili Kogiinae; akan tetapi, praktik terbaru adalah mengalokasikan genus Kogia ke keluarganya sendiri, Kogiidae, meninggalkan Physeteridae sebagai famili monotipe (spesies tunggal yang masih ada), meskipun perwakilan fosil tambahan dari kedua famili tersebut diketahui.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Paus sperma (Physeter macrocephalus) adalah spesies paus bergigi terbesar, dengan si raksasa dewasa (jantan) tumbuh dengan panjang sekitar 15–18 m (49–59 kaki), dan berat sekitar 45–70 metrik ton (panjang 44–69) ton; 50–77 ton pendek). Kedua spesies kogiid jauh lebih kecil, panjangnya sekitar 2,5 hingga 3,5 m (8 kaki 2 inci hingga 11 kaki 6 inci), dan berat 350–500 kg (770–1.100 lb).

Tubuh physeteroid sangat proporsional, dengan sirip berbentuk dayung. Rahang bawah selalu relatif kecil dan tipis dibandingkan dengan rahang atas. Tulang hidung paus ini sangat asimetris, dengan lubang sembur yang terletak di sisi kiri kepala; pada paus sperma, letaknya dekat bagian atas kepala, sedangkan pada kogiids letaknya lebih jauh ke depan. Semua spesies memiliki banyak gigi yang mirip dan relatif sederhana. Pada para kogiid, dan terkadang juga pada paus sperma, gigi di rahang atas tidak tumbuh, dan terkadang sama sekali tidak ada.[1]

Mata para physeteroid tidak dapat berputar di soketnya, dan hanya memiliki ruang anterior vestigial. Ekolokasi kemungkinan merupakan alat yang jauh lebih penting bagi hewan-hewan ini daripada penglihatan.[1]

Ciri umum lainnya adalah spermaceti, zat putih lilin semi cair yang mengisi 'case' atau organ spermaceti di kepala paus, yang memainkan peran utama dalam produksi dan manipulasi arah suara klik terfokus yang digunakan untuk ekolokasi pada paus sperma besar yang masih ada (Physeter macrocephalus).[2] Ketiga spesies menyelam sangat dalam untuk mencari makanan, meskipun paus sperma diyakini menyelam lebih dalam daripada salah satu kogiid. Anggota kedua keluarga makan cumi-cumi, ikan, dan bahkan hiu.

Kehamilan berlangsung dari 9 hingga 15 bulan, tergantung spesiesnya. Anak tunggal tetap bersama induknya setidaknya selama dua tahun, sebelum disapih. Para Physeteroid tidak mencapai kematangan seksual penuh selama beberapa tahun. Semua spesies berkumpul dalam 'polong' atau kawanan, yang sebagian besar terdiri dari betina, betis, dan jantan remaja, meskipun ukuran polong ini biasanya lebih kecil di para kogiid.[1]

Evolusi[sunting | sunting sumber]

Fosil paus sperma paling awal diketahui dari akhir Oligosen - sekitar 25 juta tahun yang lalu,[3][4] dengan nenek moyang yang ditelusuri kembali dari Eosen terbaru sebelum menyimpang dari sisa garis odontoceti, mengarah ke lumba-lumba, dan porpoise (paus bergigi kecil).

Rekaman fosil menunjukkan bahwa paus sperma lebih umum di masa Miosen, di mana garis keturunan basal (seperti Zygophyseter dan Naganocetus) ada; genera fosil lain yang ditugaskan untuk Physeteridae termasuk Ferecetotherium, Helvicetus, Idiorophus, Diaphorocetus, Aulophyseter, Orycterocetus, Scaldicetus, dan Placoziphius, sedangkan genera fosil kogiid termasuk Kogiopsis, Scaphokogia, dan Praekogia. Kogiid paling awal diketahui dari Miosen akhir, sekitar 7 juta tahun yang lalu.

Hubungan erat antara Physeteridae yang masih ada dan Kogiidae dikonfirmasi dalam studi molekuler terbaru menggunakan mitokondria sitokrom b, berdasarkan analisis ini, kerabat terdekat mereka tampaknya adalah Ziphiidae di satu sisi, dan Mysticeti dan Platanistidae di sisi lain. Makalah yang dikutip terakhir juga mendukung pengelompokan Physeteridae dan Kogiidae dalam satu superfamili, Physeteroidea, seperti yang telah dikemukakan sebelumnya. Bianucci & Landini pada tahun 2006 mengemukakan bahwa Diaphorocetus, Zygophyseter, Naganocetus, dan Aulophyseter mendahului perpecahan yang disimpulkan dari Kogiidae dan Physeteridae, dengan demikian akan membatasi keluarga Physeteridae ke genera yang mempostdate perpecahan ini (pandangan kladistik).

Klasifikasi[sunting | sunting sumber]

Mereka adalah anggota Odontoceti, subordo yang berisi semua paus dan lumba-lumba bergigi. Saran bahwa paus sperma mungkin merupakan kelompok saudara dari paus balin yang dibantah oleh data molekuler dan morfologi, membenarkan monofili Odontoceti termasuk paus sperma. Satu spesies yang masih ada dari genus Physeter ditempatkan di keluarga Physeteridae. Dua spesies dari genus Kogia terkait yang masih ada, paus sperma kerdil K. breviceps dan paus sperma kerdil K. simus, terkadang juga ditempatkan dalam famili ini, atau ditempatkan dalam famili mereka sendiri, Kogiidae.

ringkasan klasifikasi taksa yang masih bertahan dan punah (†) adalah:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Lockyer, Christina (1984). Macdonald, D., ed. The Encyclopedia of MammalsPerlu mendaftar (gratis). New York: Facts on File. hlm. 204-209. ISBN 978-0-87196-871-5. 
  2. ^ Huggenberger, Stefan; Andre, Michel; Oelschlager, Helmut H.A. (2014). "The nose of the sperm whale - overviews of functional design, structural homologies and evolution". Journal of the Marine Biological Association of the United Kingdom. 96 (4): 783–806. doi:10.1017/S00253115414001118. hdl:2117/97052alt=Dapat diakses gratis. 
  3. ^ Stucky, R. E. & McKenna, M. C. (1993). Mammalia. Pp. 739-771 in Benton, M. J. ed.: The Fossil Record 2. Chapman & Hall, London.
  4. ^ Mchedlidze, G. A. (2009). Perrin, William F.; Wursig, Bernd; Thewissen, J. G. M., ed. Encyclopedia of Marine Mammals (edisi ke-2). 30 Corporate Drive, Burlingtion Ma. 01803: Academic Press. ISBN 978-0-12-373553-9. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-11-09.