Phokion

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Pemakaman Phokion oleh Nicolas Poussin 1648.

Phokion (/ˈfʃiən, -ˌɒn/; Yunani: Φωκίων Phokion; skt. 402 – skt. 318 SM; dijuluki yang Baik) merupakan seorang negarawan dan strategos Athena, dan subyek dari salah satu Kehidupan Paralel Plutarkhos.

Phokion adalah seorang politisi sukses di Athena. Ia percaya bahwa berhemat yang ekstrim adalah kondisi kehidupan dan hidup sesuai dengan ini; Oleh karena itu, ia dikenal sebagai "yang Baik." Selanjutnya, orang mengira bahwa Phokion adalah anggota majelis Ekklesia. Namun di dalam ruangan ini, kecenderungan Phokion untuk melawan oposisi yang kuat terdegradasi menjadi satu posisi tersendiri melawan keseluruhan kelas politik. Meskipun demikian, yang diakuisisi oleh pihak Chabrias, Phokion terpilih sebagai Strategos beberapa kali, dengan catatan 45 kali di kantor. Jadi selama bagian besar dari delapan puluh empat tahun hidupnya, Phokion menduduki kantor Athena yang terpenting.

Pada akhir tahun 320-an, ketika Makedonia memperoleh kendali penuh atas Athena (di bawah Antipatros), meskipun agak membahayakan Phokion membela pusat kota dan warganya. Ia bahkan menolak untuk mematuhi beberapa permintaan muush yang tidak terhormat. Namun sikapnya menempatkan Phokion bertentangan dengan orang Athena dan Polyperkhones, yang paling bebas, penguasa Makedonia berikutnya, yang mengatur eksekusinya di Athena.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Abu Phokion yang dikumpulkan oleh jandanya oleh Nicolas Poussin 1648

Sumber[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]