Phoca vitulina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Phoca vitulina
Phoca vitulina Edit the value on Wikidata
Data
Waktu kehamilan11 bulan Edit the value on Wikidata
Status konservasi
Status iucn3.1 LC.svg
Risiko rendah
IUCN17013 Edit the value on Wikidata
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasMammalia
OrdoCarnivora
FamiliPhocidae
GenusPhoca
SpesiesPhoca vitulina Edit the value on Wikidata
Linnaeus, 1758
Subspecies
P. vitulina concolor (DeKay, 1842)

P. vitulina mellonae (Doutt, 1942)
P. vitulina richardsi (Gray, 1864)
P. vitulina stejnegeri (J. A. Allen, 1902)

P. vitulina vitulina Linnaeus, 1758
Distribusi
Phoca vitulina habitat.png
Range of Phoca vitulina

Phoca vitulina adalah sebuah anjing laut sejati yang ditemukan di sepanjang garis pantai laut Kutub Utara dan Kutub Utara yang beriklim sedang. Spesies pinniped (walrus, anjing laut bertelinga, dan segel sejati) yang paling banyak didistribusikan, ditemukan di perairan pesisir Atlantik utara, Samudra Pasifik, Baltik, dan Laut Utara.

Binatang ini berwarna coklat, putih keperakan, cokelat, atau abu-abu, dengan lubang hidung berbentuk V yang khas. Orang dewasa dapat mencapai panjang 1,85 m (6,1 kaki) dan massa hingga 168 kg (370 lb). Kelopak di bawah kulit anjing laut membantu menjaga suhu tubuh. Wanita hidup lebih lama dari laki-laki (30–35 tahun versus 20–25 tahun). Binatang ini menempel pada tempat-tempat peristirahatan yang sudah dikenal atau lokasi pengangkutan, umumnya daerah berbatu (meskipun es, pasir, dan lumpur juga dapat digunakan) di mana mereka dilindungi dari kondisi cuaca buruk dan predasi, di dekat area pencarian makan. Laki-laki dapat memperebutkan pasangan di bawah air dan di darat. Betina melahirkan seekor anak anjing tunggal setelah kehamilan sembilan bulan, yang mereka rawat sendiri. Anak anjing dapat memiliki berat hingga 16 kg (35 lb) dan dapat berenang dan menyelam dalam beberapa jam setelah kelahiran. Mereka berkembang dengan cepat pada susu kaya lemak ibu mereka, dan disapih setelah empat sampai enam minggu.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Thompson, D. & Härkönen, T. (2008). "Phoca vitulina". Diakses tanggal 29 January 2009. 
  2. ^ Linnæus, Carl (1758). Systema naturæ per regna tria naturæ, secundum classes, ordines, genera, species, cum characteribus, differentiis, synonymis, locis. Tomus I (dalam bahasa Latin) (edisi ke-10th). Holmiæ (Stockholm): Laurentius Salvius. hlm. 38. Diakses tanggal 23 November 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]