Philip Johan von Strahlenberg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Peta Rusia pada tahun 1725, digambar oleh Philip Johan von Strahlenberg dan Johan Anton von Matern

Philip Johan von Strahlenberg (1676-1747) adalah seorang perwira Swedia dan ahli geografi dari Jerman yang memiliki kontribusi penting bagi pemetaan Rusia. Ia adalah ahli geografi pertama yang mencetuskan ide "Perbatasan Ural" bagi batas Eropa dan Asia, yang menentukan bahwa Pegunungan Ural dan Sungai Ural sebagai perbatasan timur dari benua Eropa. Kemudian gagasannya ditetapkan dengan persetujuan dari Tsar Rusia.[1]

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Strahlenberg lahir di Stralsund, yang kemudian menjadi bagian dari Swedia, dan nama aslinya adalah Philip Johan Tabbert. Ia bergabung dengan tentara Swedia pada 1694 dan dipromosikan sebagai kapten pada tahun 1703. Pada tahun 1707, dia dimuliakan dan mengambil nama von Strahlenberg.

Sewaktu Strahlenberg mengambil bagian dalam Perang Utara Raya, ia ditangkap oleh pasukan Rusia yang menang selama Pertempuran Poltava pada tahun 1709. Sebagai tawanan perang, ia dikirim ke Tobolsk, di mana ia tinggal dari 1711 hingga 1721. Selama waktu ini, ia mempelajari geografi dari Siberia dan antropologi, bahasa, dan adat istiadat dari suku-suku asli Siberia. Setelah kembali ke Stockholm pada tahun 1730, ia menerbitkan bukunya Das Nord - und Ostliche Theil von Europa und Asia (Bagian Utara dan Timur Eropa dan Asia) yang merupakan hasil studi-studinya. Buku itu diterima dengan baik dan segera diterjemahkan ke bahasa Inggris, Perancis, dan Spanyol.

Sebagai bagian dari bukunya, Strahlenberg dan Johan Anton von Matérn menggambar peta baru dari Rusia, yang menjadi tugas terberat. Dia juga menyarankan perbatasan baru antara Eropa dan Asia di wilayah Rusia. Perbatasan ini mengikuti puncak-puncak Ural, kemudian bercabang ke arah barat sepanjang pegunungan minor, mengikuti perbukitan di tepi barat hilir Sungai Volga ke lintang 49 derajat dan Sungai Don menuju ke Laut Hitam.[2] Vasily Tatischev mengklaim bahwa gagasan ini adalah idenya yang diadopsi oleh Strahlenberg.[3][pranala nonaktif]

Buku Strahlenberg juga secara luas berkaitan dengan bahasa dan adat istiadat dari bangsa Tatar, Yakut, Chuvash, Tatar Krimea, Uzbek, Bashkir, Kyrgyz, Tatar Turkmen dan Mongol. Ia juga menyusun dan menerbitkan Kamus Kalmyk-Jerman, yang kemudian diterbitkan dalam bahasa Perancis dan terjemahan bahasa Inggris. Dalam menulis tentang ritual adat perdukunan dari Siberia, ia mencatat penggunaan jamur amanita (Amanita muscaria) yang beracun.

Dalam tahun-tahun kemudian, Strahlenberg menulis yang dua volume panjang berisi risalah tentang sejarah Rusia, yang diterbitkan dalam terjemahan Perancis dengan judul Description Historique de l'empire Russien (Deskripsi Sejarah dari Kekaisaran Rusia) pada tahun 1757.

Asteroid (15766) Strahlenberg dinamakan untuk menghormatinya.

Karya[sunting | sunting sumber]

  • Das Nord-und Ostliche Theil von Europa und Asia, 1730 (terjemahan bahasa Inggris dicetak ulang pada tahun 1970 dengan judul Russia, Siberia, and Great Tartary atau Rusia, Siberia, dan Tatar Raya)
  • Description Historique de l'empire Russien, 1757

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Egbert Jahn (2015). International Politics: Political Issues Under Debate -, Volume 1. Springer. hlm. 21. 
  2. ^ Philipp Johann von Strahlenberg (1730). Das Nord-und Ostliche Theil von Europa und Asia (dalam bahasa German). hlm. 106. 
  3. ^ [1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

  • Johan Gustaf Renat

Tautan luar[sunting | sunting sumber]