Phil Katz

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Phillip Walter Katz (3 November 196214 April 2000), lebih dikenal dengan nama Phil Katz, adalah seorang pemrogram komputer yang menciptakan PKZIP, sebuah program untuk kompresi data yang berjalan di atas sistem operasi DOS.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Ia meraih gelar sarjana ilmu komputer dari University of Wisconsin-Milwaukee. Program kompresinya yang pertama adalah PKARC dari pertengahan 1980-an. PKARC compatible dengan program ARC yang terkenal saat itu, ditulis oleh Thom Henderson, pendiri System Enhancement Associates (SEA). ARC, yang diedarkan dengan source codenya, ditulis dalam C. PKARC ditulis dalam assembler sebagian, dan karena itu jauh lebih cepat. Karena kecepatan ini, PKARC lebih terkenal dari ARC.

System Enhancement Associates menemukan bahwa Katz telah menyalin banyak source code ARC ke PKARC, dan menuntut Katz. Karena itu Katz kemudian mengabaikan PKARC dan menulis program lain yang bernama PKZIP, dengan kompresi yang lebih baik dan lebih cepat dari ARC. Format ZIP menjadi standar kompresi. Dari penjualan perangkat lunak ini, Katz menjadi jutawan dengan cepat. Walaupun demikian usahanya tetap berukuran kecil dan ia terus menulis program sendiri.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Katz memiliki masalah kecanduan alkohol selama bertahun-tahun. Teman-temannya mencoba menolongnya, tetapi ia menolak dan menjauh dari mereka. Ia ditangkap polisi beberapa kali karena terbukti mengemudi kendaraan dalam keadaan mabuk. Ia ditemukan tewas di sebuah kamar hotel dengan sebotol peppermint schnapps di tangannya pada 14 April 2000 dalam usia 37. Menurut otopsi kematiannya disebabkan oleh acute pancreatitis karena terlalu banyak minum alkohol.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]