Peter Sondakh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Peter Sondakh
Lahir23 Juni 1953 (umur 70)
Manado, Sulawesi Utara, Indonesia
KebangsaanIndonesia
PekerjaanCEO & Chairman Rajawali Corpora
Kekayaan bersihPenurunan US$1,5 miliar (Desember 2020)[1]
Suami/istriEvie Yap Moeljohartono
AnakClaudia Sondakh

Peter Sondakh (lahir 23 Juni 1953) adalah pengusaha asal Indonesia.

Karier[sunting | sunting sumber]

Peter Sondakh lahir pada tahun 1953. Ayahnya memulai bisnis memproduksi minyak kelapa dan mengekspor kayu sejak tahun 1954. Tahun 1954, ayahnya merupakan inspirasi bisnisnya. Setelah ayahnya meninggal, ia mewarisi bisnis kecilnya. Dia, Peter Sondakh, yang baru 20 tahun harus mengambil alih bisnis mencari nafkah untuk keluarga. Dia harus membiayai ibu serta empat orang adiknya.

Ketika berumur 22 tahun, ia telah mengambil alih bisnis minyak kelapa dan ekspor kayu. Selanjutnya ia mendirikan PT. Rajawali Corpora. Melalui Rajawali Corpora, ia memulai bisnis properti sebagai perluasan usaha yang ditekuni ayahnya. Peter mencoba memasuki korporasi besar, berkat keahlian komunikasinya yang dekat dengan banyak pihak.

Rajawali Corpora[sunting | sunting sumber]

Seperti burung rajawali, Peter Sondakh kelihatan tak pernah lelah mengepakkan sayap usahanya. Mata dan penciumannya setajam Rajawali, mampu mengendus peluang bisnis yang layak dikerjakan. Tak heran, gebrakannya lewat perusahaan holding yang didirikannya, Rajawali Corpora, belakangan kerap mengejutkan.

Berdasarkan catatan PDBI periode 1976-1996 tadi, ada 13 perusahaan yang diakuisisi dan 6 perusahaan didivestasi. Di sisi lain, grup usaha ini memiliki andil (penyertaan saham) di 13 perusahaan. Adapun total anak usaha dan perusahaan terafiliasi yang dimiliki Peter mencapai 49 perusahaan. Sebagai holding company di lingkungan Rajawali Corpora.

Krismon sempat menenggelamkan nama Peter Sondakh dan Grup Rajawali-nya. Namun, lewat serangkaian aksi jual-beli perusahaan dan fokus pada tiga bidang (properti, pertambangan dan perkebunan), Sang Rajawali siap terbang tinggi menjadi global player yang disegani. Seperti burung Rajawali, Peter Sondakh kelihatan tak pernah lelah mengepakkan sayap usahanya. Mata dan penciumannya setajam Rajawali, mampu mengendus peluang bisnis yang layak dikerjakan. Tak heran, gebrakannya lewat perusahaan holding yang didirikannya, PT Rajawali Corpora (RC), belakangan kerap mengejutkan. Tak seperti pebisnis lokal lain yang lebih suka membangun bisnis dari awal,

Peter dikenal sebagai sosok pebisnis yang rajin jual-beli perusahaan. Karenanya, ada orang yang lebih suka menyebutnya sebagai investor ketimbang pebisnis. Saat peluncuran stasiun televisi RTV pada tanggal 3 Mei 2014, publik pun tak kaget lagi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Peter Sondakh". Forbes. 

http://www.rajawali.com

https://www.forbes.com/profile/peter-sondakh/

http://www.theedgemarkets.com/article/cover-story-peter-sondakh-%E2%80%94-mastermind-behind-eagle-high

http://market.bisnis.com/read/20150401/192/418176/ini-sebab-peter-sondakh-meloncat-jadi-orang-tajir-ke-6-di-ri

https://bisnis.tempo.co/read/575510/bikin-rtv-bisnis-peter-sondakh-kian-menggurita

https://www.thestar.com.my/business/business-news/2015/06/23/sondakh-unplugged/