Pete's Dragon (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pete's Dragon
Petes dragon 2016 film poster.jpg
Poster film Pete's Dragon
SutradaraDavid Lowery
ProduserJames Whitaker
SkenarioDavid Lowery
Toby Halbrooks
BerdasarkanPete's Dragon
oleh Malcolm Marmorstein
PemeranOakes Fegley
Bryce Dallas Howard
Wes Bentley
Karl Urban
Oona Laurence
Robert Redford
MusikDaniel Hart
SinematografiBojan Bazelli
PenyuntingLisa Zeno Churgin
Perusahaan
produksi
Walt Disney Pictures
Whitaker Entertainment
DistributorWalt Disney Studios Motion Pictures
Tanggal rilis
  • 8 Agustus 2016 (2016-8-8) (El Capitan Theatre)
  • 12 Agustus 2016 (2016-8-12) (Amerika Serikat)
Durasi
102 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$65 juta[2]
Pendapatan kotor$143.695.338[2]

Pete's Dragon adalah film keluarga fantasi petualangan Amerika Serikat tahun 2016 yang disutradarai oleh David Lowery dan diproduseri oleh James Whitaker. Naskah film ini ditulis oleh David Lowery dan Toby Halbrooks berdasarkan film Pete's Dragon tahun 1977 karya penulis naskah Malcolm Marmorstein. Film ini dibintangi oleh Oakes Fegley, Bryce Dallas Howard, Wes Bentley, Karl Urban, Oona Laurence dan Robert Redford.[3]

Film Pete's Dragon ditayangkan secara perdana di El Capitan Theatre pada tanggal 8 Agustus 2016 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 12 Agustus 2016.[4] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1977, Pete Healy, seorang anak laki-laki berusia lima tahun, berada dalam perjalanan bersama kedua orang tuanya, mengendarai mobil. Di tengah laju mobil yang cukup cepat, ayahnya berusaha menghindari seekor rusa, tetapi mereka mengalami kecelakaan dan mobil mereka terbalik. Kedua orang tuanya meninggal, tetapi Pete selamat dan keluar dari mobil tersebut. Pete berlari ke hutan, membawa tas serta buku cerita bergambarnya dan dikejar oleh sekelompok serigala. Ia diselamatkan oleh seekor naga hijau bersayap dan bermata kuning. Ia menamai naga itu "Elliot", nama yang berasal dari buku cerita bergambar Pete tentang anak anjing bernama sama yang berusaha mencari keluarganya. Ia menjadikan Elliot sebagai orang tua dan sahabatnya.

Enam tahun kemudian, Pete (Oakes Fegley), yang berusia sebelas tahun, melihat rombongan penebang masuk ke hutan di dekat tempat tinggalnya. Natalie (Oona Laurence), putri seorang mandor hutan, menemukan dan mengejarnya. Ketika Natalie jatuh dari pohon, jeritannya terdengar oleh ayahnya, Jack (Wes Bentley) dan kekasihnya, Grace Meacham (Bryce Dallas Howard), seorang penjaga hutan. Pete berusaha kabur, tetapi Gavin (Karl Urban), saudara Jack, memukulnya hingga tak sadarkan diri. Mengetahui bahwa Pete hilang, Elliot mencarinya hingga terbentur pohon di dekat perkemahan para penebang hutan. Gavin mengetahui hal itu dan berencana mengadakan perburuan untuk menemukannya. Sementara itu, Pete terbangun di sebuah rumah sakit setempat dan kabur sebagai upaya untuk kembali ke hutan. Sebelum polisi menangkap Pete, Grace menemukan Pete, memintanya untuk datang ke rumahnya dan berjanji membawanya ke hutan keesokan harinya.

Gavin dan anak buahnya menemukan rumah pohon Pete dan Elliot, tetapi ketika mereka mencoba mencarinya, Elliot menampakkan dirinya sendiri dan menakuti mereka. Elliot mengikuti mereka ke kota untuk mencari Pete. Setelah melihat Pete tinggal di keluarga Grace, Elliot pergi. Setelah Pete memberi Grace sebuah gambar Elliot, Grace menunjukkan pada ayahnya, Mr. Meacham (Robert Redford). Mr. Meacham mengatakan bahwa ia menemukan naga yang sama ketika ia masih muda. Ia memberitahu Grace untuk mempercayai Pete dan menemukan Elliot.

Keesokan harinya, Pete, Grace, Natalie, dan Mr. Meacham pergi ke hutan untuk menemui Elliot. Mereka menemukan Elliot, tetapi sekelompok pemburu yang dipimpin oleh Gavin mengejutkan Elliot dan menembaknya dengan panah bius, lalu mengurungnya di gudang Jack. Sebelum pihak berwenang bisa memeriksa naga tersebut, Pete dan Natalie membebaskannya dari rantainya dan melarikan diri dengan truk pengangkut kayu bersama Mr. Meacham.

Marah, Gavin memasang penghalang jalan di jembatan untuk menghentikan mereka. Ketika Elliot mencoba terbang, ia merusak rem truk dan melewati penghalang tersebut. Bingung dan ketakutan, Elliot bertengger di atas jembatan dan mulai mengeluarkan api ke arah polisi. Jembatan mulai runtuh karena api Elliot, menyebabkan truk Grace dan Jack terjatuh. Gavin mencoba menyelamatkan keduanya, tetapi Elliot muncul dari jurang dengan Grace dan Jack yang aman di punggungnya. Dengan helikopter pemadam kebakaran mendekat, Pete memutuskan untuk melarikan diri dengan Elliot kembali ke hutan.

Pete memohon kepada Elliot untuk membiarkannya tinggal sehingga Pete bisa melindunginya dari para penyerangnya, seperti Elliot yang selalu melindunginya. Namun, Elliot menyimpulkan bahwa selama mereka tetap berdekatan, Pete akan selalu dalam bahaya. Ia menunjukkan buku cerita bergambar Pete untuk mendorongnya kembali tinggal bersama Grace dan Jack. Pete tidak mau dan khawatir dengan keselamatan Elliott, tetapi pada akhirnya, Pete mempercayai keputusan Elliot. Setelah pelukan mereka yang terakhir, Elliot kembali ke pegunungan dan Pete kembali tinggal dengan Grace dan Jack sebagai keluarga barunya.

Beberapa tahun kemudian, Grace dan Jack menikah dan mengadopsi Pete sebagai anak mereka. Perlahan-lahan, tidak hanya Elliot yang hilang dari ingatan seluruh warga kota, tetapi Gavin telah memahami dan beralih dari pengalamannya. Akhirnya, Pete dan keluarganya pergi berlibur dan melihat bahwa Elliot akhirnya berkumpul kembali dengan sesama naga.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Oakes Fegley sebagai Pete Healy, anak yatim piatu yang tinggal di hutan bersama Elliot si naga hijau
    • Levi Alexander sebagai Pete berusia 5 tahun
  • Bryce Dallas Howard sebagai Grace Meacham, penjaga hutan
  • Wes Bentley sebagai Jack Magary, pemilik pabrik kayu yang merupakan orang tua tunggal Natalie dan kekasih Grace
  • Karl Urban sebagai Gavin Magary, pemburu dan penebang hutan yang merupakan saudara Jack dan paman Natalie[5]
  • Oona Laurence sebagai Natalie Magary, putri Jack dan keponakan Gavin
  • Robert Redford sebagai Mr. Meacham, ayah Grace
  • Isiah Whitlock Jr. sebagai Sherif Gene Dentler
  • Marcus Henderson sebagai Woodrow, penebang kayu
  • Aaron Jackson sebagai Abner, penebang kayu
  • Phil Grieve sebagai Bobby, penebang kayu
  • Jim McLarty sebagai Wentworth, penjaga hutan
  • Ian Harcourt sebagai Deputi West
  • Steve Barr sebagai Deputi Smalls
  • John Kassir sebagai Elliot si naga hijau (pengisi suara)

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Pete's Dragon (Original Motion Picture Soundtrack)
Album musik tema karya Daniel Hart
DirilisAugust 12, 2016
Direkam2016
StudioAssociated Independent Recording Studios
British Grove Studios
GenreSoundtrack
Durasi75:29
LabelWalt Disney Records
Produser
  • Daniel Hart
  • Jake Jackson
  • David Lowery (eksekutif)
  • Jim Whitaker (eksekutif)
  • Adam Borba (eksekutif)
Daniel Hart film scores
Lost in the Sun
(2015)Lost in the Sun2015
Pete's Dragon
(2016)
Half the Perfect World
(2016)Half the Perfect World2016

Awalnya, komposer Howard Shore dipilih untuk mengisi soundtrack film Pete's Dragon. Namun ia digantikan oleh Daniel Hart ketika memasuki tahap akhir produksi. Sebelumnya, Daniel Hart berkolaborasi dengan sutradara David Lowery dalam film Ain't Them Bodies Saints tahun 2013.[6] Soundtrack ini dirilis pada tanggal 12 Agustus 2016 oleh Walt Disney Records.

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

No. Judul Durasi
1. "The Dragon Song" (penampilan oleh Bonnie "Prince" Billy) 2:28
2. "Something Wild" (penampilan oleh Lindsey Stirling dan Andrew McMahon in the Wilderness) 3:43
3. "Nobody Knows" (penampilan oleh The Lumineers) 3:08
4. "Something on Your Mind" (penampilan oleh St. Vincent) 2:59
5. "So Long, Marianne" (penampilan oleh Leonard Cohen) 5:38
6. "Gina Anne" (penampilan oleh Bosque Brown) 2:40
7. "An Adventure"   3:04
8. "Are You Gonna Eat Me?"   2:31
9. "Brown Bunny"   1:01
10. "Reverie"   2:52
11. "Tree Fort"   1:03
12. "North Star"   1:25
13. "Bedtime Compass"   2:15
14. "Timber"   1:19
15. "Breathe"   2:27
16. "Gavin Knows What He's Doing"   3:42
17. "You Are Not Alone"   1:58
18. "Elliot Gets Lost"   4:26
19. "Takedown"   1:44
20. "It'll Be Just Like It Used to Be"   2:03
21. "Follow That Dragon"   3:01
22. "Elliot at the Bridge"   2:19
23. "Abyss"   1:35
24. "Go North"   1:44
25. "Saying Goodbye"   5:03
26. "The Bravest Boy I've Ever Met"   2:46
27. "The Dragon Song Revisited" (penampilan oleh Bonnie "Prince" Billy) 2:34
28. "Candle on the Water" (penampilan oleh Okkervil River) 4:01
Durasi total:
75:29

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Pete's Dragon mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 87%, berdasarkan 221 ulasan, dengan rating rata-rata 7,3/10.[7] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 71 dari 100, berdasarkan 42 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[8] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "A" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[9]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Pete's Dragon mendapatkan $76.233.151 di Amerika Utara dan $67.462.187 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $143.695.338, melebihi anggaran produksi film $65 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $21.514.095, menempati posisi ketiga di box office di belakang film Suicide Squad dan Sausage Party.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Pete's Dragon (R)". British Board of Film Classification. July 28, 2016. Diakses tanggal July 28, 2016. 
  2. ^ a b c d "Pete's Dragon (2016)". Box Office Mojo. Diakses tanggal October 24, 2017. 
  3. ^ Bulbeck, Pip (August 17, 2015). "New Zealand Merges Film Agencies". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal August 18, 2015. 
  4. ^ Lesnick, Silas (January 13, 2015). "Pete's Dragon for Set for 2016, Ghost in the Shell for 2017". comingsoon.net. Diakses tanggal January 14, 2015. 
  5. ^ "Karl Urban replaces Michael C. Hall". Diakses tanggal 30 July 2016. 
  6. ^ "Daniel Hart Scoring Disney's 'Pete's Dragon'". Film Music Reporter. May 2, 2016. Diakses tanggal June 5, 2016. 
  7. ^ "Pete's Dragon (2016)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal October 24, 2017. 
  8. ^ "Pete's Dragon reviews". Metacritic. Diakses tanggal October 24, 2017. 
  9. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]