Pesawat tempur berat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sebuah pesawat tempur berat de Havilland Mosquito, dipersenjatai dengan meriam dan roket.

Pesawat tempur berat adalah pesawat tempur yang dirancang untuk membawa senjata yang lebih berat atau beroperasi pada jarak yang lebih jauh dari pesawat tempur ringan. Untuk mencapai kinerja yang dapat diterima, sebagian besar pesawat tempur berat bermesin ganda dan banyak yang memiliki kru untuk mengisi beberapa posisi di dalam pesawat. Di Jerman, pesawat seperti itu dikenal sebagai zerstörer, atau "perusak".

Pesawat tempur bermesin ganda adalah kelas desain utama pesawat tempur berat selama periode pra-Perang Dunia II, dirancang sebagai pesawat tempur jarak jauh atau perusak pengebom bersenjata berat. Sebagian besar desain seperti itu gagal dalam misi ini, karena tidak dapat bermanuver terhadap pesawat tempur bermesin tunggal yang lebih konvensional, dan menderita kerugian besar. Pesawat yang paling menonjol di antara desain tersebut adalah Messerschmitt Bf 110, yang menderita kerugian besar selama Pertempuran Inggris. Pengecualiannya adalah Lockheed P-38 Lightning, yang terbukti menjadi pesawat tempur yang efektif.

Banyak pesawat tempur berat bermesin ganda akhirnya menemukan ceruk mereka sebagai pesawat tempur malam, pengebom tempur atau pesawat serang dengan kesuksesan besar. Yang paling menonjol di antara konversi semacam itu adalah Bf 110, yang berfungsi sebagai pesawat tempur malam untuk sebagian besar masa perang, dan Bristol Beaufighter, yang muncul sebagai pesawat tempur serang antikapal utama Inggris.

Jerman[sunting | sunting sumber]

Sebuah Messerschmitt Bf 110 G-4, dilengkapi dengan radar untuk berfungsi sebagai pesawat tempur malam

Desain pesawat tempur berat utama Jerman adalah Messerschmitt Bf 110, sebuah pesawat tempur Jerman yang sebelum perang dianggap oleh Luftwaffe Jerman lebih penting daripada pesawat tempur bermesin tunggal. Banyak pilot terbaik ditugaskan pada sayap Bf 110, secara khusus ditunjuk sebagai sayap Zerstörergeschwader ("skuadron perusak"). Sementara pesawat tempur yang lebih ringan dimaksudkan untuk pertahanan udara, para unit perusak itu dimaksudkan untuk misi ofensif: untuk mengawal pengebom dalam misi dalam jarak jauh, kemudian menggunakan kecepatan superiornya untuk melaju lebih cepat dari pesawat tempur yang akan mampu mengalahkannya dalam manuver udara.[1]

Penggunaan doktrin ini terbukti menjadi kesalahan yang fatal.[2] Dalam praktiknya, Bf 110 hanya mampu memanfaatkan keunggulannya untuk waktu yang relatif singkat, hingga akhir musim panas 1940. Pesawat ini berfungsi dengan baik melawan Hawker Hurricane dalam Pertempuran Prancis, tetapi dengan mudah dikalahkan oleh Spitfire Supermarine dalam Pertempuran Inggris. Akhirnya Bf 110 dikonversi menjadi pesawat pencegat, dan sangat berhasil melalui seri Bf 110G dari tahun 1942/43 dan seterusnya sebagai pesawat tempur malam, berfungsi sebagai pesawat utama dari sayap pesawat tempur malam Luftwaffe Nachtjagdgeschwader, menggunakan berbagai versi radar Lichtenstein untuk pencegatan malam hari dari pengebom berat RAF Bomber Command, serta digunakan beberapa kali sebagai pesawat serangan darat. Me 210 dan Me 410 Hornisse adalah desain pesawat baru yang dimaksudkan untuk menggantikan Bf 110, tetapi juga tidak dapat melaju lebih cepat dari pesawat tempur mesin tunggal kontemporer. Me 210 mengalami masalah aerodinamis yang serius dari kesalahan dalam desain platform sayapnya dan desain awal dari badan belakang pesawat.

Britania[sunting | sunting sumber]

Bristol Beaufighter

Mungkin dengan keyakinan bahwa "Pengebom akan selalu lolos", Inggris tertinggal dalam pengembangan pesawat tempur berat.[3] Terlepas dari Westland Whirlwind dan Welkin yang mampu terbang dengan ketinggian yang tinggi, keduanya dibangun hanya dalam jumlah yang sedikit, pesawat tempur berat Angkatan Udara Kerajaan Britania semuanya diadaptasi dari pengebom sebelumnya. Selama Pertempuran Inggris, pengebom Bristol Blenheim dipasangi, sebagai tindakan sementara dan dalam kerahasiaan penuh, dengan paket radar dan senapan mesin ventral, mengubahnya menjadi pesawat tempur malam pertama RAF.

Yang lebih sukses adalah Bristol Beaufighter, yang menggunakan kembali sebagian besar pengebom torpedo Beaufort. Berbekal enam senapan mesin 0,303 inci, empat meriam 20 mm dan bermacam-macam bom dan roket, Beaufighter sangat kuat dalam peran antikapal dan serangan darat di Pasifik dan Eropa. Dengan penambahan radar, pesawat ini adalah salah satu pesawat tempur utama Angkatan Udara Kerajaan Britania. Demikian pula, pengebom cepat de Havilland Mosquito yang sangat sukses kemudian diadaptasi untuk penggunaan siang dan malam.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Weal, John (1999). Messerschmitt Bf 110 Zerstörer aces of World War 2. Oxford: Osprey Aviation. hlm. 6–7. ISBN 1-85532-753-8. 
  2. ^ Murphy, Justin D.; McNiece, Matthew A. (2009). Military aircraft, 1919–1945: an illustrated history of their impact (edisi ke-1st). Santa Barbara: ABC-CLIO. ISBN 1-85109-498-9. 
  3. ^ Mr Baldwin on Aerial Warfare – A Fear For The Future. The Times newspaper, 11 November 1932 p7 column B.