Pesanggaran, Pesanggaran, Banyuwangi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Pesanggaran
Desa
Locator Desa Pesanggaran.png
Peta lokasi Desa Pesanggaran
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Timur
Kabupaten Banyuwangi
Kecamatan Pesanggaran
Kodepos 68488
Luas ... km2
Jumlah penduduk ... jiwa
Kepadatan ... jiwa/km2

Pesanggaran adalah sebuah nama desa di wilayah Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Bentang Alam dan Budaya[sunting | sunting sumber]

Monumen Mayanetra Yamadhipati Batalyon Intai Amfibi di Pantai Lampon

Desa Pesanggaran sebagai ibukota kecamatan memiliki beberapa prasarana seperti pasar, puskesmas dan terminal angkutan desa. Di terminal ini juga terdapat bus kecil yang melayani rute Jajag-Sarongan, Sanggar-Banyuwangi dan Sanggar-Situbondo, namun karena penumpang yang minim dua rute yang disebutkan terakhir kurang beroperasi secara maksimal. Pasar Pesanggaran juga cukup ramai pada saat hari pasarannya, di hari itu biasanya bisa ditemui berbagai penjual kebutuhan pokok, bahan makanan, dan peralatan pertanian seperti cangkul, clurit dan parang, Sedangkan pada hari lain hanya pertokoan dan warung-warung makan yang buka. Lahan pertanian di area ini terletak di bagian selatan desa sedangkan di pusat desa (dari batasnya dengan Sumbermulyo hingga kantor desa) yang banyak adalah pekarangan warga yang cukup luas dan ditanami berbagai tanaman seperti pisang, kelapa atau berbagai macam toga dan karangkitri. Lahan pertanian Desa Pesanggaran mayoritas ditanami dengan jagung, pisang, randu dan jeruk. Lebih ke selatan lagi terdapat hutan jati milik Perhutani KPH Banyuwangi Selatan. Di desa ini juga berdiri berbagai lembaga keuangan seperti KSP dan beberapa bank seperti BRI dan BNI. Selain itu ada juga beberapa pertokoan mebel/furnitur, minimarket dan dealer kendaraan bermotor.

Garis pantai desa ini juga dijadikan obyek wisata, seperti di Pantai Lampon dan Pantai Parangkursi. Di Pantai Lampon sendiri terdapat tempat latihan tempur kesatuan Intai Amfibi Marinir (Taifib) TNI AL.

Sosial Budaya[sunting | sunting sumber]

Seperti halnya desa-desa di bagian selatan Kabupaten Banyuwangi, penduduknya mayoritas adalah Suku Jawa yang menyukai kesenian campursari dan wayang. Penduduk suku Jawa ini berbahasa Jawa dialek Jawa Timur-an dengan sedikit asimilasi dengan Bahasa Banyuwangenan. Penduduk Suku Jawa ini diduga adalah orang-orang migrasi dari Kesultanan Mataram Islam yang dulunya pernah menguasai Blambangan. Maka dari itu banyak yang menyebut orang-orang ini sebagai Orang Mentaraman. Penduduk Desa Sumberagung mayoritas beragama Islam selain itu ada juga penduduk yang memeluk Agama Kristen dan sebagian kecil umat Hindu dan Budha.

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Transportasi umum yang ada di Desa Pesanggaran.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Lembaga pendidikan yang ada di Desa Pesanggaran adalah :

  • SD Negeri 1 Pesanggaran

Tempat Ibadah[sunting | sunting sumber]

  • Masjid Baitussalam
  • GKJW Pesanggaran

Pranala luar[sunting | sunting sumber]