Perusahaan Penyiaran Palestina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Perusahaan Penyiaran Palestina
هيئة الإذاعة والتلفزيون الفلسطينية
Informasi lembaga
Kantor pusatRamallah, Palestina
Pejabat eksekutif
  • Ahmad Hazoury, General Manager
Situs webwww.pbc.ps

Perusahaan Penyiaran Palestina (Inggris: Palestinian Broadcasting Corporation, PBC, Arab: هيئة الإذاعة والتلفزيون الفلسطينية, translitHayʾat al-ʾIḏāʿa wa-t-Tilifizyūn al-Filasṭīniyya; disebut juga sebagai Palestine Public Broadcasting Corporation, الهيئة العامة للإذاعة والتلفزيون الفلسطينية al-Hayʾa l-ʿĀmma li-l-ʾIḏāʿa wa-t-Tilifizyūn al-Filasṭīniyya; juga disebut sebagai Palestine TV) adalah layanan penyiaran publik dari Palestina. Didirikan pada 1 Juli 1994 and dan berada dalam yurisdiksi Otoritas Palestina. Perusahaan Ini memiliki stasiun radio anak perusahaan yang dikenal sebagai Voice of Palestine dan saluran satelit yang dikenal sebagai Palestinian Satellite Channel. Palestine TV pertama kali mulai mengudara pada tahun 1996 di Gaza. Kepala PPP yang pertama adalah seorang aktivis Fatah dan loyalis Arafat, Radwan Abu Ayyash.

PPP didanai sebagian oleh pemerintah AS sampai tahun 1998.

Pada 19 Januari 2002, Pasukan Pertahanan Israel menggunakan bahan peledak untuk menghancurkan gedung utama berlantai lima dan menara transmisi PPP di Ramallah, mengklaim pembalasan atas pembunuhan enam orang oleh seorang pria bersenjata Palestina yang terkait dengan Fatah. Pemerintah Israel kemudian menyebut PPP dikarenakan menyiarkan materi yang dianggap anti-Semitisne dan mengandung kekerasan.

PPP adalah mantan anggota asosiasi Uni Penyiaran Eropa, dan diduga telah melakukan negosiasi dengan Uni Penyiaran Eropa untuk menjadi anggota aktif penuh. Namun, Palestina bukan anggota dari organisasi yang disyaratkan, dan dengan demikian tidak memenuhi kriteria.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]