Perumahan umum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Kompleks perumahan umum di Tseung Kwan O, Hong Kong.
Menara hunian 20 lantai milik pemerintah di Cwmbran, Wales.

Perumahan umum adalah suatu sistem kepemilikan rumah yang bangunan dan tanahnya dimiliki oleh pemerintah. Meskipun tujuan umum dari pendirian sebuah perumahan umum adalah untuk menyediakan hunian yang terjangkau, rincian, istilah, dan kriteria yang dibutuhkan untuk menerima unit perumahan umum dapat bervariasi.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Korporasi Kota London pada tahun 1865 membangun beberapa rumah susun di kawasan Farringdon Road.[1] Pembangunan Boundary Estate dimulai pada tahun 1890 oleh Dinas Pekerjaan Umum Metropolitan London dan selesai pada tahun 1900 seiring dengan berdirinya Dewan Kabupaten London.[2]

Kesuksesan proyek tersebut memicu banyak pemerintah lokal lainnya untuk memulai proyek yang serupa pada awal abad ke-20. Perang Dunia Pertama secara tidak langsung berpengaruh dengan banyaknya pendaftar di angkatan darat yang memiliki kondisi kesehatan yang buruk. Pada tahun 1916, 41% dari peserta wajib militer tidak memenuhi kriteria dinas militer. Hal tersebut memunculkan kampanye Homes fit for heroes (Rumah Layak bagi Para Pahlawan) dan pada tahun 1919, pemerintah pusat berhasil membujuk beberapa pemerintah daerah untuk menyediakan perumahan disertai dengan bantuan subsidi melalui Undang-Undang Perumahan 1919.[3] Beberapa proyek perumahan umum juga dicoba di negara Eropa lainnya dan Amerika Serikat pada era 1930-an namun baru mulai dilaksanakan di seluruh dunia setelah Perang Dunia Kedua.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tarn, J. N. (1973). Five Percent Philanthropy: An Account of Housing in Urban Areas Between 1840 and 1914. Cambridge University Press. pp. 42, 61. 
  2. ^ "A History of the County of Middlesex: Volume 11: Stepney, Bethnal Green". 1998. pp. 126–132. Diakses tanggal 14 November 2006. 
  3. ^ Hollow, Matthew (2011). "Suburban Ideals on England's Interwar Council Estates". Diakses tanggal 29 Desember 2012.