Pertempuran Villers-Bocage

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Pertempuran Villers-Bocage terjadi pada tanggal 13 Juni antara Inggris melawan Jerman.Pertempuran ini merupakan salah satu bagian dari Invasi Normandia.

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Pada 13 Juni 1944, seminggu setelah D-Day, Kompi 2 dari sSSPzAbt 101 dipimpin oleh Michael Wittmann berkekuatan enam Tiger mengambil posisi di hill 213 di atas Villers Bocage. Perintah yang ia terima, hentikan langkah Brigade Lapis Baja 22 dari Divisi Lapis Baja 7 Inggris dari jalan menuju pusat kota.

Inggris saat itu berusaha merebut Caen yang dipertahankan oleh pasukan Jerman. Salah satu taktik yang ditempuh adalah dengan menduduki sebuah dataran tinggi di bagian timur kota kecil Villers Bocage, yang nantinya dengan menguasai bukit tersebut diharapkan dapat mengancam posisi pasukan Jerman dari Divisi Panzer Lehr dan memaksa mereka mundur.

Pertempuran[sunting | sunting sumber]

Sebuah celah terbuka di lini Jerman, sebelah barat dari Divisi Panzer Lehr. Ke dalam titik terobosan inilah Divisi Lapis Baja Ke-7 Inggris melakukan Terobosan.Barisan Tank dan Infantri bermotor Inggris ini kini berada kurang dari Satu Kilometer di belakang Sayap Kiri "Panzer Lehr".

Pada Tanggal 13 Juni terdapat celah di sebelah barat Divisi "Panzer Lehr" Jerman.Ke dalam titik terobosan inilah Divisi Lapis Baja ke-7 Inggris,Tikus Gurun yang terkenal karena mengalahkan Rommel di Afrika Utara,melakukan terobosan Tikus Gurun ini kini telah berada kurang dari 1 Kilometer di belakang sayap timur "Panzer Lehr".

Namun menjelang siang hari ,Pasukan Inggris itu dipergoki oleh SS-Untersturmführe Michael Wittmann,komandan sebuah kompi Tank Tiger.Wittmann adalah seorang ace Tank terkemuka di Jerman.Di Front Timur,dia telah menghancurkan tidak kurang dari 119 Tank dan memperoleh Medali Knight Cross dengan Oak Leaves yang bergengsi.

Tembakan Pertamanya menghentikan barisan Inggris,dan dia menghabiskan sisa hari itu untuk melumpuhkan satu persatu Tank "Cromwell".Pada waktu siang,Ia diperkuat oleh Panzer-Panzer Lainnya.Dalam waktu beberapa menit, 25 Tank "Cromwell" dan "Firefly".

Akibat Pertempuran[sunting | sunting sumber]

Pada akhir hari itu Infanteri dari "Panzer Lehr" dan Divisi Panzer SS ke-2 "Das Reich",yang bergerak maju untuk mentup celah tersebut,memastikan kemenangan Jerman,dan Mengusir Tikus Gurun dari Desa tersebut.Boleh dikatakan sendirian,Wittmann dan awaknya telah menjegal usaha inggris untuk menjebak "Panzer Lehr" dan menghancurkan harapan Inggris untuk mengakhiri kebuntuan disekitar Caen.

Daftar Pusaka[sunting | sunting sumber]

Nino Oktorino (2013).Neraka di Normandia.Elex Media Komputindo.ISBN 978-602-02-0803-9