Pertempuran Thiepval Ridge

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pertempuran Thiepval Ridge
Bagian dari Pertempuran Somme pada Perang Dunia I

Pemikul tandu membawa korban terluka selama Pertempuran Thiepval Ridge
Tanggal26 - 28 September 1916
LokasiThiepval, Prancis
Hasil ?
Pihak terlibat
Britania Raya Inggris Raya
Kanada Kanada
 Kekaisaran Jerman
Tokoh dan pemimpin
Britania Raya Hubert Gough

Pertempuran Thiepval Ridge adalah serangan besar pertama Tentara Cadangan Inggris yang dipimpin Letnan Jenderal Hubert Gough selama Pertempuran Somme dan dirancang bersamaan dengan penyerangan Angkatan Darat ke-4 Inggris pada Pertempuran Morval.

Pertempuran terjadi pada tanggal 26 - 28 September 1916 di Thiepval, Lembah Ancre dari Schwaben Redoubt sampai Courcelette.

Pertempuran[sunting | sunting sumber]

Pada 26 September, setelah tiga hari pengeboman, empat penyerang divisi menyerbu sepanjang 6.000 yard. Di sisi kanan pasukan ke-2 Kanada dan Divisi 1 merayap di bendungan dengan tujuan utara Courcelette. Sebelah utara Divisi 11 menyerang tanpa diketahui di reruntuhan Mouquet Farm, tetapi mengalami kesulitan menundukkan pertahanan musuh. Pada akhirnya divisi 11 diizinkan bergerak menuju Zollern Redoubt tetapi mengalami keterlambatan karena banyak. penyerangan pasukan Australia dilakukan tanpa keberhasilan di Agustus dan September, dan kemudian penyerangan pasukan Kanada pun mengalami hal yang sama.

Divisi 18 menuju Thiepval dengan sukses, tetapi mendapat perlawanan musuh dan tekanan ke desa dihentikan oleh tembakan senapan mesin dekat reruntuhanan istana.

Hari dua penyerangan pertahanan Jerman di Thiepval dilakukan oleh Mayor Jenderal Ivor Maxse, Divisi 18. Thiepval menjadi sasaran pada tanggal 1 Juli 1916, hari pertama di Somme. Divisi 18 telah berperforma baik di Montauban pada 1 Juli sejak dipimpin oleh komandan berbakat, Mayor Jenderal Ivor Maxse. Divisinya mampu menyerang langsung dari selatan, karena posisi Jerman di timur Thiepval telah melemah akibat serangan terhadap Mouquet Farm.

Sukses operasi Inggris pada 28 September dengan merebut Schwaben Redoubt, utara Thiepval, sasaran lain pada hari pertama adalah lokasi pertempuran sengit Divisi 36 (Ulster). Jenderal Gough ingin sekali melanjutkan tekanan pada pertahanan Jerman dan pertempuran memasuki tahap baru, dikenal sebagai Pertempuran Ancre Heights.

Pada 4 Oktober Divisi Kanada membuat kemajuan signifikan di timurlaut Thiepval.

Tidak sampai tanggal 14 Oktober pasukan terakhir Jerman diusir dari Schwaben Redoubt dan Korps Kanada berjuang mengalami keterlambatan pada bagian Regina Trench hingga minggu kedua November.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Media terkait Battle of Thiepval Ridge di Wikimedia Commons

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Koordinat: 50°3′16.3″N 2°41′18.2″E / 50.054528°N 2.688389°E / 50.054528; 2.688389 (Battle of Thiepval Ridge)