Pertempuran Tedorigawa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pertempuran Tedorigawa
Bagian dari Zaman Sengoku
Tanggal13 November 1577
LokasiSungai Tedori, Provinsi Kaga
Hasil Kemenangan telak Uesugi
Pihak terlibat
pasukan Uesugi Kenshin pasukan Oda Nobunaga
Tokoh dan pemimpin
Kekuatan
30,000[1] 50,000[1]

Pertempuran Tedorigawa (手取川の戦い, Tedorigawa no Tatakai) (手取川の戦い, Tedorigawa no Tatakai) merupakan sebuah pertempuran yang terjadi di dekat Sungai Tedori di Provinsi Kaga, Jepang pada tahun 1577. Lokasi pertempuran terjadi di yang sekarang Prefektur Ishikawa.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Setelah kemenangan Oda Nobunaga di Nagashino, Uesugi Kenshin memutuskan aliansi dengan Oda Nobunaga dan Tokugawa Ieyasu, ia kemudian memulai aliansi pada tahun 1575 dengan biarawan prajurit Ishiyama Honganji (Ikko Ikki) dan Takeda Katsuyori dari klan Takeda, dengan siapa dia sebelumnya berselisih. Kampanye Tedorigawa dipicu oleh intervensi Uesugi di dalam wilayah klan Hatakeyama di Provinsi Noto, sebuah negara Klien Oda. Peristiwa ini memprovokasi serangan Uesugi, ada Kudeta yang dipimpin oleh pro Oda General Chō Shigetsura, yang membunuh Hatakeyama Yoshinori, penguasa Noto dan menggantikannya dengan Hatakeyama Yoshitaka sebagai penguasa boneka. Akibatnya, Uesugi Kenshin, kepala klan Uesegi memobilisasi pasukan untuk memimpin Noto melawan Shigetsura. Akibatnya, Nobunaga mengirim pasukan yang dipimpin oleh Shibata Katsuie, Hashiba Hideyoshi dan Maeda Toshiie; beberapa jenderal yang paling berpengalaman untuk memperkuat sekutu mereka.[2]

Kenshin, mengambil inisiatif pindah untuk mengepung pasukan Shigetsura yang mencegah mereka dari berhubungan dengan pasukan Oda, dan menjebak Cho Shigetsura(Tsunatsura) di Puri Nanao (kubu utama Hatakeyama di Provinsi Noto) yang kemudian menewaskan Shigetsura dan mengakibatkan Hatakeyama dari Noto beralih kesetiaan kepada Uesugi.

Pertempuran[sunting | sunting sumber]

Pasukan Oda di bawah komando Shibata Katsuie, Hashiba Hideyoshi dan Maeda Toshiie menyeberangi Sungai Tedori (Minatogawa atau Tedorigawa) dan bersiap untuk memasuki Provinsi Noto, karena mereka belum tahu tentang jatuhnya Puri Nanao. Karena jatuhnya Puri Nanao dan Puri Suemori di Noto, tentara Oda (sekarang bergabung dengan Nobunaga sendiri) menghentikan perjalanan mereka ke Noto dan kembali melintasi Sungai Tedori. Uesugi Kenshin, sekarang diperkuat di barisannya dengan pasukan Noto, maju menuju posisi Oda. Tentara Oda datang dengan rencana untuk menggunakan meriam untuk melawan taktik melawan Uesugi dan membombardir Uesugi dari seberang sungai. Namun tipuan malam hari oleh Kenshin (menunjukkan dia telah membagi pasukannya) menyebabkan Nobunaga memerintahkan Katsuie untuk menyerang garis Uesugi dan melibatkan pasukan Uesugi di tepi sungai. Kenshin memerintahkan pintu air sungai untuk dibuka. Arus kuat dari sungai dan mungkin juga beberapa hujan mencegah klan Oda secara efektif menggunakan Arquebus dan meriamnya. Tuntutan Oda itu sendiri dipukul mundur karena kemampuan perempat tutup saat ini dan yang lebih rendah dari ashigaru yang membentuk sebagian besar tentara Oda; pasukan Oda sedang didorong ke sungai. Setelah kehilangan seribu orang dalam pertempuran dan beberapa lagi ketika pasukan Oda berusaha melarikan diri melintasi Tedori, Nobunaga memerintahkan mundur ke Provinsi Ōmi.[3]

Akibat[sunting | sunting sumber]

Kenshin membawa pasukannya kembali ke provinsi Noto dan memerintahkan perbaikan Puri Nanao saat dia sendiri kembali ke Echigo. Uesugi mencetak kemenangan signifikan di Tedorigawa. Akibatnya, distribusi kekuasaan di utara bergeser ke arah Kenshin dan Uesugi untuk sementara dapat memperluas pengaruh mereka sejauh Provinsi Kaga. Sepertinya ada beberapa perdebatan di antara para sarjana mengenai langkah selanjutnya Kenshin, namun surat yang ditulis oleh Kenshin tampaknya menunjukkan bahwa Kenshin tidak menganggap Oda sebagai ancaman penting untuk saat ini, meskipun bisa jadi maksud sebenarnya Kenshin tersembunyi. Dalam surat-surat ini kepada Kanto samurai Kenshin menyarankan bahwa tindakan selanjutnya akan menjadi serangan terhadap Hojo di Kanto dan bukan ke arah Kyoto pada waktu itu. Dalam surat yang ditulis oleh Oda Nobunaga, Nobunaga menyarankan bahwa ia bersedia menyerahkan seluruh provinsi utara ke Uesugi untuk menghindari kemajuan Uesugi atas Kyoto. Namun, Kenshin meninggal sebelum rencana apa pun dimulai. Selanjutnya, Uesugi jatuh ke dalam perang saudara dan sebagai akibatnya pada tahun 1582 pasukan Oda berhasil mendorong klan Uesugi sepanjang jalan kembali ke Provinsi Echigo.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Turnbull 1998, hlm. 228.
  2. ^ "Uesugi Kenshin". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-03-09. Diakses tanggal 2018-11-14. 
  3. ^ Rekishi Gunzô Shirizu, Uesugi Kenshin Japan: Gakken, 1999