Pertempuran Incheon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Pertempuran Inchon (Hangul인천상륙작전; Hanja仁川上陸作戰; RRIncheon Sangnyuk Jakjeon) adalah sebuah invasi amfibi dan pertempuran Perang Korea yang mengakibatkan kemenangan dan kebangkitan strategis dari Perserikatan Bangsa-Bangsa. Operasi tersebut melibatkan sekitar 75,000 pasukan dan 261 kapal angkatan laut, dan berujung pada perebutan kembali ibukota Korea Selatan Seoul dua pekan kemudian.[3] Nama kode untuk operasi tersebut adalah Operasi Chromite.

Pertempuran tersebut dimulai pada 15 September 1950 dan berakhir pada 19 September. Meskipun serangan amfibi kejutan dari Perimeter Pusan membuat pasukan PBB dan Korea Selatan bertahan, kota Incheon yang sebagian besar tak memiliki pertahanan diamankan setelah dibom oleh pasukan PBB. Pertempuran tersebut berakhir dengan serangkaian kemenangan dengan menginvasi Angkatan Darat Rakyat Korea (bahasa Inggris: Korean People's Army, KPA). Perebutan kembali Seoul oleh PBB pada masa berikutnya sebagian memotong garis suplai KPA di Korea Selatan.

Pasukan PBB dan Korea Selatan dikomandani oleh Jenderal Angkatan Darat Douglas MacArthur dari Angkatan Darat Amerika Serikat. MacArthur menggerakan pasukan di balik operasi tersebut, memberikan tekanan yang lebih kuat ketimbang para jenderal lainnya terhadap sebuah serangan beresiko atas medan yang sangat tak memungkinkan.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Halberstam 2007, hlm. 302
  2. ^ Hoyt 1984, hlm. 11 Mereka tak mengantisipasi perlawanan udara apapun, sejauh yang intelijensi ketahui, pasukan Korea Utara hanya mengerahkan sembilan belas pesawat.
  3. ^ The Independent, 16 September 2010, p.35 reporting on a 60th anniversary re-enactment.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 37°29′N 126°38′E / 37.483°N 126.633°E / 37.483; 126.633 (Inchon)