Pertempuran Gerbang Shi Shui

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pertempuran Gerbang Shi Shui (189) terjadi saat akhir Dinasti Han Timur, karena tentara gabungan ingin menjatuhkan tirani dari Dong Zhuo. Dari tentara gabungan terdiri dari Yuan Shao, Liu Bei, Yuan Shu, Sun Jian, Cao Cao. Tentara gabungan dipimpin oleh Yuan Shou. Sedangkan tentara Dong Zhuo dipimpin oleh Hua Xiong.

Kehebatan Hua Xiong[sunting | sunting sumber]

Di dalam pertempuran ini Hua Xiong menunjukkan kehebatannya sebagai jendral perang. dia tak terhentikan. Banyak dari jendral Yuan Shao berhasil ditaklukkan.akan tetapi akhirnya ia pun harus tewas di tangan guan yu setelah berduel dengannya.

Dua Akhir Yang Berbeda[sunting | sunting sumber]

Akhir dalam pertempuran ini memiliki dua versi. Versi yang berdasarkan roman Kisah Tiga Negara mengatakan bahwa Guan Yu meminta izin untuk mengalahkan dan membawakan kepala Hua Xiong. Namun Yuan Shaou melarangnya, dan tetap mengandalkan jenderal-jenderalnya(karena Yuan Shao ingin dianggap pahlawan dalam pertempuran ini). Namun karena satu persatu jenderal-jenderal Yuan Shao takluk, akhirnya di keadaan yang mendesak Guan Yu diizinkan bertarung melawan Guan Yu dengan taruhan leher Guan Yu akan dipenggal bila tidak membawa kepala Hua Xiong. Lalu Guan Yu mengajak Hua Xiong berduel. Dan Guan Yu berhasil mengalahkan dan membawa kepala Hua Xiong.

Versi yang lain mengatakan salah satu prajurit Sun Jian berhasil membunuh Hua Xiong.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]