Pertempuran Cer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Pertempuran Cer[a] adalah pertempuran antara Austria-Hongaria dan Serbia yang terjadi pada bulan Agustus tahun 1914, selama tahap awal Kampanye Serbia dalam Perang Dunia I. Pertempuran ini berlangsung di sekitar Gunung Cer dan beberapa desa-desa sekitarnya, serta kota Šabac.

Pertempuran ini merupakan bagian dari invasi pertama Austria-Hongaria ke Serbia dan dimulai pada malam 15 Agustus ketika anggota Divisi Gabungan Pertama Serbia berpapasan dengan pos patroli Austria-Hongaria yang telah didirikan di lereng Cer Gunung pada awal invasi. Bentrokan tersebut berlanjut pada pertempuran-pertempuran di beberapa kota dan desa di dekat area pegunungan, terutama Gunung Šabac. Pada 19 Agustus, moral Austria-Hongaria mulai memburuk dan ribuan tentaranya mundur kembali ke wilayah Austria-Hongaria. Banyak dari mereka yang tenggelam di Sungai Trim karena panik.

Pada 24 Agustus, Serbia kembali dan masuk ke daerah Šabac, menandai akhir dari pertempuran ini. Secara total, dari 10 hari pertempuran, korban jiwa dari Serbia berjumlah total 3.000–5.000 tewas dan 15.000 terluka.

Korban dari pihak Austria-Hongaria yang lebih tinggi, dengan 6.000–10.000 tentara tewas, 30.000 terluka dan 4.500 ditangkap sebagai tawanan perang. Kemenangan Serbia atas Austria-Hongaria merupakan kemenangan pertama Sekutu atas Blok Sentral dalam Perang Dunia I.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ bahasa Serbia: Церска битка, Cerska bitka'; bahasa Jerman: Schlacht von Cer; bahasa Hongaria: Ceri csata. Juga dikenal dengan nama Pertempuran Sungai Jadar[1][2] (Јадарска битка, Jadarska bitka; Schlacht von Jadar; Jadar csata).

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tucker & Roberts 2005, hlm. 604–605.
  2. ^ Hickey 2002, hlm. 38.