Pertanian di Nepal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pertanian bertingkat di kaki bukit Himalaya adalah pemandangan umum di banyak desa di Nepal
Budidaya di Lembah Kathmandu

Di Nepal, ekonomi didominasi oleh pertanian. Pada akhir 1980-an, itu adalah mata pencaharian bagi lebih dari 90% populasi, meskipun hanya sekitar 20% dari total luas lahan yang bisa ditanami, rata-rata menyumbang sekitar 60% dari PDB dan sekitar 75% dari ekspor.[1] Sejak perumusan Rencana Lima Tahun Kelima (1975-80), pertanian telah menjadi prioritas tertinggi karena pertumbuhan ekonomi bergantung pada peningkatan produktivitas tanaman yang ada dan diversifikasi basis pertanian untuk digunakan sebagai input industri.[1]

Menurut Bank Dunia, pertanian adalah sumber utama makanan, pendapatan, dan pekerjaan bagi mayoritas.[2] Ini memberikan kontribusi sekitar 33% dari produk domestik bruto (PDB).[3] Dalam upaya meningkatkan produksi pertanian dan mendiversifikasi basis pertanian, pemerintah Nepal berfokus pada irigasi, penggunaan pupuk dan insektisida, pengenalan alat baru dan benih baru varietas unggul, dan pemberian kredit. Kurangnya distribusi input ini, serta masalah dalam memperoleh pasokan, bagaimanapun, menghambat kemajuan.[1] Walaupun reklamasi dan pemukiman terjadi di Wilayah Terai, degradasi lingkungan dan ketidakseimbangan ekologis yang diakibatkan oleh deforestasi juga menghambat kemajuan.

Meskipun teknologi pertanian baru membantu meningkatkan produksi pangan, masih ada ruang untuk pertumbuhan lebih lanjut. Namun, pengalaman masa lalu menunjukkan hambatan dalam menggunakan teknologi modern untuk mencapai pertumbuhan yang sehat. Sasaran yang saling bertentangan untuk menghasilkan tanaman komersial baik untuk pangan maupun untuk input industri juga bermasalah.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Produksi tanaman berfluktuasi secara luas sebagai akibat dari faktor-faktor ini serta kondisi cuaca. Meskipun produksi pertanian tumbuh pada tingkat tahunan rata-rata 2,4 persen dari 1974 hingga 1989, hal itu tidak mengimbangi pertumbuhan populasi yang meningkat dengan tingkat rata-rata tahunan 2,6 persen pada periode yang sama. Selain itu, tingkat pertumbuhan rata-rata tahunan dari produksi biji-bijian makanan hanya 1,2 persen selama periode yang sama.

Ada beberapa keberhasilan. Tanah subur di Wilayah Terai dan petani yang bekerja keras di Wilayah Bukit memberikan pasokan makanan pokok yang lebih besar (kebanyakan beras dan jagung), meningkatkan asupan kalori harian penduduk setempat menjadi lebih dari 2.000 kalori per kapita pada tahun 1988 dari sekitar 1.900 per kapita pada tahun 1965. Selain itu, daerah dengan akses ke fasilitas irigasi meningkat dari sekitar 6.200 hektar pada tahun 1956 menjadi hampir 583.000 hektar pada tahun 1990.

Beras adalah tanaman sereal yang paling penting. Pada tahun 1966 total produksi beras berjumlah sedikit lebih dari 1 juta ton; pada tahun 1989, lebih dari 3 juta ton diproduksi. Fluktuasi produksi beras sangat umum karena perubahan curah hujan; secara keseluruhan, bagaimanapun, produksi beras telah meningkat setelah pengenalan teknik penanaman baru serta peningkatan lahan budidaya. Pada tahun 1988, sekitar 3,9 juta hektar lahan ditanami padi. Banyak orang di Nepal mengabdikan hidup mereka untuk menanam padi agar bisa bertahan hidup. Pada tahun 1966, sekitar 500.000 ton jagung, tanaman pangan utama kedua, diproduksi. Pada 1989, produksi jagung meningkat menjadi lebih dari 1 juta ton.

Tanaman pangan lainnya termasuk gandum, millet, jelai, dan kopi, tetapi kontribusinya terhadap sektor pertanian kecil.[1] Peningkatan produksi tanaman komersial, digunakan sebagai input untuk industri baru, mendominasi pada awal 1970-an. Tebu dan tembakau juga menunjukkan peningkatan produksi yang cukup besar dari tahun 1970-an hingga 1980-an. Produksi kentang dan biji minyak telah menunjukkan pertumbuhan moderat sejak 1980. Tanaman obat tumbuh di utara di lereng Himalaya, tetapi peningkatan produksi dibatasi oleh degradasi lingkungan yang berkelanjutan. Menurut statistik pemerintah, produksi susu, daging, dan buah telah meningkat tetapi pada akhir 1980-an masih belum mencapai titik di mana makanan yang bergizi seimbang tersedia bagi kebanyakan orang. Selain itu, peningkatan produksi daging dan susu belum memenuhi tingkat output yang diinginkan pada tahun 1989. Nepal memiliki lebih dari 50% penduduknya yang terlibat dalam pertanian. Biji-bijian makanan berkontribusi 76 persen dari total produksi tanaman pada tahun 1988-89. Pada 1989-90 meskipun kondisi cuaca buruk dan kurangnya input pertanian, terutama pupuk, ada peningkatan produksi sebesar 5 persen. Faktanya, fluktuasi cuaca yang parah sering mempengaruhi tingkat produksi.[1] Beberapa keuntungan dalam produksi hingga 1980-an disebabkan oleh peningkatan produktivitas tenaga kerja (sekitar 7 persen selama lima belas tahun); keuntungan lainnya adalah karena peningkatan penggunaan lahan dan kondisi cuaca yang mendukung. Menurut Informasi Statistik Pertanian Nepal (2008/2009) hanya 65,6% orang bergantung pada pertanian dan 21% tanah diolah sedangkan 6,99% tanah tidak diolah.

Irigasi[sunting | sunting sumber]

Dari 2,7 juta hektar lahan pertanian di Nepal, hanya 1,3 Mha yang memiliki fasilitas irigasi. Mayoritas sistem irigasi berskala kecil dan menengah.[3]

Sebuah studi baru-baru ini yang didanai oleh Jaringan Pengetahuan Iklim dan Pembangunan (CDKN) mengungkapkan bahwa sekitar 0,8% dari PDB pertanian hilang setiap tahun karena perubahan iklim dan kejadian ekstrem. Ada kebutuhan untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan membuatnya lebih tahan terhadap ketidakpastian iklim dan perubahan secara umum. Peningkatan banjir dan kekeringan baru-baru ini telah menimbulkan kekhawatiran bahwa iklim berubah dengan cepat dan bahwa pengaturan yang ada untuk desain dan manajemen irigasi mungkin perlu dipertimbangkan kembali.[3]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e Savada, Andrea Matles (1991). "Nepal: A Country Study:Agriculture". Washington GPO for the Library of Congress. Diakses tanggal September 4, 2008. 
  2. ^ "Nepal: Priorities for Agriculture and Rural Development". World Bank. 
  3. ^ a b c Framework for effectiveness and resilience of small and medium-scale irrigation systems in Nepal, Climate & Development Knowledge Network, 31 July 2017