Persamaan transendental

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
John Herschel, Deskripsi mesin untuk menyelesaikan dengan inspeksi bentuk penting tertentu dari persamaan transendental, 1832

Persamaan transendental adalah persamaan yang berisi fungsi transendental dari variabel yang diselesaikan. Persamaan seperti itu kali tidak memiliki solusi bentuk tertutup. Contohnya termasuk:

Persamaan transendental yang dapat dipecahkan[sunting | sunting sumber]

Persamaan di mana variabel yang akan diselesaikan hanya muncul sekali, sebagai argumen untuk fungsi transendental, mudah dipecahkan dengan fungsi terbalik; Demikian pula jika persamaan dapat difaktorkan atau diubah menjadi kasus seperti itu:

Persamaan Solusi
(untuk sebuah bilangan bulat)
equivalent to (menggunakan rumus sudut ganda), yang solusinya adalah dari dan dari , yaitu and dan (untuk bilangan bulat)

Beberapa dapat diselesaikan karena merupakan komposisi fungsi aljabar dengan fungsi transendental.

Persamaan Solusi
memecahkan , memberi atau , kemudian , jadi atau

Tetapi sebagian besar persamaan di mana variabel muncul baik sebagai argumen untuk fungsi transendental dan di tempat lain dalam persamaan tidak dapat diselesaikan dalam bentuk tertutup, atau hanya solusi sepele.

Persamaan Solusi
No real solutions, as for all
adalah satu-satunya solusi nyata

Solusi perkiraan[sunting | sunting sumber]

Solusi numerik perkiraan untuk persamaan transendental dapat ditemukan menggunakan numerik, pendekatan analitik, atau metode grafis.

Metode numerik untuk menyelesaikan persamaan arbitrer disebut algoritma pencarian akar.

Dalam beberapa kasus, persamaan dapat didekati dengan baik menggunakan deret Taylor mendekati nol. Misalnya untuk , solusi dari kira-kira dari , yaitu dan .

Untuk solusi grafis, salah satu metodenya adalah mengatur setiap sisi dari persamaan transendental variabel tunggal sama dengan variabel dependen dan memplot kedua grafik, menggunakan titik perpotongannya untuk menemukan solusi.

Dalam beberapa kasus, fungsi khusus dapat digunakan untuk menulis solusi persamaan transendental dalam bentuk tertutup. Secara khusus, memiliki solusi dalam hal fungsi Lambert W.

Solusi lainnya[sunting | sunting sumber]

Kesulitan yang timbul pada solusi sistem transendental dari persamaan orde tinggi diatasi oleh Vladimir Varyukhin melalui "pemisahan" yang tidak diketahui, di mana penentuan yang tidak diketahui direduksi menjadi solusi persamaan aljabar[1][2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ V. A. Varyuhin, S. A. Kas'yanyuk, “On a certain method for solving nonlinear systems of a special type”, Zh. Vychisl. Mat. Mat. Fiz., 6:2 (1966), 347–352; U.S.S.R. Comput. Math. Math. Phys., 6:2 (1966), 214–221
  2. ^ V.A. Varyukhin, Fundamental Theory of Multichannel Analysis (VA PVO SV, Kyiv, 1993) [in Russian]