Persamaan akuntansi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Persamaan akuntansi dasar, juga disebut persamaan neraca, merupakan hubungan antara aset, kewajiban, dan ekuitas pemilik dari sebuah bisnis. Ia adalah dasar untuk pembukuan berpasangan. Untuk setiap transaksi, total debit sama dengan total kredit. Hal ini dapat dinyatakan sebagai lebih jauh lagi.

[1][2]
[1][3]

Dalam sebuah perusahaan, modal merupakan ekuitas pemegang saham. Karena setiap transaksi bisnis mempengaruhi minimal dua akun perusahaan, persamaan akuntansi akan selalu "dalam keseimbangan," yang berarti sisi kiri harus selalu sama sisi kanan. Dengan demikian, rumus akuntansi pada dasarnya menunjukkan bahwa apa yang perusahaan miliki (aset) yang dibeli oleh yang berutang (kewajiban) atau apa yang oleh pemiliknya berinvestasi (pemegang saham ekuitas atau modal).

Terdapat beberapa contoh sederhana, tetapi bahkan yang paling rumit transaksi dapat dicatat dengan cara yang sama. Persamaan ini terletak di belakang debet, kredit, dan jurnal.

Persamaan ini merupakan bagian dari analisis transaksi model,[4] yang dapat ditulis:

Pemilik ekuitas = Kontribusi Modal + Laba Ditahan
Saldo Laba = Laba Bersih − Dividen

dan

Pendapatan Bersih = Pendapatan − Biaya

Persamaan yang dihasilkan dari membuat substitusi dalam persamaan akuntansi dapat disebut sebagai diperluas akuntansi persamaan, karena itu hasil pemecahan dari ekuitas komponen dari persamaan.[5]

Penerapan[sunting | sunting sumber]

Persamaan akuntansi adalah dasar untuk praktik pembukuan berpasangan. Penerapan dalam bidang akuntansi dan ekonomi yang demikian itu beragam.

Laporan Keuangan[sunting | sunting sumber]

Laporan perusahaan triwulanan dan laporan tahunan pada dasarnya berasal langsung dari persamaan akuntansi yang digunakan dalam praktik pembukuan. Persamaan ini, masuk dalam bisnis ini, buku besar, akan memberikan bahan-bahan yang akhirnya membentuk dasar dari sebuah bisnis adalah laporan keuangan. Ini termasuk laporan pengeluaran, arus kas, bunga dan pinjaman pembayaran, gaji, dan perusahaan investasi.

Sistem Pembukuan Pencatatan Dua-kali[sunting | sunting sumber]

Persamaan akuntansi memainkan peran penting sebagai landasan sistem pembukuan pencatatan dua-kali. Sistem akuntansi ini memastikan bahwa rekening perusahaan selalu seimbang dan bahwa semua transaksi keuangan yang didokumentasikan secara rinci. Tujuan utama dari sistem ini adalah untuk melacak debit dan kredit, dan memastikan bahwa jumlah ini selalu cocok untuk aset perusahaan, perhitungan dilakukan dengan persamaan akuntansi. Hal ini didasarkan pada gagasan bahwa setiap transaksi memiliki efek yang sama. Hal ini digunakan untuk mentransfer total dari buku perdana masuk ke nominal ledger. Setiap transaksi dicatat dua kali sehingga debit yang seimbang dengan kredit.

Pendapatan dan Laba Ditahan[sunting | sunting sumber]

Pendapatan dan laba ditahan dalam persamaan akuntansi ini juga merupakan komponen penting dalam komputasi, memahami, dan menganalisis sebuah perusahaan laporan laba rugi. Pernyataan ini mencerminkan keuntungan dan kerugian yang ditentukan sendiri oleh perhitungan yang membentuk dasar akuntansi persamaan. Dengan kata lain, persamaan ini memungkinkan perusahaan untuk menentukan pendapatan serta menyiapkan laporan laba ditahan. Hal ini kemudian memungkinkan mereka untuk memprediksi tren laba masa depan dan menyesuaikan praktik-praktik bisnis yang sesuai. Dengan demikian, persamaan akuntansi merupakan langkah penting dalam menentukan keuntungan perusahaan.

Laba Perusahaan[sunting | sunting sumber]

Karena neraca ini didirikan pada prinsip-prinsip akuntansi persamaan, persamaan ini juga dapat dikatakan bertanggung jawab untuk memperkirakan kekayaan bersih seluruh perusahaan. Komponen fundamental dari persamaan akuntansi termasuk perhitungan dari kedua perusahaan holdings dan perusahaan utang; dengan demikian, hal tersebut memungkinkan pemilik untuk mengukur total nilai aktiva perusahaan.

Investasi[sunting | sunting sumber]

Karena peran dalam menentukan laba perusahaan, persamaan akuntansi adalah alat penting untuk mencari investor untuk mengukur kepemilikan perusahaan dan utang pada waktu tertentu, dan sering perhitungan dapat menunjukkan seberapa stabil atau tidak menentu bisnis transaksi keuangan mungkin. Ini memberikan informasi berharga kepada kreditur atau bank-bank yang mungkin akan mempertimbangkan aplikasi pinjaman atau investasi di perusahaan.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Meigs and Meigs. Financial Accounting, Fourth Edition. McGraw-Hill, 1983. pp.19-20.
  2. ^ Financial Accounting 5th Ed,p 47, HornGren, Harrison, Bamber, Best, Fraser, Willet, Pearson/Prenticehall, 2006
  3. ^ Financial Accounting 5th Ed,p 47, HornGren, Harrison, Bamber, Best, Fraser, Willet, Pearson/Prenticehall, 2006
  4. ^ Libby, Libby, and Short. Financial Accounting, Third Edition. McGraw-Hill, 2001. p.120
  5. ^ Wild.Financial Accounting, Third Edition.McGraw-Hill, 2005. p.13, ISBN 978-0078025389
  6. ^ "Accounting Equation". Diakses tanggal 30 April 2013.