Persaingan Messi–Ronaldo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Cristiano Ronaldo (kiri) dan Lionel Messi sebelum pertandingan persahabatan internasional antara Argentina dan Portugal di Jenewa, Swiss, 9 Februari 2011

Persaingan Messi–Ronaldo, atau persaingan Ronaldo–Messi, adalah persaingan olahraga dalam sepak bola yang didorong oleh media dan penggemar yang melibatkan pesepak bola Argentina Lionel Messi dan pesepak bola Portugal Cristiano Ronaldo, terutama karena sezaman dan karena rekor dan kesuksesan olahraga mereka yang serupa.[1] Bersama-sama mereka telah mencapai berbagai tonggak sejarah dalam olahraga, datang untuk dianggap sebagai dua pemain terbaik sepanjang masa. Mereka adalah dua dari pesepak bola yang paling sukses, setelah memenangkan 71 trofi utama (Messi 37, Ronaldo 34) selama karir senior mereka sejauh ini, dan secara teratur menembus batas 50 gol dalam satu musim. Mereka termasuk di antara delapan pemain yang masing-masing mencetak lebih dari 700 gol dalam karir mereka untuk klub dan negara. Ronaldo memegang rekor gol resmi terbanyak dalam kariernya.

Wartawan dan pakar secara teratur memperdebatkan manfaat individu dari kedua pemain dalam upaya untuk menetapkan siapa yang mereka yakini sebagai pemain terbaik di sepak bola modern atau yang pernah ada. Terlepas dari preferensi, kritikus sepak bola umumnya setuju bahwa mereka berdua adalah pemain terbaik dari generasi mereka, melebihi jumlah rekan-rekan mereka dengan selisih yang signifikan. Ronaldo telah menerima pujian untuk atribut fisiknya, keterampilan mencetak gol, kepemimpinan dan kinerja di bawah tekanan, sementara Messi dipuji karena kombinasi dribbling, playmaking, passing, dan mencetak golnya.[2] Ini telah dibandingkan dengan persaingan olahraga global masa lalu seperti persaingan Muhammad Ali–Joe Frazier dalam tinju dan persaingan Roger Federer–Rafael Nadal dan persaingan Björn Borg–John McEnroe dalam tenis. Beberapa komentator memilih untuk menganalisis perbedaan fisik dan gaya bermain keduanya, sementara bagian dari perdebatan berkisar pada kepribadian yang kontras dari kedua pemain; Ronaldo terkadang digambarkan sebagai seseorang yang memiliki karakter temperamental, sedangkan Messi dianggap memiliki karakter yang lebih pendiam.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2007, Ronaldo dan Messi selesai sebagai runner-up untuk pemain AC Milan, Kaká di kedua Ballon d'Or, penghargaan yang diberikan kepada pemain yang dipilih sebagai yang terbaik di dunia oleh panel jurnalis olahraga internasional; dan Pemain Terbaik Dunia FIFA, penghargaan yang dipilih oleh pelatih dan kapten tim internasional. Dalam sebuah wawancara tahun itu, Messi dikutip mengatakan bahwa "Cristiano Ronaldo adalah pemain yang luar biasa dan akan brilian untuk berada di tim yang sama dengan dia."

Mereka pertama kali bermain dalam pertandingan melawan satu sama lain ketika Manchester United bermain melawan Barcelona di semi-final Liga Champions 2007-08 dan langsung diadu sebagai rival utama. Ronaldo gagal mengeksekusi penalti di leg pertama, tetapi United akhirnya melaju ke final melalui gol Paul Scholes. Di penghujung tahun, Ronaldo dianugerahi Ballon d'Or dan berjanji akan memenangkan penghargaan itu lagi.

Final Liga Champions UEFA 2009 diperebutkan antara Manchester United dan Barcelona pada 27 Mei 2009 di Stadio Olimpico di Roma, Italia. Pertandingan, yang digambarkan sebagai "bentrokan mimpi", kembali digembar-gemborkan sebagai pertarungan terbaru antara keduanya, kali ini untuk menentukan siapa pemain terbaik di dunia; Ronaldo mengklaim dia lebih baik dari keduanya, sementara rekan satu klub Messi, Xavi, memihaknya. Manajer Manchester United Alex Ferguson lebih diplomatis, memuji kedua pemain tersebut sebagai salah satu talenta elit dunia. Messi, bermain di peran sentral yang tidak biasa dia lakukan sehingga dia akan menghindari pertempuran langsung dengan mantan pemain Manchester United, Patrice Evra. Messi mencetak gol kedua Barcelona dalam kemenangan 2-0 dengan sundulan pada menit ke-70. Sementara itu, Ronaldo ditundukkan untuk sebagian besar permainan, meskipun ada beberapa peluang awal untuk mencetak gol, dan rasa frustrasinya akhirnya terlihat ketika ia mendapat kartu kuning karena tekel terburu-buru pada Carles Puyol.

Dari 2009 hingga 2018, keduanya bermain melawan satu sama lain setidaknya dua kali per musim selama pertandingan El Clásico tetapi juga bertemu di banyak kompetisi lain seperti Copa del Rey, Piala Super Spanyol, dan semifinal Liga Champions dua leg pada 2011.

Hubungan Messi dan Ronaldo[sunting | sunting sumber]

Dalam sebuah wawancara 2016, Ronaldo mengomentari persaingan dengan mengatakan: "Saya pikir kami kadang-kadang saling mendorong dalam kompetisi, inilah mengapa persaingan begitu tinggi." Alex Ferguson, manajer Ronaldo selama waktunya di Manchester United, berpendapat: "Saya tidak berpikir persaingan satu sama lain mengganggu mereka. Saya pikir mereka memiliki kebanggaan pribadi mereka sendiri dalam hal ingin menjadi yang terbaik." Messi telah membantah persaingan apapun, dan menyalahkan media untuk menciptakannya, menyatakan bahwa "hanya media, pers, yang ingin kita berselisih tapi saya tidak pernah bertengkar dengan Cristiano."

Secara luas diperdebatkan dan didokumentasikan bahwa ada suasana persaingan antara keduanya, dengan Guillem Balagué mengklaim dalam buku Ronaldo bahwa ia mengacu pada rekan Argentina-nya sebagai "bajingan" di belakang punggungnya, dan Luca Caioli mengatakan dalam bukunya Ronaldo: The Obsession for Perfection bahwa, menurut sumbernya, Ronaldo memanas saat menonton Messi bermain. Menanggapi klaim bahwa dia dan Messi tidak cocok secara pribadi, Ronaldo berkomentar: "Kami tidak memiliki hubungan di luar dunia sepak bola, sama seperti kami tidak dengan banyak pemain lain", sebelumnya menambahkan bahwa di tahun-tahun mendatang dia berharap mereka bisa menertawakannya bersama, dengan menyatakan: "Kita harus melihat persaingan ini dengan semangat positif, karena itu hal yang baik." Pada bulan November 2014, Ronaldo juga mengancam akan mengambil tindakan hukum atas pernyataan yang dibuat oleh Balague. Setelah kepergian Ronaldo dari Real Madrid ke Juventus, Messi mengaku merindukannya, dengan mengatakan: "Saya merindukan Cristiano. Meskipun agak sulit melihatnya memenangkan trofi, dia memberikan prestise La Liga." Selama wawancara bersama pada upacara Pemain Terbaik UEFA pada 2019, Ronaldo mengatakan dia ingin "makan malam bersama di masa depan", yang kemudian dijawab Messi: "Jika saya mendapat undangan, mengapa tidak?"

Penghargaan dan rekor[sunting | sunting sumber]

Sepanjang keberadaan persaingan, pasangan ini mendominasi upacara penghargaan dan memecahkan banyak rekor mencetak gol untuk klub dan negara, prestasi yang digambarkan sebagai "luar biasa" dan "konyol". Persaingan itu sendiri telah digambarkan sebagai salah satu tentang rekor dan reputasi para pemain, bukan berdasarkan kebencian.

Messi adalah pencetak gol terbanyak La Liga sepanjang masa, serta memiliki assist terbanyak dalam sejarah kompetisi – dengan Ronaldo di urutan kedua untuk gol yang dicetak dan ketiga untuk assist yang diberikan – sementara Ronaldo adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa Liga Champions UEFA dan penyedia asis, dengan Messi di urutan kedua untuk gol yang dicetak dan di urutan ketiga untuk asis yang diberikan dalam sejarah kompetisi. Keduanya telah memecahkan rekor satu sama lain selama 2015 setelah Messi melampaui pemegang rekor sebelumnya Raúl pada November 2014. Ronaldo membuka celah di musim 2015-16 ketika ia menjadi pemain pertama yang mencetak angka ganda di babak penyisihan grup. Liga Champions, mencetak rekor dengan 11 gol. Mereka adalah dua pemain pertama yang mencetak 100 gol dalam sejarah Liga Champions UEFA.

Messi berhasil membantu Argentina untuk memenangi Piala Dunia FIFA pada tahun 2022 dengan ketiga kalinya setelah tahun 1978 dan 1986, sekaligus meraih gelar pemain terbaik Piala Dunia untuk kedua kalinya setelah di Final Pildun 2014 melawan Jerman dengan menelan kekalahan 1-0. Tak hanya Piala Dunia, tetapi juga trofi Copa dan Finnalissima berhasil dibawa pulang ke Argentina. Messi dikenal dengan kapten terbaik yang menginspirasi rekan timnya untuk berjuang bersama meraih semuanya.

Mereka mendominasi penghargaan Ballon d'Or/Pemain Pria Terbaik FIFA sejak 2008, dan Penghargaan Pemain Terbaik Pria UEFA sejak 2014; pada tahun 2018, kemenangan mereka yang lebih dari satu dekade diinterupsi oleh Luka Modrić, yang dipandang sebagai "akhir dari sebuah era". Dalam sebuah wawancara untuk France Football, Modrić menyatakan bahwa "sejarah akan mengatakan bahwa seorang pemain Kroasia, yang mewakili negara kecilnya, memenangkan Ballon d'Or setelah Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, yang merupakan pemain di level lain. Tidak seorang pun berhak untuk membandingkan diri mereka dengan mereka."

Messi memenangkan empat penghargaan Ballon d'Or berturut-turut (2009 hingga 2012), dengan yang kelima datang pada 2015, sementara Ronaldo menyamai total lima penghargaan Messi dengan kemenangan pada 2013, 2014, 2016, dan 2017. Pada 2019, Messi memimpin lagi dengan mendapatkan Ballon d'Or keenamnya, finis hanya tujuh poin di atas peringkat kedua Virgil van Dijk, dengan Ronaldo finis ketiga. Pada tahun 2020, penghargaan tersebut dibatalkan karena Covid-19 dan pada tahun 2021, Messi memenangkan Ballon d'Or untuk ketujuh kalinya. Secara total, Messi dan Ronaldo mencapai rekor podium masing-masing tiga belas dan dua belas kali. Menggabungkan Ballon d'Or, Pemain Terbaik Dunia FIFA dan Pemain Pria Terbaik FIFA, Messi mengungguli Ronaldo 9-8 di tempat pertama dan 21-20 di podium.

Messi memenangkan enam trofi Pichichi dan penghargaan Sepatu Emas Eropa (2010, 2012, 2013, 2017, 2018 dan 2019), sedangkan Ronaldo memenangkan hadiah tersebut masing-masing empat kali (2008, 2011, 2014 dan 2015). Dari 2008 hingga 2019, Ronaldo tujuh kali menjadi pencetak gol terbanyak Liga Champions, dengan Messi mencapai prestasi ini enam kali (termasuk pada 2015 ketika keduanya finis bersama).

Secara kolektif, Messi telah memenangkan rekor klub 34 trofi utama sebagai pemain Barcelona, ​​termasuk sepuluh gelar liga, empat Liga Champions, tujuh gelar Copa del Rey, tujuh Piala Super Spanyol, tiga Piala Super Eropa, dan tiga Piala Dunia Klub FIFA. Messi menjadi runner-up di tiga Copa América dan di Piala Dunia 2014, sebelum akhirnya merebut trofi internasional besar pertamanya di Copa América 2021, di mana ia dinobatkan sebagai pemain terbaik.

Ronaldo telah memenangkan 34 trofi utama, termasuk tujuh gelar liga dan lima Liga Champions, dan membawa Portugal meraih trofi Kejuaraan Eropa UEFA 2016 dan Liga Negara UEFA 2018–2019 pertama mereka. Dia juga telah memenangkan empat piala nasional, dua piala liga, tujuh piala super nasional, tiga Piala Super Eropa, dan empat Piala Dunia Antarklub FIFA.

Statistik pemain[sunting | sunting sumber]

Statistik klub[sunting | sunting sumber]

Per 13 November 2022.
Lionel Messi
Klub Musim Liga Piala Eropa Lainnya Total
Penampilan Gol Penampilan Gol Penampilan Gol Penampilan Gol Penampilan Gol
———————————————————————————————————
———————————————————————————————————
Barcelona
2004–05 7 1 1 0 1 0 0 0 9 1
2005–06 17 6 2 1 6 1 0 0 25 8
2006–07 26 14 2 2 5 1 3 0 36 17
2007–08 28 10 3 0 9 6 0 0 40 16
2008–09 31 23 8 6 12 9 0 0 51 38
2009–10 35 34 3 1 11 8 4 4 53 47
2010–11 33 31 7 7 13 12 2 3 55 53
2011–12 37 50 7 3 11 14 5 6 60 73
2012–13 32 46 5 4 11 8 2 2 50 60
2013–14 31 28 6 5 7 8 2 0 46 41
2014–15 38 43 6 5 13 10 0 0 57 58
2015–16 33 26 5 5 7 6 4 4 49 41
2016–17 34 37 7 5 9 11 2 1 52 54
2017–18 36 34 6 4 10 6 2 1 54 45
2018–19 34 36 5 3 10 12 1 0 50 51
2019–20 33 25 2 2 8 3 1 1 44 31
2020–21 35 30 5 3 6 5 1 0 47 38
Paris Saint-Germain
2021–22 26 6 1 0 7 5 0 0 34 11
2022–23 13 7 0 0 5 4 1 1 19 12
Total 559[a] 487 81 56 161 129 30 23 831[a] 695

Cristiano Ronaldo
Klub Musim Liga Piala Eropa Lainnya Total
Penampilan Gol Penampilan Gol Penampilan Gol Penampilan Gol Penampilan Gol
Sporting CP
2002–03 25 3 3 2 3 0 0 0 31 5
Manchester
United
2003–04 29 4 6 2 5 0 0 0 40 6
2004–05 33 5 9 4 8 0 0 0 50 9
2005–06 33 9 6 2 8 1 0 0 47 12
2006–07 34 17 8 3 11 3 0 0 53 23
2007–08 34 31 3 3 11 8 1 0 49 42
2008–09 33 18 6 3 12 4 2 1 53 26
Real Madrid
2009–10 29 26 0 0 6 7 0 0 35 33
2010–11 34 40 8 7 12 6 0 0 54 53
2011–12 38 46 5 3 10 10 2 1 55 60
2012–13 34 34 7 7 12 12 2 2 55 55
2013–14 30 31 6 3 11 17 0 0 47 51
2014–15 35 48 2 1 12 10 5 2 54 61
2015–16 36 35 0 0 12 16 0 0 48 51
2016–17 29 25 2 1 13 12 2 4 46 42
2017–18 27 26 0 0 13 15 4 3 44 44
Juventus
2018–19 31 21 2 0 9 6 1 1 43 28
2019–20 33 31 4 2 8 4 1 0 46 37
2020–21 33 29 4 2 6 4 1 1 44 36
2021–22 1 0 0 0 0 0 0 0 1 0
Manchester
United
2021–22 30 18 1 0 7 6 0 0 38 24
2022–23 10 1 0 0 6 2 0 0 16 3
Total 651[b] 498 82 45 195 143 21 15 949[b] 701
Catatan
  1. ^ a b Tidak termasuk pertandingan divisi dua dan tiga (Barcelona B dan C, 2003–2005).
  2. ^ a b Tidak termasuk pertandingan divisi dua (Sporting CP B, 2002–2003).

Statistik internasional[sunting | sunting sumber]

Per 18 Desember 2022.
Lionel Messi[3]
Tim nasional Tahun Kompetitif Laga persahabatan Total
Apps Goals Apps Goals Apps Goals
—————————————————
—————————————————
Argentina 2005 3 0 2 0 5 0
2006 3 1 4 1 7 2
2007 10 4 4 2 14 6
2008 6 1 2 1 8 2
2009 8 1 2 2 10 3
2010 5 0 5 2 10 2
2011 8 2 5 2 13 4
2012 5 5 4 7 9 12
2013 5 3 2 3 7 6
2014 7 4 7 4 14 8
2015 6 1 2 3 8 4
2016 10 8 1 0 11 8
2017 5 4 2 0 7 4
2018 4 1 1 3 5 4
2019 6 1 4 4 10 5
2020 4 1 0 0 4 1
2021 16 9 0 0 16 9
2022 10 8 4 10 14 18
Total 121 54 51 44 172 98[4]

Cristiano Ronaldo[5]
Tim nasional Tahun Kompetitif Laga persahabatan Total
Apps Goals Apps Goals Apps Goals
Portugal 2003 0 0 2 0 2 0
2004 11 7 5 0 16 7
2005 7 2 4 0 11 2
2006 10 4 4 2 14 6
2007 9 5 1 0 10 5
2008 5 1 3 0 8 1
2009 5 0 2 1 7 1
2010 6 3 5 0 11 3
2011 6 5 2 2 8 7
2012 9 4 4 1 13 5
2013 6 7 3 3 9 10
2014 5 3 4 2 9 5
2015 4 3 1 0 5 3
2016 10 10 3 3 13 13
2017 10 10 1 1 11 11
2018 4 4 3 2 7 6
2019 10 14 0 0 10 14
2020 4 2 2 1 6 3
2021 11 11 3 2 14 13
2022 12 3 0 0 12 3
Total 144 98 52 20 196 118[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Lionel Messi and Cristiano Ronaldo helped redefine El Clasico, but will the world still watch without either?". cnn.com. CNN. 23 October 2020. 
  2. ^
  3. ^ Mamrud, Roberto. "Lionel Andrés Messi". RSSSF. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 September 2015. Diakses tanggal 30 September 2014. 
  4. ^ "Lionel Andrés Messi – Century of International Appearances". RSSSF. Diakses tanggal 10 July 2021. 
  5. ^ Mamrud, Roberto. "Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro". RSSSF. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 August 2017. Diakses tanggal 30 September 2014. 
  6. ^ "Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro – Century of International Appearances". RSSSF. Diakses tanggal 10 July 2021.