Pernikahan dan kesehatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Pernikahan dan kesehatan saling terkait erat. Orang yang menikah mengalami morbiditas dan mortalitas yang lebih rendah di berbagai ancaman kesehatan seperti kanker, serangan jantung, dan pembedahan. Ada perbedaan gender dalam efek-efek ini yang mungkin sebagian disebabkan oleh status relatif pria dan wanita. Sebagian besar penelitian tentang pernikahan dan kesehatan berfokus pada pasangan heteroseksual, dan lebih banyak pekerjaan diperlukan untuk mengklarifikasi efek kesehatan pada pernikahan sesama jenis. Cukup menikah, dan juga kualitas pernikahan seseorang, telah dikaitkan dengan beragam ukuran kesehatan. Penelitian telah memeriksa proses sosial-kognitif, emosional, perilaku dan biologis yang terlibat dalam hubungan ini.

Dibandingkan dengan hubungan lain[sunting | sunting sumber]

Di luar pernikahan, hubungan sosial yang lebih luas memiliki dampak kuat pada kesehatan. Sebuah meta-analisis dari 148 studi menemukan bahwa mereka yang memiliki hubungan sosial yang lebih kuat memiliki risiko 50% lebih rendah dari semua penyebab kematian. Sebaliknya, kesepian dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, dan semua penyebab kematian. Sedikit pekerjaan yang secara langsung membandingkan dampak kesehatan pernikahan dibandingkan dengan hubungan non-romantis, seperti hubungan dengan teman atau kolega. Namun, ada beberapa alasan mengapa pernikahan dapat memberikan dampak kesehatan yang lebih besar daripada hubungan lain, bahkan hubungan hidup bersama yang lain: pasangan menikah menghabiskan waktu bersama selama berbagai kegiatan, seperti makan, bersantai, mengurus rumah tangga, mengasuh anak dan tidur. Pasangan juga berbagi sumber daya dan investasi seperti keuangan bersama atau kepemilikan rumah. Relatif dengan hubungan lain, peningkatan saling ketergantungan pernikahan berfungsi sebagai sumber untuk dukungan yang lebih intens.

Pasangan romantis yang tinggal bersama, tetapi belum menikah, mungkin mewakili jalan tengah dalam manfaat kesehatan antara mereka yang menikah, dan mereka yang mengidentifikasi diri sebagai lajang. Namun, orang hidup bersama tanpa menikah karena berbagai alasan; hidup bersama dapat menjadi awal pernikahan. Faktor pemilihan ras, etnis, dan status sosial-ekonomi mempengaruhi kelompok tertentu untuk hidup bersama yang belum menikah, dan faktor-faktor ini juga mempengaruhi manfaat kesehatan dari pernikahan dan hidup bersama.

Pernikahan sesama jenis[sunting | sunting sumber]

Sebagian besar penelitian tentang pernikahan dan kesehatan telah mempelajari pasangan heteroseksual. Pasangan sesama jenis dan lawan jenis memiliki banyak kesamaan. Keduanya memulai pernikahan dengan tingkat kepuasan hubungan yang tinggi, diikuti dengan penurunan kemudian, dan keduanya berdebat dengan frekuensi yang sama tentang masalah yang sama.

Namun, pasangan sesama jenis menyelesaikan konflik dengan lebih efektif, dan mendistribusikan tenaga rumah tangga secara lebih adil dibandingkan dengan pasangan heteroseksual mereka. Pernikahan sesama jenis tetap ilegal di banyak negara, dan di banyak bagian Amerika Serikat (di mana banyak penelitian tentang pernikahan dan kesehatan telah dilakukan). Di wilayah ini pasangan sesama jenis tidak diberikan perlindungan institusional terhadap pernikahan atau hambatan hukum yang menyertainya dalam pembubaran hubungan. Selain itu, pasangan sesama jenis lebih mungkin mengalami diskriminasi terhadap orientasi seksual mereka, berkontribusi terhadap masalah dengan kesehatan mental dan kualitas hubungan

Perbedaan gender[sunting | sunting sumber]

Perbedaan gender ini mungkin sebagian disebabkan oleh status relatif pria dan wanita dalam suatu hubungan. Penelitian pada manusia dan hewan menunjukkan status bawahan terkait dengan reaksi fisiologis yang lebih besar terhadap stres sosial. Memang, pasangan bawahan menunjukkan reaksi fisiologis yang lebih besar terhadap pertengkaran dengan pasangannya. Baik suami maupun istri menunjukkan reaksi fisiologis yang lebih kuat terhadap argumen ketika mengajukan tuntutan untuk perubahan dari pasangan mereka. Reaksi fisiologis wanita yang meningkat terhadap konflik perkawinan mungkin disebabkan oleh posisi bawahan mereka yang relatif dalam pernikahan.

Mengukur kesehatan[sunting | sunting sumber]

Penelitian tentang hubungan antara pernikahan dan kesehatan telah mengukur hasil yang beragam. Ini secara luas dikategorikan sebagai titik akhir klinis, titik akhir pengganti, dan mediator biologis. Titik akhir klinis adalah variabel yang memengaruhi perasaan, fungsi, dan kelangsungan hidup orang. Mereka diakui sebagai hasil penting oleh penyedia layanan kesehatan dan pasien, misalnya dirawat di rumah sakit, atau mengalami serangan jantung.

Titik akhir pengganti dan mediator biologis adalah jenis biomarker — indikator objektif dari proses fisiologis normal atau patologis. Titik akhir pengganti berfungsi sebagai pengganti titik akhir klinis. Mereka diharapkan untuk memprediksi titik akhir klinis, berdasarkan bukti ilmiah. Sebagai contoh, peningkatan tekanan darah telah ditemukan untuk memprediksi penyakit kardiovaskular.

Mediator biologis mencerminkan sumber stres jangka pendek yang mempengaruhi hasil kesehatan melalui aktivasi berulang atau persisten. Proses-proses ini tidak memiliki basis bukti yang cukup yang menghubungkannya dengan titik akhir klinis untuk ditingkatkan ke kelas titik akhir pengganti. Contohnya termasuk perubahan kadar hormon, atau ukuran kekebalan tubuh.

Tautan kesehatan[sunting | sunting sumber]

Seleksi dan perlindungan[sunting | sunting sumber]

Manfaat kesehatan dari pernikahan adalah hasil dari efek seleksi dan perlindungan. Orang dengan kesehatan yang lebih baik, lebih banyak sumber daya, dan lebih sedikit stres lebih mungkin untuk menikah, dan pernikahan membawa sumber daya, dan dukungan sosial. Manfaat kesehatan dari pernikahan tetap ada bahkan setelah mengendalikan efek seleksi, yang menunjukkan bahwa menikah adalah pelindung kesehatan.

Dukungan sosial: dua model[sunting | sunting sumber]

Penelitian tentang pernikahan dan kesehatan adalah bagian dari studi yang lebih luas tentang manfaat hubungan sosial. Ikatan sosial memberi orang rasa identitas, tujuan, kepemilikan dan dukungan. Dua model utama menggambarkan bagaimana dukungan sosial mempengaruhi kesehatan.

Model efek utama mengusulkan bahwa dukungan sosial baik untuk kesehatan seseorang, terlepas dari apakah seseorang sedang stres atau tidak. Model stres-buffering mengusulkan bahwa dukungan sosial bertindak sebagai buffer terhadap efek negatif dari stres yang terjadi di luar hubungan. Kedua model telah menerima dukungan empiris, tergantung pada bagaimana dukungan sosial dikonseptualisasikan dan diukur. Pernikahan harus menjadi sumber dukungan sosial yang kuat di kedua model.

Diamati dinamika sosial pasangan[sunting | sunting sumber]

Ada beberapa norma sosial yang menarik di antara pasangan yang relevan untuk membentuk kebiasaan yang berhubungan dengan kesehatan. Pasangan memiliki peluang lebih tinggi untuk mencapai tujuan ketika mereka berkolaborasi, sebagai lawan untuk mencapai tujuan yang sama dengan individu. Selain itu, kebiasaan pasangan memainkan peran penting dalam mempengaruhi kebiasaan kesehatan anak-anak mereka. Akibatnya, kegiatan bersama di antara pasangan dapat membantu mengembangkan hubungan yang lebih kuat yang dapat mengarah pada kesehatan lain dan manfaat jangka panjang. Ada beberapa norma sosial yang menarik di antara pasangan yang relevan untuk membentuk kebiasaan yang berhubungan dengan kesehatan. Contohnya termasuk:

Dinamika Makan: Pasangan suka makan bersama, dan meskipun mereka melakukan kegiatan yang berbeda di siang hari, mereka sering 'berkumpul dan menantikan makan malam'. Selain itu, pasangan memiliki ketertarikan untuk berbelanja bersama, yang merupakan peluang penting untuk membuat keputusan rumah tangga terhadap makan sehat.

Pola Latihan yang Berkurang: Keterbatasan waktu dan kewajiban lainnya sering kali menghalangi pasangan untuk berolahraga secara teratur. Secara khusus, hubungan stabil mereka sering mendorong mereka untuk "melepaskan" dan tidak terlalu peduli dengan fisik mereka. Dalam masyarakat dengan dinamika konformis yang kuat, beberapa mitra cenderung berolahraga kecuali mereka pergi bersama seorang rekan.

Evaluasi ulang Sikap Terhadap Kesehatan: Ketika pasangan mengadopsi gaya hidup baru, mereka secara bersamaan menilai kembali sikap mereka saat ini terhadap kesehatan. Dalam fase penting ini, mitra lebih cenderung untuk mengintegrasikan pengetahuan baru dan keterampilan praktis menuju gaya hidup yang berhubungan dengan kesehatan.

Dorongan dan Pujian vs Kritik dan Pengkhianatan: Dukungan verbal dari pasangan, seperti dorongan dan pujian, membantu meningkatkan pencapaian aktivitas fisik, sedangkan dukungan yang disamarkan sebagai "kritik" dan mengomel sering kali merugikan.

Kecemasan Perbandingan: Akun anekdotal memberikan petunjuk tentang efek merugikan dari membandingkan kemajuan olahraga. Pasangan mungkin memiliki tingkat kemajuan yang berbeda, dan untuk beberapa pasangan, perbandingan dapat menyebabkan keputusasaan. Pendekatan yang lebih kolaboratif menuju tujuan terpadu telah ditemukan lebih bermanfaat.

Kepatuhan pasangan terhadap program kebugaran[sunting | sunting sumber]

Ada beberapa penelitian yang secara khusus meneliti efek dari keterlibatan suami istri terhadap kepatuhan program olahraga. Sebagai contoh, satu studi meneliti perilaku pasangan sehat berdasarkan pada program kebugaran 12 bulan di mana peneliti melacak perilaku antara 30 pasangan tunggal dan 32 pasangan menikah. Hasil mereka mengungkapkan perbedaan yang signifikan secara statistik: pada akhir penelitian, 6,3% dari pasangan menikah telah keluar dari program, dibandingkan dengan 43% dari pasangan lajang yang menikah. Temuan ini konsisten dengan penelitian sebelumnya, dan mereka menunjuk pada gagasan bahwa dukungan sosial dalam bentuk "partisipasi pasangan" memberikan efek menguntungkan pada kepatuhan terhadap program kebugaran, atau secara umum, sebagian besar jenis usaha bersama terkait kesehatan.

Kualitas pernikahan[sunting | sunting sumber]

Sementara menikah secara rata-rata dikaitkan dengan kesehatan yang lebih baik, dampak kesehatan dari pernikahan dipengaruhi oleh kualitas perkawinan. Kualitas perkawinan yang tinggi biasanya ditandai dengan kepuasan yang dilaporkan sendiri terhadap hubungan tersebut, umumnya sikap positif terhadap pasangan seseorang, dan tingkat perilaku bermusuhan dan negatif yang rendah. Sebaliknya, kualitas perkawinan yang rendah dicirikan sebagai kepuasan yang dilaporkan sendiri rendah dengan hubungan, umumnya sikap negatif terhadap pasangan seseorang, dan tingginya tingkat perilaku bermusuhan dan negatif. Pernikahan yang bermasalah adalah sumber stres yang signifikan, dan membatasi kemampuan seseorang untuk mencari dukungan dari hubungan lain. Rata-rata orang yang belum menikah, lebih bahagia daripada mereka yang menikah secara tidak bahagia. Sebuah meta-analisis dari 126 studi menemukan bahwa kualitas perkawinan yang lebih besar terkait dengan kesehatan yang lebih baik, dengan ukuran efek yang sebanding dengan perilaku kesehatan seperti diet dan olahraga. Penjelasan untuk hubungan antara kualitas perkawinan dan kesehatan berfokus pada proses sosial-kognitif dan emosional, perilaku kesehatan, dan hubungan dua arah dengan penyakit mental.

Proses sosial-kognitif[sunting | sunting sumber]

Orang-orang dalam pernikahan bahagia mungkin berpikir tentang hubungan mereka secara berbeda dari orang-orang dalam pernikahan bermasalah. Orang yang menikah dengan bahagia sering menganggap pasangannya bertanggung jawab atas perilaku negatif, tetapi mengaitkan perilaku positif dengan faktor-faktor lain, misalnya, "dia pulang terlambat karena dia tidak ingin menghabiskan waktu bersama saya; dia pulang lebih awal karena bosnya menyuruhnya untuk . " Menyalahkan pasangannya atas perilaku negatifnya terkait dengan peningkatan hormon stres kortisol yang berkepanjangan setelah pertengkaran. Pasangan dalam pernikahan yang bermasalah juga cenderung salah mengartikan komunikasi pasangan mereka sebagai kritik. Namun, hubungan antara proses sosial-kognitif dan kesehatan ini masih belum diketahui.

Proses emosional[sunting | sunting sumber]

Tingkat emosi negatif yang lebih tinggi dan pengungkapan emosi yang kurang efektif dapat terlibat dalam menghubungkan kualitas perkawinan dan kesehatan. Orang-orang dalam perkawinan yang bermasalah mengalami lebih banyak emosi negatif, terutama permusuhan. Emosi negatif telah dikaitkan dengan peningkatan tekanan darah dan detak jantung, dan peningkatan kadar hormon stres, yang dapat menyebabkan kesehatan yang buruk. Pengungkapan emosi sering terjadi dalam pernikahan yang berfungsi dengan baik, dan terkait dengan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk lebih sedikit kunjungan dokter dan melewatkan hari kerja. Namun, orang-orang dalam perkawinan bermasalah kurang terampil dalam pengungkapan emosional.

Perilaku kesehatan[sunting | sunting sumber]

Perilaku kesehatan seperti diet, olahraga, dan penggunaan zat, juga dapat mempengaruhi interaksi kualitas dan kesehatan perkawinan. Perilaku kesehatan pasangan menikah bertemu dari waktu ke waktu, sehingga pasangan yang telah menikah bertahun-tahun memiliki perilaku yang sama. Salah satu penjelasan adalah bahwa pasangan mempengaruhi atau mengontrol perilaku kesehatan satu sama lain. Teknik kontrol positif pasangan, seperti memodelkan perilaku sehat, meningkatkan niat pasangannya untuk meningkatkan perilaku kesehatan, sedangkan teknik kontrol negatif, seperti memunculkan rasa takut, tidak memengaruhi niat. Dukungan perkawinan dapat meningkatkan sumber daya psikologis — seperti efikasi diri, dan pengaturan diri — yang diperlukan untuk meningkatkan perilaku kesehatan seseorang.

Penyakit kejiwaan[sunting | sunting sumber]

Masalah perkawinan memprediksi timbulnya penyakit mental, termasuk kecemasan, suasana hati, dan gangguan penggunaan narkoba. Banyak penelitian berfokus pada depresi, menunjukkan hubungan dua arah dengan konflik perkawinan. Distress pernikahan berinteraksi dengan kerentanan yang ada, meningkatkan risiko depresi. Sebaliknya, perilaku depresi seperti mencari jaminan yang berlebihan dapat membebani pasangannya, yang mungkin merespons dengan kritik atau penolakan. Hubungan antara depresi dan kesehatan yang buruk sudah terjalin dengan baik; depresi dikaitkan dengan disregulasi sistem kekebalan tubuh, dan perilaku kesehatan yang buruk, seperti kurang olahraga, kurang tidur dan diet, dan peningkatan penyalahgunaan zat.

Jalur biologis[sunting | sunting sumber]

Disregulasi kardiovaskular, neuroendokrin, dan sistem kekebalan terlibat dalam hubungan antara kualitas perkawinan dan kesehatan.

Reaktivitas kardiovaskular[sunting | sunting sumber]

Konflik perkawinan, dan mencari perubahan dari pasangannya menimbulkan reaksi kardiovaskular, meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah. Pasangan yang lebih bermusuhan selama pertengkaran memiliki reaksi kardiovaskular yang lebih kuat. Reaksi kardiovaskular yang meningkat dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular.

Sistem neuroendokrin[sunting | sunting sumber]

Hormon yang dihasilkan oleh sumbu simpatik-adrenal-medula (SAM) dan sumbu hipotalamus-hipofisis-adrenal memiliki efek luas di seluruh tubuh. Kedua sumbu telah terlibat dalam hubungan antara faktor psikologis dan kesehatan fisik. Aktivitas SAM dapat diukur dengan kadar katekolamin yang bersirkulasi — epinefrin dan norepinefrin. Interaksi negatif dengan pasangan seseorang telah dikaitkan dengan peningkatan kadar katekolamin, baik selama maupun setelah konflik.

Fluktuasi harian dalam tingkat kortisol — hormon stres — adalah penanda penting kesehatan; perubahan kortisol yang lebih datar sepanjang hari sangat terkait dengan penyakit kardiovaskular dan mortalitas terkait. Kepuasan perkawinan yang lebih rendah telah dikaitkan dengan lereng kortisol yang datar sepanjang hari, tingkat kortisol yang lebih rendah, dan tingkat kortisol keseluruhan yang lebih tinggi. Namun meta-analisis tidak menemukan hubungan antara kualitas perkawinan dan lereng kortisol

Jalur kekebalan tubuh[sunting | sunting sumber]

Kepuasan pernikahan yang rendah, dan permusuhan selama pertengkaran dengan pasangan seseorang dikaitkan dengan meningkatnya peradangan. Peradangan adalah bagian dari respons sehat terhadap cedera dan infeksi, namun peradangan kronis dan persisten merusak jaringan di sekitarnya. Peradangan kronis terlibat sebagai mekanisme sentral yang menghubungkan faktor-faktor psikososial dan penyakit seperti aterosklerosis dan kanker. Selain peradangan, kualitas perkawinan yang lebih rendah juga terkait dengan fungsi sistem imun adaptif yang lebih buruk. Ketidakpuasan pernikahan dan permusuhan selama pertengkaran dengan pasangan seseorang terkait dengan kemampuan yang lebih buruk untuk mengendalikan virus Epstein-Barr, virus laten yang menginfeksi kebanyakan orang dewasa.