Pernikahan antarras

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Pernikahan antarras terjadi ketika dua orang dari kelompok ras yang berbeda menikah. Hal ini merupakan bentuk dari eksogami (menikahi di luar dari kelompok sosial), dan dapat dipandang dalam konteks pembatasan yang miskegenasi (mencampur grup rasial yang berbeda dalam pernikahan, kohabitasi atau hubungan seksual).

Afrika dan Timur Tengah[sunting | sunting sumber]

Kepulauan Samudera Hindia[sunting | sunting sumber]

Pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, pria Tionghoa di Mauritius menikahi wanita India.[1][2] Sens

sus 1921 di Mauritius menyatakan bahwa wanita India disana memiliki 148 anak dari pria Tionghoa.[3][4][5]

Asia[sunting | sunting sumber]

Asia Timur[sunting | sunting sumber]

Jepang[sunting | sunting sumber]

Pernikahan antar-etnis di Jepang telah berlangsung sejak abad ke-7, ketika imigran China dan Korea mulai melakukan menikah dengan penduduk lokal. Pada awal abad ke-9, sepertiga dari seluruh keluarga bangsawan di Jepang memiliki garis keturunan orang asing.[6] Pada 1590an, lebih dari 50,000 orang Korea secara paksa didatangkan ke Jepang, dimana mereka menikah dengan penduduk lokal. Pada abad ke-16 dan ke-17, sekitar 58,000 orang Jepang pergi ke luar negeri, beberapa diantaranya menikah dengan wanita lokal di Asia Tenggara.[7]

Para pedagang Portugis di Jepang juga menikah dengan wanita Kristen lokal pada abad ke-16 dan ke-17.[8]

Pada saat penganiayaan anti-Kristen pada 1596, beberapa Kristen Jepang kabur ke Makau dan koloni-koloni Portugis lainnya seperti Goa, dimana terdapat komunitas budak dan perdagang Jepang pada awal abad ke-17.[6] Budak-budak Jepang dibawa atau diserahkan oleh para pedagang Portugis dari Jepang.[9] Pernikahan antar-ras dengan penduduk lokal di koloni-koloni Portugis juga terjadi.[6] Hubungan pernikahan dan seksual antara pedagang Eropa dan wanita Jepang juga terjadi pada waktu itu.[10]

Eropa[sunting | sunting sumber]

Kekaisaran Ottoman[sunting | sunting sumber]

Pada abad ke-11, wilayah Bizantium Anatolia ditaklukan oleh Turki Seljuk, yang datang dari Turkestan di Asia Tengah. Keturunan Turki Ottoman mereka menganeksasi Balkan dan bagian selatan dari Eropa Tengah pada abad ke-15 dan ke-16. Karena hukum pernikahan Islam memperbolehkan laki-laki Muslim untuk menikahi perempuan Kristen dan Yahudi, pernikahan antar-ras menjadi hal yang umum di Kekaisaran Ottoman bagi laki-laki Turki untuk menikah dengan perempuan Eropa. Contohnya, berbagai sultan Dinasti Ottoman sering memiliki istri Yunani (Rûm), Slavik (Saqaliba), Venesia, Kaukasus Utara dan Prancis. Beberapa istri Eropa tersebut memiliki pengaruh yang besar di kekaisaran tersebut sebagai Valide Sultan ("Orangtua Sultan"); beberapa contoh yang paling terkenal meliputi Roxelana, seorang budak harem Slavik yang kemudian menjadi istri kesayangan Suleiman I, dan Aimée du Buc de Rivéry, istri dari Abdul Hamid I dan saudari dari Permaisuri Prancis Josephine. Karena pernikahan antar-ras yang umum terjadi di Kekaisaran Ottoman, mereka memiliki dampak yang signifikan pada penampilan orang Turki pada masa sekarang di Turki, yang berbeda dengan orang Turkic di Asia Tengah.[11]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Marina Carter, James Ng Foong Kwong (2009). Abacus and Mah Jong: Sino-Mauritian Settlement and Economic Consolidation. Volume 1 of European expansion and indigenous response, v. 1. BRILL. hlm. 199. ISBN 9004175725. Diakses tanggal 2014-05-17. 
  2. ^ Paul Younger Professor Emeritus of Religious Studies McMaster University (2009). New Homelands : Hindu Communities in Mauritius, Guyana, Trinidad, South Africa, Fiji, and East Africa: Hindu Communities in Mauritius, Guyana, Trinidad, South Africa, Fiji, and East Africa. Oxford University Press. hlm. 33. ISBN 0199741921. Diakses tanggal 2014-05-17. 
  3. ^ Huguette Ly-Tio-Fane Pineo, Edouard Lim Fat (2008). From alien to citizen: the integration of the Chinese in Mauritius. Éditions de l'océan Indien. hlm. 174. ISBN 9990305692. Diakses tanggal 2014-05-17. 
  4. ^ Huguette Ly Tio Fane-Pineo (1985). Chinese Diaspora in Western Indian Ocean. Ed. de l'océan indien. hlm. 287. ISBN 9990305692. Diakses tanggal 2014-05-17. 
  5. ^ "What Inter-Ethnic Marriage In Mauritius Tells Us About The Nature of Ethnicity": 16. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2012-10-22. Diakses tanggal 2014-05-17. 
  6. ^ a b c Leupp, Gary P. (2003). Interracial Intimacy in Japan. Continuum International Publishing Group. hlm. 52. ISBN 0-8264-6074-7. 
  7. ^ Leupp, Gary P. (2003). Interracial Intimacy in Japan. Continuum International Publishing Group. hlm. 52–3. ISBN 0-8264-6074-7. 
  8. ^ Leupp, Gary P. (2003). Interracial Intimacy in Japan. Continuum International Publishing Group. hlm. 53. ISBN 0-8264-6074-7. 
  9. ^ Leupp, Gary P. (2003). Interracial Intimacy in Japan. Continuum International Publishing Group. hlm. 49. ISBN 0-8264-6074-7. 
  10. ^ Michael S. Laver (2011). The Sakoku Edicts and the Politics of Tokugawa Hegemony. Cambria Press. hlm. 152. ISBN 1-60497-738-8. Diakses tanggal 2014-02-02. 
  11. ^ Donald Quataert (2000). The Ottoman Empire, 1700–1922. New York: Cambridge University Press. hlm. 2. ISBN 0-521-63328-1. 

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "4102.0" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "A-L, Volumes 1-2" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "ASSAPH" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Arab-Malays" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Baker" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Battle Colors: Race, Sex, and Colonial Soldiery in World War I" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Building Cultural Nationalism in Malaysia" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Chen" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "China archaeology and art digest, Volume 3, Issue 4" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Muslim Hui community" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Community matters in Xinjiang, 1880-1949: towards a historical anthropology of the Uyghur" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Counterflows to Colonialism: Indian Traveller and Settler in Britain 1600-1857" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Counterflows to Colonialism: Indian Traveller and Settler in Britain 1600-185710" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Counterflows" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "David Gresham" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Dem" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Diaspora" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Enloe" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Ethnic India: A Genomic View, With Special Reference to Peopling and Structure" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Experts" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Fisher-2007" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Gender and Class in Modern Europe" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Genetic affinities among the lower castes and tribal groups of India: inference from Y chromosome and mitochondrial DNA" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Go ahead, call me Chindian" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Grayson" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Growing Up" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "History of humanity" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "IS" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "India Acquired Language, Not Genes, From West, Study Says" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Intermarriage, Language, and Economic Assimilation Process: A Case Study of France" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Interracial Dating & Marriage" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Israeli" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Jackson" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Greets" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Kukai the universal: scenes from his life" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "La esclavitud en Huelva y Palos (1570-1587)" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Lay1973" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "McFadden, J. 2001" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Memoirs" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Music in the World of Islam" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Muslim Chinese" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Muslim Communities in Myanmar" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Muslim in Korea" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Natstats" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "NehruIndia" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Omissi" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Oranges & Peanuts for Sale" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Personal Perspectives: World War I" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Pre-modern East Asia" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Race, Sex, and War" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Reinventing" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Science and civilisation in China, Volume 4" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Smelly Old History: Vile Vikings" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "South Asian Muslims in Hong Kong: Creation of a 'Local Boy' Identity" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Streams of civilization" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "The Arabian Nights Encyclopedia" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "The Cambridge History of Southeast Asia" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "The Columbia Anthology of Traditional Chinese Literature" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Indo-Aryan" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Infidel37" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Infidel93" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Muslims of Burma" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Two or More" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Westerners" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "women's mosques" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "impact" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "The lascars' lot" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "White Women" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Working" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "according" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "aristocrats" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "asian-nation" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "avalanchepress" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "bbc" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "colorq" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "described" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "dnaindia" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "eastwestcenter" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "encyclopedia" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "generally" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "gmu" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "google" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "google2" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "google5" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "google6" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "highlow" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "hiraganatimes" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "historians" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "innertemple" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "innertemple14" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "innertemple15" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "intercultural" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "interracialcoup" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "jstor" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "kalaydjieva" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "kimhaekims" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "korea" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "mediterranean" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "mhlw" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "nationalgeographic1" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "naver" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "nytimes" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "osu" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "protectorates" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "regarded" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "relations" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "scientificamerican" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "transaction" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "uca" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "usatoday" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Thompson J, Collier M" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Multietnisitas