Permaisuri Wang (Gaozong)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Permaisuri Wang
王皇后
Permaisuri Dinasti Tang
Periode650 – 27 November 655
PendahuluPermaisuri Zhangsun
PenerusPermaisuri Wu
Informasi pribadi
KelahiranPerfektur Bing
Kematian655
Chang'an
AyahWang Renyou
IbuNyonya Liu, putri Liu Ze
PasanganKaisar Gaozong

Permaisuri Wang (王皇后, Wáng huánghòu) (meninggal sekitar 655[ket 1]) adalah seorang permaisuri dari Kaisar Dinasti Tang Tiongkok. Dia adalah permaisuri pertama dari Kaisar Gaozong dan menjadi permaisuri tak lama setelah dia menjadi kaisar pada 649. Walaupun begitu, dia tidak memiliki seorang putra dan Gaozong lebih menyukai salah satu selirnya, Selir Xiao, yang melahirkan seorang putra bagi kaisar. Karena mungkin hendak menggeser kedudukan Selir Xiao sebagai selir kesayangan kaisar, Permaisuri Wang menyarankan agar mengambil selir mendiang Kaisar Taizong, Selir Wu, sebagai selir Gaozong sendiri.

Segera, Selir Wu menjadi kesayangan kaisar, melahirkan beberapa anak, dan pengaruhnya menjadi dominan di istana, mengungguli baik Permaisuri Wang maupun Selir Xiao, menjadikan Permaisuri Wang bersekutu dengan Selir Xiao untuk melawan Selir Wu. Puncaknya, Selir Wu mendakwa permaisuri dan Selir Xiao melakukan sihir melawan kaisar. Wang digulingkan dari kedudukannya sebagai permaisuri dan, bersama Selir Xiao, diturunkan derajatnya ke kasta orang biasa dan ditahan pada tahun 655. Selir Wu kemudian diangkat menjadi permaisuri yang baru setelahnya. Tetapi lantaran Gaozong menunjukkan tanda-tanda belas kasihan kepada mereka berdua, Wu memerintahkan untuk menyiksa dan menghukum mati Wang dan Xiao.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Waktu kematian Permaisuri Wang dan Selir Xiao tidak disebutkan secara jelas dalam Kitab Tua Tang dan Sejarah Baru Dinasti Tang.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]