Permaisuri Mao (Ming)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Permaisuri Mao
毛皇后
Permaisuri Cao Wei
TenureNovember atau Desember 227 – 22 September 237
PendahuluPermaisuri Guo Nüwang
PenerusPermaisuri Guo
Informasi pribadi
KelahiranTidak diketahui
Kematian22 September 237[a]
Nama anumerta
Permaisuri Mingdao (明悼皇后)
AyahMao Jia (毛嘉)
PasanganCao Rui
AnakCao Yin (曹殷)

Permaisuri Mao (†22 September 237),[a] nama pribadinya tidak diketahui, secara resmi dikenal sebagai Ratu Mingdao, merupakan seorang permaisuri dari negara Cao Wei selama periode Tiga Kerajaan, Tiongkok. Dia menikah dengan Cao Rui, kaisar kedua Wei.

Permaisuri Mao menjadi selir Cao Rui selama pemerintahan ayahandanya, Cao Pi. Cao Rui adalah Pangeran Pingyuan pada saat itu. Dia bukan istri atau putrinya – status itu milik istri pertama Cao Rui yang bernama Lady Yu. Namun dia merupakan salah satu dari selir favorit Cao Rui.

Ketika Cao Rui menjadi kaisar pada tahun 226 menyusul kematian ayahandanya, diperkirakan banyak bahwa Lady Yu, sebagai istrinya, akan diciptakan permaisuri. Namun, Cao Rui menciptakan Mao permaisuri bukan pada tahun 227. Meskipun keluarganya adalah kelahiran rendah, ayahandanya Mao Jia (毛 嘉), merupakan seorang tukang kayu, dan saudaranya yang bernama Mao Zeng (毛 曾) diberi posisi kehormatan, dan Mao Jia diciptakan sebagai seorang markis. Ketika Cao Rui sadar bahwa keluarga aristokrat memandang rendah ayah mertuanya, dia mempromosikan Mao Jia lebih banyak dan memerintahkan semua pejabat penting untuk menghadiri pesta di kediaman Mao.

Namun, ketika tahun demi tahun berlalu, Permaisuri Mao mulai kehilangan dukungan Cao Rui. Pada tahun 237, Permaisuri Guo menggantikannya sebagai favorit Cao Rui. Suatu ketika, pada saat Cao Rui menghadiri pesta yang diselenggarakan oleh Permaisuri Guo, Permaisuri Guo meminta agar Permaisuri Mao diundang untuk ikut serta juga, tetapi Cao Rui menolak dan memerintahkan lebih lanjut bahwa tidak ada berita tentang pesta yang akan diberikan kepada Permaisuri Mao. Namun, berita itu bocor ke telinganya, dan permaisuri Mao membicarakan tentang pesta itu dengannya. Dia menjadi sangat marah, dan membunuh sejumlah pelayannya yang dia curigai membocorkan berita itu kepada Permaisuri Mao, dan, secara misterius, memerintahkan Permaisuri Mao untuk bunuh diri pada tanggal 22 September 237, meskipun dia dimakamkan pada tanggal 25 Oktober 237 dengan kehormatan layaknya seorang permaisuri, dan keluarganya tetap dihormati.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Cao Rui's biography in the Sanguozhi recorded that Empress Mao died on the gengchen day of the 9th month of the 1st year of the Jingchu era of Cao Rui's reign.[1] This date corresponds to 22 September 237 in the Gregorian calendar.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ ([景初元年九月]庚辰,皇后毛氏卒。) Sanguozhi vol. 3.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Keluarga Aisin Gioro
Didahului oleh:
Guo Nüwang
Permaisuri Cao Wei
227–237
Diteruskan oleh:
Permaisuri Guo