Permaisuri Hulü

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Permaisuri Hulü (斛律皇后, nama pribadi tidak diketahui) merupakan seorang permaisuri dari Dinasti Qi Utara, Tiongkok. Ia adalah permaisuri pertama Gao Wei dan juga merupakan putri Jenderal Hulü Guang.

Ia berasal dari keluarga militer yang paling penting di Qi Utara, karena kakeknya Hulü Jin (斛律金) merupakan salah satu jenderal yang melayani leluhur dinasti Gao Huan dan terus bekerja pada masa tuanya melayani kaisar-kaisar pewaris Kaisar Wenxuan, Kaisar Fei, Kaisar Xiaozhao, dan ayah Gao Wei Kaisar Wucheng. Ayahnya Hulü Guang lebih dihormati atas bakat militernya daripada kakeknya, dan pamannya Hulü Xian (斛律羨) dan saudaranya Hulü Wudu (斛律武都) juga bekerja sebagai jenderal-jenderal utama.

Ia menikah dengan Gao Wei ketika ia masih menjadi putra mahkota selama masa pemerintahan Kaisar Wucheng -- sebelum Kaisar Wucheng menyerahkan tahta kepadanya pada tahun 565 ketika ia hanya berusia 8 tahun. (Usianya pada saat itu tidak diketahui, mungkin ia sebaya dengan Gao Wei.) Ia menyandang gelar Puteri Mahkota sebelumnya, dan pada tahun 565 Kaisar Wucheng, dan menyerahkan tahta kepada Gao Wei, menjadikannya sebagai permaisuri. Ia tidak disukai oleh Gao Wei dan ia tidak memiliki anak laki-laki, meskipun ia memiliki seorang putri pada musim semi tahun 572 dan Gao Wei, berupaya untuk menyenangkan Hulü Guang, sengaja mengatakan bahwa anak itu adalah seorang putra dan meminta ampun pada jenderal, tetapi kemudian dipaksa untuk membongkarnya bahwa bayi itu adalah seorang anak perempuan. (selir Gao Wei) Selir Mu Sheli melahirkan putra sulungnya Gao Heng pada tahun 570, dan karena ibu angkat Selir Mu Lu Lingxuan berencana untuk mengangkat Gao Heng sebagai putra mahkota namun takut Permaisuri Hulü akan menentangnya, ia memberikan Gao Heng kepada Permaisuri Hulü untuk dibesarkan.)

Kemudian pada tahun 572, pejabat Zu Ting memfitnah Hulü Guang merencanakan suatu pemberontakan, dan Gao Wei mengeksekusi Hulü Guang, bersama dengan seluruh klannya kecuali putra bungsunya Hulü Zhong (斛律鍾). Permaisuri Hulü tidak dibunuh, tetapi ia digulingkan dan ditempatkan di istana tambahan. Ketika saingan Zhou Utara melancarkan serangan utama pada tahun 577 dan mengancam ibu kota Yecheng pada musim semi tahun 578, ia bersama dengan permaisuri lain yang digulingkan Permaisuri Hu, dipanggil ke istana, barangkali untuk perlindungannya. Yecheng jatuh beberapa hari kemudian, dan Gao Wei ditangkap di dalam perkelahian. Zhou utara mengambil alih wilayah Qi Utara.

Setelah Qi Utara jatuh, mantan Permaisuri Hulü menikah dengan pejabat Zhou Utara Ren (元仁). Tidak diketahui lebih lanjut mengenai dirinya, termasuk tahun kematiannya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Keluarga Aisin Gioro
Didahului oleh:
Permaisuri Hu (Wucheng)
Permaisuri Qi Utara
565-572
Diteruskan oleh:
Permaisuri Hu (Gao Wei)