Permaisuri Dugu (Ming)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Permaisuri Dugu (獨孤皇后, nama pribadi tidak diketahui) (wafat tahun 558), resminya Permaisuri Mingjing (明敬皇后), merupakan seorang permaisuri Cina/Xianbei Dinasti Zhou Utara (meskipun selama pemerintahan suaminya Kaisar Ming (Yuwen Yu), gelar sebenarnya adalah "puteri" karena ia terbiasa dengan gelar alternatif "Pangeran Langit" (Tian Wang), meskipun ia secara anumerta diberikan gelar permaisuri pada tahun 559 setelah ia mulai menggunakan gelar kerajaan).

Ia merupakan putri sulung Dugu Xin (獨孤信), jenderal utama dibawah Yuwen Tai, ayah Yuwen Yu dan jenderal penting Wei Barat. Tidak diketahui apabila ia menikah dengan Yuwen Yu dan menjadi istrinya, meskipun teks sejarah menyatakan bahwa setelah ia menjadi adipati Ningdu pada tahun 548. Pada tahun 557, setelah kematian Yuwen Tai, sepupunya Yuwen Hu, pengawal adiknya dan pewaris Yuwen Tai Yuwen Jue memaksa Kaisar Gong dari Wei Barat melindungi tahta untuk Yuwen Jue (Kaisar Xiaomin), mengakhiri Wei Barat dan memulai Zhou Utara. Sebulan kemudian, ayah istri adipati Dugu Dugu Xin, kemudian Adipati Wei, terlibat di dalam suatu rencana untuk membunuh Yuwen Hu dengan pejabat ranking tinggi, Zhao Gui (趙貴) Adipati Chu, meskipun ia mencoba untuk menghentikan Zhao. Zhao dieksekusi, dan Dugu Xin dipecat dari jabatannya dan akhirnya dipaksa untuk bunuh diri.

Kemudian pada tahun 557, Kaisar Xiaomin sendiri berkomplot melawan Yuwen Hu, dan ketika Yuwen Hu memergoki rencana tersebut, ia menggulingkan dan membunuh Kaisar Xiaomin dan mengumumkan Yuwen Yu sebagai Pangeran Langit. Pada musim semi tahun 558, Kaisar Ming menjadikan istri adipati Dugu seorang puteri. Tiga bulan kemudian, ia meninggal dunia. (Sejarawan Bo Yang, karena ayahnya meninggal di tangan Yuwen Hu, mencurigai bahwa ia telah dibunuh oleh Yuwen Hu, namun tidak memiliki bukti yang kuat.) Ia dimakamkan dengan upacara pemakaman seorang permaisuri, dan ketika Kaisar Ming sendiri meninggal pada tahun 560, ia dimakamkan bersamanya.

Keluarga Aisin Gioro
Didahului oleh:
Permaisuri Yuan Humo
Permaisuri Zhou Utara
558
Diteruskan oleh:
Permaisuri Ashina