Perkawinan sejenis di Meksiko

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Status hukum persatuan sejenis
Perkawinan
Dilakukan
Diakui

  1. Tidak dilakukan di Aruba, Curaçao, dan Sint Maarten
  2. Tidak dilakukan dan diakui di Niue, Tokelau, dan Kepulauan Cook
  3. Tidak dilakukan dan diakui di Irlandia Utara, dependensi Sark dan enam dari 14 wilayah seberang laut
  4. Tidak dilakukan dan diakui di Samoa Amerika dan banyak yurisdiksi kesukuan dengan pengecualian pengakuan federal
  5. Ketika dilakukan di negara bagian Meksiko yang telah mengesahkan perkawinan sejenis
  6. Ketika dilakukan di Belanda utama
  7. Apabila dilakukan sebelum 1 Juni 2018
  8. Rencana pendaftaran terbuka di semua yurisdiksi kecuali Hualien, Penghu, Taitung dan Yunlin

* Belum berlaku

LGBT portal
  Perkawinan sejenis
  Diakui ketika dilakukan di beberapa yurisdiksi lain
  Pengadilan mengesahkan perkawinan tetapi hukumnya masih belum berlaku
  Persatuan sipil rumah tangga

Di Meksiko, hanya perkawinan sipil yang diakui hukum, dan segala prosesnya berada di bawah aturan negara bagian.[1] Perkawinan sejenis di Meksiko dapat dilakukan tanpa batasan di Kota Meksiko dan negara bagian Baja California, Campeche, Chiapas, Chihuahua, Coahuila, Colima, Jalisco, Michoacán, Morelos, Nayarit, Puebla, dan Quintana Roo serta juga di beberapa munisipalitas seperti Querétaro. Undang-undang yang mengubah aturan mengenai perkawinan sejenis saat ini diajukan hampir di semua negara bagian. Sebagai tambahan, pengadilan di semua negara bagian, harus menyetujui akta perkawinan bagi pasangan sejenis ketika mereka meminta demikian; perkawinan sejenis perorangan terjadi di semua negara bagian.

Persatuan sipil sejenis dapat dilakukan secara sah di Kota Meksiko dan negara bagian Campeche,[2] Coahuila, Jalisco,[3] Michoacán,[4] dan Tlaxcala. Dari 2013 hingga 2016, hal ini juga dilakukan di Colima, tetapi kemudian digantikan dengan perkawinan sejenis.[5]

Sejak Agustus 2010, perkawinan sejenis yang dilakukan di dalam Meksiko diakui di 31 negara bagian tanpa terkecuali, dan hak dasar (harta gono-gini, hak waris, dan perlindungan pasangan oleh sistem kesejahteraan sosial federal) diberikan juga bagi pasangan sejenis di negara tersebut.[6]

Pada Juni 2015, Mahkamah Agung Meksiko memutus bahwa larangan perkawinan sejenis tidaklah konstitusional. Putusan pengadilan ini dianggap sebagai sebuah "tesis yurisprudensial" dan tidak membatalkan undang-undang negara bagian manapun, tetapi membakukan tata cara bagi hakim dan pengadilan di seluruh Meksiko untuk menyetujui pengajuan perkawinan sejenis.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Government of Canada (29 April 2008). "Marriage and Divorce in Mexico". Diakses tanggal 15 December 2009. 
  2. ^ "Legalizan bodas gays en Campeche". SDP Noticias. 23 December 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 February 2014. Diakses tanggal 5 April 2014. 
  3. ^ "Jalisco, cuna de charros y tequila, da primer paso hacia el matrimonio gay" (dalam bahasa Spanish). CNN México. 1 November 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 November 2013. Diakses tanggal 2 November 2013. 
  4. ^ (Spanyol) Aprueban Código Familiar en Michoacán; no incluye matrimonios gay
  5. ^ "Congreso de Colima aprueba matrimonios igualitarios". El Universal (dalam bahasa Spanish). Notimex. 25 May 2016. Diakses tanggal 29 March 2017. 
  6. ^ Agren, David (10 August 2010). "Mexican States Ordered to Honor Gay Marriages". New York Times. Diakses tanggal 30 July 2013. 

Templat:LGBT di Meksiko