Perjanjian Zadar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Perjanjian Zadar
Ditandatangani18 Februari 1358
Penandatangan

Perjanjian Zadar adalah sebuah perjanjian yang disepakati pada 18 Februari 1358 oleh Republik Venesia dan Kerajaan Hongaria.

Menurut perjanjian ini, Republik Venesia kehilangan kendali atas wilayah Dalmasia. Venesia harus menyerahkan semua wilayahnya di Dalmasia kepada Raja Hongaria dari Teluk Kvarner hingga Teluk Kotor, termasuk di antaranya wilayah Dubrovnik dan Zadar.Namun, Venesia masih boleh menguasai wilayah pesisir Istria dan kawasan Treviso. Mereka juga dipaksa menghapuskan penyebutan nama Dalmasia dalam gelar Doge Venesia. Namun, dominasi laut oleh Venesia tetap dapat dipertahankan karena Raja Lajos I dari Hongaria bersedia untuk tidak membangun armada.

Perjanjian ini mengakhiri permusuhan di antara Raja Lajos I dari Hongaria/Kroasia dengan Republik Venesia. Sebelumnya mereka saling memperebutkan wilayah di sepanjang pesisir Laut Adriatik timur di wilayah Kroasia modern.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Ayton, Andrew (2005), The Realm of St. Stephen. A History of Medieval Hungary, 895 – 1526, hlm. 162-163, London: Tauris, ISBN 1-85043-977-X