Perjanjian Perihal Pembentukan Uni Republik Sosialis Soviet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Perjanjian Perihal Pembentukan Uni Republik Sosialis Soviet
bahasa Rusia: Договор об образовании СССР
bahasa Ukraina: Договір про утворення СРСР
{{{image_alt}}}
JenisPerjanjian penyatuan
Ditandatangani30 Desember 1922
LokasiMoskwa, RSFS Rusia
Kedaluwarsa26 Desember 1991
Dibubarkan selama sesi terakhir Majelis Agung Uni Soviet
Penandatangan
  1. ALIH Templat:Country data Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia
    Flag of the Ukrainian Soviet Socialist Republic (1919-1929).svg RSS Ukraina
    Flag of the Byelorussian Soviet Socialist Republic (1919-1927).svg RSS Belarusia
    Templat:Country data Republik Sosialis Federasi Soviet Transkaukasia

Perjanjian Perihal Pembentukan Uni Republik Sosialis Soviet secara resmi mendirikan Uni Republik Sosialis Soviet yang umumnya dikenal dengan sebutan Uni Soviet. Perjanjian ini secara de jure meresmikan penyatuan beberapa republik Soviet yang sudah ada dari tahun 1919 dan mendirikan pemerintahan federal yang tersentralisasi di Moskwa, dengan Kongres Soviet dan Komite Eksekutif Sentral Uni Soviet sebagai badan legislatif dan Dewan Komisar Rakyat sebagai eksekutif.

Perjanjian ini disepakati bersamaan dengan Deklarasi Pendirian Uni Soviet oleh sejumlah delegasi dari RSFS Rusia, RSFS Transkaukasia, RSS Ukraina dan RSS Belarusia pada tanggal 29 Desember 1922. Kemudian, pada tanggal 30 Desember 1922, perjanjian dan deklarasi tersebut disetujui oleh Kongres Soviet pertama dan ditandatangani oleh para kepala delegasi dari republik-republik tersebut,[1] yaitu Mikhail Kalinin, Mikhail Tskhakaya, Mikhail Frunze dan Grigory Petrovsky, serta Aleksandr Chervyakov.[2] Perjanjian ini memungkinkan penerimaan anggota baru, sehingga pada tahun 1940 republik yang menjadi anggota Uni Soviet bertambah dari empat menjadi lima belas.

Pada tanggal 8 Desember 1991, Presiden Rusia, Ukraina, dan Belarusia menandatangani Persetujuan Belavezha yang menyatakan pembubaran Uni Soviet oleh negara-negara pendirinya. Pada tanggal 10 Desember, perjanjian tersebut diratifikasi oleh parlemen Ukraina dan Belarusia, dan kemudian pada tanggal 12 Desember oleh parlemen Rusia. Akhirnya, pada tanggal 26 Desember 1991, Uni Soviet secara resmi dibubarkan oleh Majelis Agung Uni Soviet.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]