Perjanjian Novgorod (1326)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Peta Finnmark (1660) yang dibuat oleh Belanda, menunjukkan perbatasan utara Norwegia, Swedia dan Rusia.

Perjanjian Novgorod yang ditandatangani pada tanggal 3 Juni 1326 di Novgorod adalah perjanjian yang mengakhiri bentrok di perbatasan Norwegia dengan Republik Novgorod yang sebelumnya telah terjadi selama beberapa dasawarsa. Bentrok ini terjadi di wilayah di ujung utara yang disebut "Finnmark". Menurut perjanjian ini, kedua belah pihak akan melakukan gencatan senjata selama 40 tahun. Perjanjian ini tidak menetapkan perbatasan, tetapi menentukan suku Sami mana yang akan membayar upeti kepada Norwegia dan suku mana yang akan membayar upeti kepada Novgorod, sehingga mendirikan semacam "zona penyangga" di antara kedua negara. Perjanjian ini masih berlaku hingga abad ke-19 dan tidak pernah dicabut oleh Norwegia atau Rusia. Pada akhirnya suku Sami menjadi korban perjanjian ini karena dipaksa membayar upeti kepada negara-negara di sekitar wilayah mereka, termasuk kepada kelompok Birkarl dari wilayah Finlandia yang sebelumnya masih dikuasai oleh Swedia.[1]

Beberapa tahun sebelum perjanjian ini ditandatangani, Republik Novgorod telah menandatangani Perjanjian Nöteborg dengan Swedia pada tahun 1323 yang mengakhiri konflik di antara kedua negara.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ For Latin and Russian texts of the treaty, see S. N. Valk, ed., Gramoty Velikogo Novgoroda i Pskova (Moscow and Leningrad: AN SSSR, 1949), hlm. 69-79.