Perjanjian Baden (1714)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Perjanjian Baden
Utusan Kongres Perdamaian Baden pada 7 September 1714
KonteksAkhir Perang Pewaris Spanyol
Ditandatangani7 September 1714 (1714-09-07)
LokasiKonfederasi Swiss Lama Baden, Konfederasi Swiss
Perunding
Pihak
BahasaPrancis

Perjanjian Baden adalah perjanjian yang mengakhiri konflik antara Kerajaan Prancis dan Kekaisaran Romawi Suci yang berlangsung sejak permulaan Perang Pewaris Spanyol.[2] Perjanjian ini ditandatangani pada tanggal 7 September 1714 di Baden, Swiss, dan melengkapi Perjanjian Utrecht dan Rastatt. Sebelumnya, dalam Perjanjian Rastatt, Kaisar Karl VI menerima Perjanjian Utrecht sebagai perwakilan Monarki Habsburg, sementara Perjanjian Utrecht mengakhiri perang antara Prancis-Spanyol dan Britania-Belanda.

Perjanjian ini mengizinkan Prancis mempertahankan wilayah Alsace dan Landau, tetapi mereka harus mengembalikan wilayah di tepi timur Sungai Rhein (Breisgau) kepada Austria. Sementara itu, Pangeran Elektor Bayern dan Köln kembali berkuasa di wilayah mereka. Kaisar Karl VI juga boleh tetap memegang gelar Raja Spanyol, walaupun hal ini sebenarnya tidak berarti apa-apa karena kekuasaan yang sesungguhnya berada di tangan Felipe V dari Spanyol.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f "Friedensschlüsse von Rastatt und Baden im Aargau, 1714 März 6/September 7" [Peace treaties of Rastatt and Baden, 6 March and 7 September 1714]. Kult.Doku (dalam bahasa Jerman). University of Klagenfurt. 
  2. ^  Coolidge, W. A. B. (1911). "Baden". Dalam Chisholm, Hugh. Encyclopædia Britannica. 3 (edisi ke-11). Cambridge University Press. hlm. 184. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]