Perintah No. 270

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Perintah No. 270, yang dikeluarkan pada 16 Agustus 1941, oleh Joseph Stalin saat invasi blok Poros ke Uni Soviet, memerintahkan personil Tentara Merah untuk "bertarung sampai akhir", secara virtual melarang para komandan untuk menyerah, dan menghimpun hukuman bagi para pembangkang dan perwira senior yang dianggap menyepelekan tugas-tugas mereka. Perintah 270 banyak dianggap sebagai dasar lanjutan, seringkali kebijakan Soviet kontroversial terkait tahanan perang.

Ikhtisar[sunting | sunting sumber]

Pada masa sebelum perang, efisiensi dan moral staf komando Tentara Merah menurun akibat pembersihan Stalin. Pad Agustus 1941, pasukan Blok Poros meraih kesuksesan besar dalam laju mereka ke teritorial Soviet. Strategi blitzkrieg sukses mereka melumpuhkan sistem pertahanan Soviet, berujung pada pengepungan sejumlah unit Soviet, termasuk seluruh angkatan darat.

Stalin mengeluarkan perintah dalam kapasitasnya sebagai Komisar Pertahanan Rakyat.[1] Perintah tersebut utamanya ditujukan untuk makin meningkatkan keefektifan dan moral para perwira.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Roberts, Geoffrey. Stalin's Wars: From World War to Cold War, 1939–1953. New Haven, CT/London: Yale University Press, 2006 (hardcover, ISBN 0-300-11204-1), page 98