Perhimpunan Pelajar Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI)
Koordinator
Choirul Anam
Organ utama
Dewan Presidium
Situs webppi.id

Perhimpunan Pelajar Indonesia, juga disebut Persatuan Pelajar Indonesia (PPI), adalah organisasi yang beranggotakan para pelajar dari Indonesia yang sedang belajar di luar negara Indonesia. Anggota PPI adalah para pelajar warganegara Indonesia yang sedang menuntut ilmu dalam berbagai strata pendidikan/universitas (S1, S2, S3, Post Doktoral) di negara yang bersangkutan. Daftar berikut merupakan cabang-cabang PPI di seluruh dunia, diurutkan menurut nama negara yang bersangkutan.

Sejarah

Perhimpunan Pelajar Indonesia se-Dunia (PPI Dunia) didirikan di Konferensi International Pelajar Indonesia (KIPI) yang diadakan di kampus Universitas New South Wales (UNSW), Sydney, Australia pada tanggal 9 September 2007. Saat itu belum ada koordinator secara perorangan, namun acara ini menjadi cikal bakal PPI Dunia.[1]

Embrio utamanya adalah acara yang diselenggarakan oleh Pengurus Pusat Persatuan Pelajar Indonesia Australia (PPIA) periode 2006-2008 yang mengangkat tema “Membangun Daya Saing Bangsa: Pulang atau Mengabdi dari Jauh”. Dibuka oleh Menpora Adiyaksa Dault dan ditutup oleh Menteri Lingkungan Hidup, Rachmat Witoelar.

Dalam pertemuan ini 13 makalah riset mahasiswa yang terkait dengan tema utama konferensi dipresentasikan dan diskusikan untuk melihat bagaimana dan sejauh apa fenomena brain drain diaspora berdampak terhadap pertumbuhan dan pembangunan ekonomi negara serta bagaimana merumuskan paham nasionalisme baru yang lebih relevan dan kontekstual dengan kondisi kekinian. Sehingga dibentuklah jaringan global komunitas Indonesia di luar negeri, PPI Dunia yang saat pendeklarasian dilakukan oleh tujuh PPI Negara (Australia, India, Malaysia, Italia, Mesir, Belanda dan Jepang).

Organisasi yang diinisiasi sejak 2007, baru dapat dikatakan terbentuk keorganisasiannya pada tahun 2010, kala pelaksanaan Simposium Internasional PPI Dunia dilaksanakan di KBRI London pada tanggal 24 Oktober 2010. Sebanyak 6 orang pimpinan siding kala itu (Victoria Sabon-Permira, Andrew Sutedja-PPI UK, Wikan Danar Sunindyo-PPI Belgia, Febry H.J. Dien-PPI Australia, Ananda Setya Ivananto-PPI Jepang dan Dadan Maulia Darmawan-PPI Timur Tengah) sepakat menandatangani Deklarasi Aliansi Pelajar Indonesia se-Dunia atas nama seluruh peserta yang hadir.

Setelah itu, Simposium PPI Dunia diadakan di Malaysia pada Februari 2012. Saat itu disepakati untuk pembagian wilayah per kawasan yaitu Asia-Oceania, Amerika-Eropa, dan Timur tengah-Afrika. Latar belakang pembagian wilayah tersebut diantaranya adalah banyaknya PPI Negara yg memiliki keterbatasan untuk hadir di simposium maka dengan ada koordinator kawasan bisa membawa aspirasi PPI Negara yang berhalangan hadir, sinergi PPI sekawasan dalam kegiatan dan gerakkan karena daerah yang berdekatan, culture pendidikan yang berbeda antar kawasan, membantu kawan-kawan PPI yang tidak ada PPI negara atau yang belum terbentuk untuk dibentuk ke level Negara, dan meningkatkan daya tawar dan peran PPI Negara se-kawasan.

PPI Kawasan

PPI Kawasan dibentuk untuk sebagai perwakilan dari PPI Negara yang seringnya tidak bisa hadir ketika diadakan Simposium Internasional. Pembentukan dan pembagian dalam 3 PPI Kawasan diadakan pada Simposium PPI Dunia di Kuala Lumpur februari 2012. [2]

PPI Kawasan Amerika dan Eropa

PPI Kawasan Amerika Eropa terdiri 27 PPI Negara dan merupakan PPI Kawasan dengan jumlah mahasiswa terbesar, yaitu sekitar 15.000 mahasiswa. Terbanyak berada di PPI Jerman sebanyak kurang lebih 15.000 orang, dan jumlah mahasiswa terdikit yang terdaftar berasal dari PPI Islandia berjumlah 2 orang.

PPI Kawasan Amerika Eropa bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelajar Indonesia di Amerika dan Eropa, PPI Kawasan membuat berbagai program kerja yang menarik dan bermanfaat. Memiliki visi Kasmaran yang merupakan singkatan dari Kekeluargaan dan Semakin Berperan, PPI Kawasan ini sangat menjunjung tinggi sifat kekeluargaan di dalam setiap kegiatannya. Sebagai wadah tempat berkumpulnya PPI Negara yang berada di Kawasan Amerika dan Eropa, PPI Amerop berdiri agar terwujud sebuah integrasi dan kesinambungan antara PPI-PPI Negara tersebut. [3]

PPI Negara/ Kota di Regional Eropa dan Amerika:

  1. PPI Amerika Serikat
  2. PPI Austria
  3. PPI Azerbaijan
  4. PPI Belanda
  5. PPI Belgia
  6. PPI Ceko
  7. PPI Denmark
  8. PPI Estonia
  9. PPI Finlandia
  10. PPI Hongaria
  11. PPI Italia
  12. PPI Irlandia
  13. PPI Islandia
  14. PPI Jerman
  15. Permika (Kanada)
  16. PPI Kuba
  17. PPI Norway
  18. PPI Portugal
  19. PPI Polandia
  20. PPI Prancis
  21. Permira (Rusia)
  22. PPI Spanyol
  23. PPI Swedia
  24. PPI Swiss
  25. KERIS (Serbia)
  26. PPI Turki
  27. PPI UK (Inggris)

PPI Kawasan Asia dan Oseania

Perhimpunan Pelajar Indonesia di kawasan Asia-Oseania disebut juga PPIDK Asia-Oseania terdiri dari 14 PPI Negara dari Tiongkok sampai Islandia.

Kepengurusan 2020/21 kali ini memiliki motto ASIK yang merupakan kependekan dari Aspirasi, Sinergi dan Kontribusi. Program kerja periode ini berfokus untuk membangun koordinasi yang solid, progresif, dan profesional untuk mengembangkan kapasitas SDM serta peningkatan produktivitas organisasi, juga memperkuat sinergi antara PPI Negara, Mitra PPI, Alumni, dan Pemerintah. [4] [5]

PPI Negara di Kawasan Asia & Oseania:

  1. PPI Australia
  2. PPI Brunei Darussalam
  3. PPI Tiongkok (RRC)
  4. PPI Filipina
  5. PPI India
  6. PPI Jepang
  7. PERPIKA (Korea Selatan)
  8. PPI Malaysia
  9. PPI Selandia Baru
  10. PPI Singapura
  11. PPI Taiwan
  12. PERMITHA
  13. PPI Sri Lanka

PPI Kawasan Timur Tengah dan Afrika

Perhimpunan Pelajar Indonesia kawasan Timur Tengah dan Afrika atau PPIDK Timtengka mencakup 17 negara di kawasan Timur Tengah dengan mayoritas pelajar Indonesia berada di negara Mesir. [6]

PPI Negara di Regional Timur Tengah & Afrika:

  1. PPMI Mesir
  2. HPMI Yordania
  3. PPI Lebanon
  4. KKMI Libya
  5. IPI Iran
  6. PPI Maroko
  7. PPMI Arab Saudi
  8. PPMI Pakistan
  9. PPI Sudan
  10. PPI Syria
  11. PPI Tunisia
  12. PPI Yaman
  13. PPI Uni Emirat Arab
  14. PPI Afrika Selatan
  15. PPI Aljazair
  16. PPI Kuwait
  17. PPI Qatar

Perhimpunan Pelajar Indonesia di berbagai negara

Amerika Serikat

PPI di Amerika Serikat disebut dengan Permias[7], sebagaimana yang tersebut dalam pendirian organisasi Permias pertama di Washington D.C. pada tanggal 24 Desember 1961. Secara organisasi, Permias memiliki perbedaan dengan PPI, namun secara jiwani, kedua-duanya sama-sama berdiri untuk menaungi mahasiswa-mahasiswi Indonesia yang bersekolah di luar Indonesia.

Permias Indonesia dibagi berdasarkan negara bagian, namun tidak sedikit pula yang memiliki lebih dari satu Permias di satu negara bagian jikalau negara bagian tersebut luas atau memiliki lebih dari satu perguruan tinggi populer, dan jaraknya tidak berdekatan sehingga tidak memungkinkan bagi pelajar-pelajar yang tinggal berjauhan tersebut untuk diwadahi dalam satu Permias.

Selain Permias, di universitas-universitas di AS juga dikenal organisasi kemuridan yang disebut ISA (Indonesian Student Association) yang hampir sama dengan PPI atau Ikatan Mahasiswa Indonesia lainnya. Biasanya sebuah ISA hanya menaungi sebuah universitas atau perguruan tinggi, sedangkan Permias lebih luas cakupannya dengan menaungi beberapa sekolahan sekaligus, baik itu perguruan tinggi maupun sekolah pra-universitas (college).

Situs-situs web Permias (maupun PPI pada umumnya) memiliki ciri-ciri umum sebagai berikut:

  • dibuat oleh mahasiswa-mahasiswi anggota Permias sendiri,
  • dibuat dengan dana yang tidak begitu besar,
  • dibuat untuk keperluan internal anggotanya, dan
  • bergantung kepada beberapa individu pemrogram situs tersebut,

sehingga tampilan situs-situs mereka bisa dibilang sesuai dengan kemampuan masing-masing, dan jikalau pemrogram atau pengurus situs tersebut telah lulus dan penggantinya tidak ditemukan, maka situs tersebut biasanya akan terdegenerasi dan menghilang dari internet, seperti yang dialami situs Permias Washington D.C.[8]

Di antara banyak situs-situs Permias yang saat ini masih 'hidup', sebagian besar dapat ditemukan di situs yang dikelolah oleh Organisasi Mahasiswa Indonesia di Urbana-Champaign, Illinois berikut[9].

Australia

Bertempat di kota Canberra, Australian Capital Terriroty (ACT), tanggal 8 Maret 1981, para pelajar Indonesia di Australia mendeklarasikan berdirinya organisasi pelajar Indonesia, yang bernama Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Australia[10], dengan berasaskan pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Struktur organisasi PPI Australia terdiri dari 3 tingkatan, yakni PPI Australia Pusat, PPI Australia Cabang yang melingkup negara bagian, dan PPI Australia Ranting yang berada di setiap lembaga pendidikan di Australia, baik universitas, institut, maupun TAFE. Di tingkat pusat, pucuk pimpinan disebut dengan Sekretaris Jenderal, namun dalam Kongres XIV 2007 telah diubah menjadi ketua umum. Sedangkan di tingkat Cabang, dikomandoi oleh ketua cabang, dan di tingkat ranting, dipimpin oleh ketua ranting. Sementara itu, Kongres menjadi forum tertinggi pengambilan keputusan organisasi. Namun pada perubahan AD/ART yang dilakukan pada Kongres XIV dimungkinkan terjadinya Kongres Luar Biasa apabila persyaratan sebagaimana yang digariskan oleh AD/ART telah terpenuhi.

Di negara Australia terdapat 8 cabang PPI:[11]

  • PPI Australian Capital Territory
  • PPI New south Wales
  • PPI Queensland
  • PPI South Australia
  • PPI Tasmania
  • PPI Victoria
  • PPI Western Australia
  • PPI Northern Territory

Selain itu terdapat juga PPI Australia Ranting disetiap PPI Cabang di Australia yang beberapa diantaranya terdiri dari:[11]

  • PPI Australia - Australian National University[12]
  • PPI Australia - University of Sydney[13]
  • PPI Australia - University of Melbourne[14]
  • PPI Australia - University of Queensland[15]

Austria

PPI Austria adalah singkatan dari Perhimpunan Pelajar Indonesia di Austria yang diterjemahkan ke dalam bahasa Jerman adalah Indonesicher StudentInnenverein in Österreich. Dalam sejarahnya, PPI Austria dimulai dengan program pengiriman karyasiswa Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia ke beberapa Negara di eropa termasuk salah satunya ke Austria dan pemberian beasiswa oleh pemerintah Austria kepada mahasiswa Indonesia. Para penerima beasiswa ini kemudian melakukan pertemuan rutin dan membentuk komunitas pelajar di Austria. Selain itu, keberadaan mahasiswa-mahasiswa Indonesia ini bersama para pelajar dan pemuda dari putra-putri staf KBRI/PTRI Austria menjadi embrio keberadaan perhimpunan bagi pemuda dan pelajar Indonesia yang berada di Austria.

Perhimpunan Pelajar Indonesia di Austria telah terbentuk sejak 6 April 1968. Perhimpunan ini memiliki misi awal untuk mengakomodir kegiatan akademis dan non akademis mahasiswa Indonesia yang sedang studi di Austria. Pada 20 Oktober 1991, Perhimpunan Pelajar Indonesia di Austria atau PPI Austria memasuki babak baru dengan disyahkannya Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) PPI Austria oleh ketua Musyawarah Anggota periode itu, Bapak Poegoeh Tjatur Hariagoeng, seorang mahasiswa Teknik Mesin di Technical University of Vienna.

Dalam keorganisasian, Musyawarah Anggota PPI Austria telah melakukan amendemen pertama AD/ART PPI Austria pada tahun 2009 yang mengubah masa jabatan kepengurusan ketua fungsionaris, ketua Musyawarah Anggota, dan batas umur keanggotaan di PPI Austria. Selain itu, Musyawarah Anggota kembali melakukan amendemen AD/ART yang kedua pada tahun 2012 dengan perubahan nama organisasi dalam Bahasa Inggris dan Jerman serta menambah pasal tentang logo, stempel dan kop surat organisasi beserta penjelasannya.

  • Milis PPI Austria[16]
  • Website PPI Austria [12]

Belanda

PPI Belanda adalah singkatan dari Perhimpunan Pelajar Indonesia di Belanda. PPI Belanda diterjemahkan dalam bahasa Belanda sebagai Indonesische Studenten Vereniging in Nederland atau disingkat ISVN dan diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris menjadi Indonesian Students Association in the Netherlands atau disingkat ISAN. PPI berbentuk Presidium yang terdiri dari perwakilan PPI kota.

Anggota PPI Belanda adalah organisasi pelajar Indonesia yang berkedudukan di wilayah kerajaan Belanda dan memenuhi persyaratan yang tertera dalam AD-ART PPI Belanda.

PPI Belanda tidak mempunyai ketua, tapi mempunyai seorang Sekretaris Jenderal yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program kerja PPI Belanda.

Kekuasaan tertinggi PPI Belanda berada di tangan para Presidium.

  • Presidium PPI Emmen
  • Presidium PPI Utrecht
  • Presidium PPI Delft
  • Presidium PPI Deventer
  • Presidium PPI Wageningen
  • Presidium PPI Mastricht
  • Presidium PPI Groningen
  • Presidium PPI Rotterdam
  • Presidium PPI Enschede
  • Presidium PPI Leiden
  • Presidium PPI kota Den Haag
  • Presidium PPI Den Haag
  • Presidium PPI Arnhem
  • Presidium PPI Nijmegen
  • Presidium PPI Amsterdam
  • Presidium PPI Eindhoven

Walaupun PPI Belanda merupakan sebuah organisasi independen yang tidak berada di bawah organisasi/instansi lain, PPI Belanda menggalang kerjasama dengan organisasi lain untuk melaksanakan tujuan bersama bagi Pelajar Indonesia di Belanda.

Di negara Belanda terdapat beberapa cabang PPI:

PPI Den Haag

PPI Den Haag berusaha untuk mengakomodasi aspirasi dan inspirasi mahasiswa untuk berpartisipasi aktif dalam memajukan dan mengharumkan nama bangsa Indonesia. Kegiatan PPI pun bervariasi dari sosial, budaya, edukasi, diskusi, maupun hiburan. Selain itu, suasana kekeluargaan di dalam organisasi berhasil menjadi rumah untuk para mahasiswa yang menuntut ilmu di negeri Belanda. Saling tukar pengalaman, info, ide, dan bekerja sama mewujudkan target beragam setiap tahunnya menjadi kegiatan utama.

[13][14]

PPI Delft

Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Delft, satu dari beberapa PPI di negeri Belanda, dibentuk dalam rangka mempererat hubungan persaudaraan antara para pelajar Indonesia yang sedang melanjutkan studi di Delft dan mendorong terbentuknya jaringan sains dan teknologi untuk bangsa Indonesia.

Perhimpunan Pelajar Indonesia Delft atau disingkat PPI Delft didirikan pada tanggal 11 Mei 1963 dan berkedudukan di Delft, Provinsi Holandia Selatan (Zuid Holland), Belanda.

Pendirian PPI Delft memiliki maksud dan tujuan sebagai berikut.

  • Menjadi wadah komunikasi dan informasi bagi seluruh anggotanya;
  • Memupuk persatuan dan kesatuan antara anggota-anggotanya;
  • Mempererat hubungan persaudaraan dengan perwakilan PPI yang ada di kota – kota lain skala regional dan internasional;
  • Membina hubungan baik dengan seluruh masyarakat setempat dan pelajar setempat pada umumnya;
  • Turut serta mengembangkan dan memasyarakatkan perkembangan sains dan teknologi modern untuk masyarakat Indonesia; dan
  • Mengembangkan jaringan sains dan teknologi yang dimiliki oleh para Mahasiswa Indonesia di Delft dan Internasional pada umumnya.

PPI Delft beranggotakan pelajar (sekurang-kurangnya berumur 17 tahun) yang memiliki ikatan erat dengan Indonesia yang sedang belajar atau berdomisili di kota Delft.

  • Wageningen
  • Arnhem
    • PPI Arnhem-Nijmegen[19]
  • Nijmegen
  • Groningen
  • Rotterdam
    • PPI Rotterdam[22] adalah persatuan pelajar yang terbuka untuk semua pelajar Indonesia yang belajar di salah satu perguruan tinggi di kota Rotterdam, Belanda, dibentuk tahun 1985 sebagai salah satu organisasi yang berada dibawah naungan KASEUR, payung dari berbagai organisasi yang ada di Erasmus University Rotterdam. Organisasi PPI Rotterdam terdaftar keanggotaannya secara resmi di KVK atau Kamer van Koophandel.
  • Enschede
  • Deventer
  • Utrecht

Belgia

Di negara Belgia terdapat sebuah cabang PPI:

China

Harapan dan pemikiran untuk membentuk sebuah wadah skala nasional yang menaungi berbagai organisasi pelajar Indonesia di seluruh Tiongkok sebenarnya sudah sejak lama tercantum di benak sejumlah mahasiswa Indonesia di beberapa kota di Tiongkok. Salah satu inisiatif terawal yang dilakukan untuk merealisasikan ide tersebut adalah dengan membuat milis, yang disebut milis “PPI China”, pada tahun 2009.Di dalam milis ini sejumlah mahasiswa Indonesia bertukar pikiran secara aktif agar dalam waktu dekat bisa membentuk sebuah wadah berskala nasional tersebut. Di bulan Juni 2011, dengan fasilitasi oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tiongkok mencakup Mongolia, Atase Pendidikan Republik Indonesia beserta Konsulat Jendral Republik Indonesia (KJRI) di Tiongkok, diselenggarakan sebuah pra Kongres di kota Xiamen, provinsi Fujian. Hadir dalam kegiatan ini 12 utusan resmi dari sejumlah organisasi pelajar Indonesia yang tersebar di 8 kota, antara lain: Beijing, Nanjing, Suzhou, Nanning, Guilin, Guangzhou, Kunming dan Xiamen. Sekitar satu tahun empat bulan setelahnya, Kongres Pelajar Indonesia Pertama ini dilaksanakan di kota Beijing, tepatnya pada tanggal 27-28 Oktober 2012, dan dihadiri oleh 28 utusan resmi dari 15 organisasi pelajar Indonesia yang tersebar di 14 kota, yaitu: Beijing, Guangzhou, Guilin, Haikou, Hangzhou, Hefei, Nanchang, Nanjing, Nanning, Ningbo, Shanghai, Suzhou, Wuhan dan Xiamen. Pada Kongres tersebut terbentuklah organisasi yang bernama Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Tiongkok dan para delegasi juga menandatangani deklarasi bersama yang bertajuk “Deklarasi Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Tiongkok”.

PPI Tiongkok berdiri atas inisiatif dari 14 Cabang pendiri, yaitu Cabang Nanchang, Cabang Nanning, Cabang Beijing, Cabang Nanjing, Cabang Hefei, Cabang Wuhan, Cabang Hangzhou, Cabang Suzhou, Cabang Guilin, Cabang Ningbo, Cabang Shanghai, Cabang Guangzhou, Cabang Xiamen, dan Cabang Haikou. Sejak terbentuk tahun 2012, kami terus berusaha menambah jumlah Cabang dengan tujuan dapat merangkul lebih banyak pelajar Indonesia di Tiongkok yang tersebar di berbagai sudut negeri Tiongkok. Sampai saat ini sudah memiliki 24 Cabang resmi PPI Tiongkok. Yang terakhir bergabung adalah Cabang Shijiazhuang. Pada Kongres 2 PPI Tiongkok yang diselenggarakan di Guangzhou tahun 2013, disepakati bahwa Cabang-cabang akan dibagi berdasarkan region dengan tujuan lebih mendekatkan dan meningkatkan interaksi antar Cabang. Maka, sejak saat itu terbagilah 3 region yaitu Utara, Timur, dan Selatan. Region memiliki koordinator dan program kerja masing-masing. Region Utara terdiri dari Cabang Harbin, Cabang Shenyang, Cabang Beijing, Cabang Tianjin, Cabang Shijiazhuang, Cabang Qingdao, dan Cabang Zhengzhou. Region Timur terdiri dari Cabang Hangzhou, Cabang Hefei, Cabang Nanchang, Cabang Nanjing, Cabang Ningbo, Cabang Shanghai, dan Cabang Suzhou. Region Selatan terdiri dari Cabang Changsha, Cabang Chongqing, Cabang Guangzhou, Cabang Guilin, Cabang Haikou, Cabang Hongkong, Cabang Liuzhou, Cabang Nanning, Cabang Wuhan, dan Cabang Xiamen

Estonia

Estonia sebagai negara yang baru merdeka sejak runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991 mencapai percepatan pertumbuhan ekonomi dan menjadi negara Uni Eropa. Pertumbuhan ekonomi yang tinggi, budaya iptek yang tinggi misalnya sebagai pendiri Skype dan berbagai start-up companies lainnya membuat negeri terdepan di bidang ekonomi dan pendidikan di kawasan Baltik (Estonia, Latvia dan Lithuania) ini menjadi tujuan belajar semakin banyak mahasiswa Indonesia.

Di Estonia, sejumlah pelajar master dan doktoral dari dua kota yaitu Tallinn dan Tartu bersepakat pada tahun 2012 membentuk organisasi PPI Estonia atau Indoneesia Uliopilaskoond Eestis dengan Musyawarah ditetapkan dua tahunan.

India

Di negara India terdapat sebuah cabang PPI.[27] PPI India terbagi menjadi 4 komisariat, yaitu:

  1. Komisariat New Delhi
  2. Komisariat Aligarh
  3. Komisariat Pune-Mumbai
  4. Komisariat Hyderabad

Sekretariat PPI India berada di Ibu Kota Negara, New Delhi, dengan Ketua Umum yang dipilih oleh seluruh anggota setiap satu tahun sekali, melalui Musyawarah Tahunan Anggota PPI India (MTA PPI India). Dalam MTA PPI India, anggota PPI India bermusyawarah untuk membahas Laporan Pertanggungjawaban Ketua Umum beserta pengurus demisioner, perubahan (jika ada) pada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) organisasi, serta pemilihan Ketua Umum yang baru, untuk menjabat satu tahun ke depan.

MTA sendiri dapat dilaksanakan apabila dihadiri sedikitnya 2/3 dari seluruh anggota PPI India, dan lokasinya dapat dilaksanakan dimana saja di India, ditentukan oleh Ketua MTA yang terpilih melalui rapat internal Dewan Pengurus Pusat dan Dewan Komisariat.

Inggris

Perhimpunan pelajar Indonesia di Inggris disebut PPI-UK[28] kepanjangan dari Perhimpunan Pelajar Indonesia di United Kingdom. Penamaan ini diambil karena kehadiran PPI-UK bukan hanya mewakili wilayah Inggris, namun mencakup wilayah Britania Raya dan Irlandia Utara. Sebagaimana disebut dalam AD/ART, organisasi PPI-UK berbentuk federasi dan mempunyai cabang-cabang dan perwakilan-perwakilan. PPI Cabang adalah PPI di suatu wilayah/kota yang beranggotakan minimal 20 pelajar dan disebut PPI Perwakilan apabila mempunyai anggota kurang dari 20 pelajar. Definisi Cabang dan Perwakilan diperlukan guna memberikan keadilan dalam pengambilan suara khususnya pada sidang Musyawarah Besar (Mubes)dimana Cabang berhak pempunyai 2 suara sedangkan Perwakilan hanya 1 suara.

Cabang-Cabang dan Perwakilan-Perwakilan PPI-UK periode 2014/2015 (berdasarkan abjad):

  • PPI Aberdeen
  • PPI Birmingham
  • PPI Bournemouth[30]
  • PPI Bristol
  • PPI Cambridge
  • PPI Coventry
  • PPI Durham
  • PPI Edinburgh
  • PPI Exeter
  • PPI Glasgow
  • PPI Lancaster
  • PPI Leeds
  • London
  • PPI Manchester (atau PPI Greater Manchester, PPI-GM)[33][34][35]
  • PPI Newcastle
  • PPI Nottingham
  • PPI Norwich
  • PPI Oxford
  • PPI Sheffield
  • PPI Southampton
  • PPI Sunderland
  • PPI Wales
  • PPI Warwick
  • PPI York

Italia

Di negara Italia terdapat beberapa cabang PPI:

Jepang

Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang yang disingkat PPI Jepang adalah organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Organisasi ini didirikan di Tokyo pada tanggal 24 Juni 1953 dengan nama "Himpunan Mahasiswa Indonesia di Jepang" yang kemudian dalam perjalanan waktu namanya berubah menjadi "Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang" atau dalam bahasa Jepang disebut "Zainichi Indonesia Ryugakusei Kyokai".

Pada saat ini jumlah pelajar Indonesia di Jepang menurut JASSO adalah sebanyak 6.277 orang[44] yang tersebar di berbagai perguruan tinggi di Jepang, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta, maupun di sekolah-sekolah bahasa yang tersebar di seluruh Jepang. Keberadaan pelajar Indonesia di Jepang sangat diperlukan untuk mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi serta etos kerja bangsa Jepang yang dengan sumber daya alam yang sangat terbatas telah mampu membuat Jepang secara ekonomi dan teknologi berada pada posisi yang terhormat di antara bangsa-bangsa lain di dunia.

Keberadaan PPI sebagai organisasi adalah untuk mengkoordinir serta menciptakan sarana diskusi di antara anggota sehingga ilmu pengetahuan yang telah diperoleh dapat dimanfaatkan secara optimal di tanah air. Selain itu, pelajar Indonesia di Jepang secara langsung maupun tidak langsung adalah sebagai duta bangsa, yang membina persahabatan dan hubungan baik antara bangsa Jepang dan Indonesia. Kegiatan-kegiatan pelajar Indonesia di Jepang disadari atau tidak, telah menjadi jendela bagi bangsa Jepang untuk mengenal lebih dekat budaya Indonesia.

Dalam hubungan antara organisasi dan anggota, asas saling menguntungkan merupakan perekat yang diharapkan mampu menciptakan timbulnya rasa memiliki dari anggota terhadap organisasi, dan dapat bertahan hidupnya organisasi berkat dukungan anggotanya. Untuk mencapai hal tersebut diperlukan usaha-usaha yang bersifat kerjasama antara PPI dengan Lembaga Pemerintah Indonesia ataupun Jepang terutama yang bersangkutan dengan kepentingan utama anggota, sehingga dapat tercipta suasana dimana keberadaan organisasi memang dirasakan bermanfaat bagi anggota.

Organisasi PPI Jepang [45] terdiri dari 9 (Sembilan) Korda:

       1. Korda Hokkaido yang meliputi wilayah: Pulau Hokkaido;
       2. Korda Tohoku yang meliputi wilayah: Akita, Niigata, Aomori, Miyagi, Fukushima, Iwate dan Yamagata;
       3. Korda Kanto yang meliputi wilayah: Tokyo, Gunma, Kanagawa, Ibaraki, Chiba, Yamanashi, Saitama dan Tochigi;
       4. Korda Hokuriku yang meliputi wilayah: Toyama, Ishikawa, Nagano dan Shizuoka;
       5. Korda Chubu yang meliputi wilayah: Aichi, Gifu, Fukui, Mie;
       6. Korda Kansai yang meliputi wilayah: Osaka, Kyoto, Hyogo, Nara, Okayama, Kagawa, Tokushima, Wakayama, Shiga dan Tottori;
       7. Korda Chugoku yang meliputi wilayah: Hiroshima, Yamaguchi dan Shimane
       8. Korda Shikoku yang meliputi wilayah: Ehime dan Kochi;
       9. Korda Kyushu yang meliputi wilayah: Saga, Kumamoto, Nagasaki, Oita, Kagoshima, Miyazaki, Okinawa dan Fukuoka.

Alamat situs PPI di Jepang

  1. http://www.ppijepang.org/
  2. http://ppi-kanto.org/
  3. http://chubu.ppijepang.org/
  4. http://ppikansai.org/
  5. http://kyushu-okinawa.ppijepang.org/
  6. http://ppij-kumamoto.org/
  7. http://ppi-fukuoka.or.id/
  8. https://www.ppitokodai.org


Jerman

Korea Selatan

Para pelajar Indonesia di Korea Selatan diwadahi sebuah organisasi yang bernama PERPIKA. Organisasi PERPIKA pertama kali dirintis oleh sekelompok pelajar Indonesia di Korea yang tergabung dalam milis Mahasindodikor pada awal bulan September 2001. Milis Mahasindodikor sendiri baru mulai aktif sekitar akhir tahun 2000.

Setelah melalui beberapa kali pertemuan di Seoul, pada tanggal 18 Januari 2002 disepakati dibentuknya sebuah organisasi pelajar Indonesia di Korea dengan nama PERPIKA berikut dengan draf AD/ART. Nama PERPIKA adalah akronim dari Persatuan Pelajar Indonesia Korea dan tanggal tersebut juga diakui sebagai tanggal terbentuknya organisasi PERPIKA di AD/ART yang terbaru.

Selanjutnya pada tanggal 2 Februari 2002 digelarlah Kongres I PERPIKA yang mengesahkan AD/ART dan membentuk susunan pengurus organisasi. Kongres Pertama ini di ketuai oleh Dr. Muhammad Mukhtasar Syamsuddin yang akrab di panggil Pak Etsar dan yang akhirnya memilih dia sebagai Ketua PERPIKA yang pertama.

Sejak Kongres PERPIKA I diadakan, sampai saat ini belum pernah ada kevakuman dalam kepengurusan PERPIKA. Kongres diadakan tiap tahun pada bulan Maret untuk memilih ketua dan pengurus baik pusat maupun cabang. Pada tahun 2007 Kongres ke VI diselenggarakan setelah diadakannya Pemilihan Presiden dan Ketua cabang secara langsung dan sekaligus menandakan perubahan sistem organisasi dari terpusat menjadi otonomi.

Pada perkembangannya saat ini PERPIKA pusat memiliki tiga cabang yaitu:

  1. PERPIKA Wilayah I yang menaungi daerah Gangwon-do, Gyeonggi-do, Seoul dan Incheon.
    PERPIKA wilayah satu memiliki dua komisariat yaitu komisariat Konkuk-Sejong dan komisariat KIST
  2. PERPIKA Wilayah II yang menaungi daerah Chungcheongbuk-do, Chungcheongnam-do, Daejon dan Jeollabuk-do.
    PERPIKA wilayah dua memiliki dua komisariat yaitu komisariat Daejon dan komisariat Cheonan
  3. PERPIKA Wilayah III yang menaungi daerah Gyeongsangbuk-do, Gyeongsangnam-do, Jeollanam-do, Jeju-do, Busan, Ulsan, Daegu dan Gwangju.
    PERPIKA wilayah tiga memiliki tiga komisariat yaitu komisariat Busan, komisariat Gyeongsan dan komisariat Jinju

Di beberapa kampus yang memiliki banyak mahasiswa Indonesia biasanya memiliki organisasi yang mewadahi mahasiwa Indonesia di Kampus tersebut seperti misalnya di KAIST (Korean Advanced Institute of Science and Technology) yang ada di Daejeon, bernama KAIST INDONESIA, di Pusan National University bernama PNU-ISO, di Kyungsung University bernama MIKy

Lihat pula:

Malaysia

Persatuan Pelajar Indonesia Malaysia (PPIM) adalah organisasi mahasiswa Indonesia di Malaysia yang telah berdiri sejak tahun 1998 melalui hasil musyawarah mufakat pertama di Universiti Malaya (UM). PPIM berasaskan Undang-undang Dasar (UUD) 1945 dan berstatus sebagai organisasi mahasiswa independen terbesar di Malaysia. Anggota PPIM adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang terdaftar sebagai mahasiswa di universitas yang ada di Malaysia. Hingga saat ini, anggota PPIM berjumlah sekitar 9,762 mahasiswa dari berbagai strata akademik. PPIM secara operasional, bekerjasama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di beberapa wilayah, Kementerian, dan lembaga negara yang ada di Indonesia dan Malaysia. Kemudian dalam koordinasinya, PPI Malaysia merupakan anggota tetap Perhimpuan Pelajar Indonesia se-Dunia (PPID). Terdapat 40 PPI Cabang dari seluruh wilayah Semenanjung dan Borneo[57], di antaranya;

  1. PPI UniSZA
  2. PPI UMT
  3. MSU Indonesian Society
  4. PPI UPM
  5. PPI KUIS
  6. PPI-IIUM
  7. PPI UKM
  8. PPI MMU
  9. PPI UNISEL
  10. PPI UNMC
  11. PPI UTM KL
  12. AUISS
  13. Garuda IUKL
  14. Bhinneka UCSI
  15. Merah Putih Club Limkokwing
  16. PPI UT Pokjar KL
  17. Komando 45 Taylor's
  18. PPI UM
  19. PPI Monash
  20. PPI HELP
  21. PPI UiTM
  22. PPI Xiamen
  23. PPI Sarawak
  24. PPI UNIMAS
  25. PPI Swinburne
  26. PPI Curtin
  27. PPI Sabah
  28. PPI UUM
  29. PPI UPSI
  30. PPI UTP
  31. PPI USM
  32. PPI UT Pokjar Penang
  33. PPI UTM JB
  34. PPI UT Pokjar Johor
  35. PPI UTHM
  36. PPI UMP
  37. PPI USIM
  38. PPI INTI
  39. PPI UNITI
  40. PPI UTeM

Maroko

Di Maroko terdapat sebuah cabang PPI:

Pada tahun 1992 M. beberapa orang mahasiswa Indonesia yang sedang menuntut ilmu di Maroko berinisiatif untuk membangun wadah komunikasi dan interaksi antar sesama mereka. Kesamaan ide dan visi di antara mereka membawa berkah lahirnya sebuah organisasi yang diberi nama Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Maroko.

Diresmikan pada tahun yang sama oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Maroko, Dr. Boer Mauna. Hingga saat ini organisasi yang menaungi seluruh pelajar dan mahasiswa di Maroko ini masih dapat dan terus berusaha untuk menunjukkan eksistensinya, meski harus melalui rintangan dan tantangan yang tidak sedikit.[59]

Mesir

Di Mesir terdapat sebuah cabang PPI yaitu: PPMI Mesir (Persatuan Pelajar & Mahasiswa Indonesia) Mesir

Terdapat sebuah organisasi induk yang menghimpun para pelajar dan mahasiswa Indonesia di Mesir. Organisasi ini telah mengalami beberapa kali perubahan nama: Tahun 1927–1935 bernama: Jam’iyyah Khairiyah Li al-Thalabah al-Azhariyah al-Jawiyyah (Organisasi Sosial Mahasiswa Al-Azhar Asal Jawa). Tahun 1935–1945 bernama PERPINDOM (Persatuan Pelajar Indonesia-Malaya). Pada awal kemerdekaan diubah menjadi HPPI (Himpunan Pemuda Pelajar Indonesia). Pada tahun 1966 bernama PPI (Persatuan Pelajar Indonesia). Pada tahun 1966–1995 bernama HPMI (Himpunan Pelajar Dan Mahasiswa Indonesia). Sejak 1995-sekarang bernama PPMI (Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia Mesir).

ORGANISASI DI BAWAH PPMI

Selain organisasi induk (PPMI), terdapat beberapa bentuk organisasi yang berada di bawahnya yang terdiri dari: Lembaga Otonom PPMI: Lembaga Keputerian (Wihdah) Senat Mahasiswa Fakultas (SMF) Organisasi Daerah (Orda)/ Kekeluargaan (organisasi yang didirikan oleh anggota PPMI berdasarkan daerah/provinsi)

Lembaga Khusus PPMI (Non-Otonom): Afiliatif (organisasi yang merupakan perwakilan organisasi resmi di tanah air seperti Ormas dll); Almamater (organisasi yang merupakan perwakilan/alumnus lembaga pendidikan di tanah air); Lembaga Swadaya Masyarakat; Marhalah (Organisasi perhimpunan pelajar dan mahasiswa sesuai tahun kedatangan); Kelompok Bimbingan Belajar (Syatibi Center) Kelompok-kelompok Studi dan Kajian Eksekutif (Mizan, Sinai dan lain-lain)

Author: Binfotek Kabinet MERDEKA!!! 2014-2014

Prancis

Di negara Prancis terdapat sebuah cabang PPI:

Rusia

PPI Rusia - Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Rusia (Permira) merupakan Perhimpunan Mahasiswa yang berdiri sejak Oktober 1998 di Moskow dan berkedudukan di kota Moskow. Seiring berjalannya hubungan baik antara Indonesia dan Rusia, maka jumlah mahasiswa Indonesia yang belajar di Rusia pun semakin meningkat dan menyebar hampir di seluruh kota yang ada di Rusia.

Sebagai suatu perhimpunan, Permira mengalami berbagai kendala untuk menghimpun seluruh mahasiswa yang berada di Federasi Rusia sehingga hal ini mendorong tercetusnya ide untuk dibentuknya Permira Perwakilan/Permira Gabungan, dengan syarat mahasiswa yang belajar di kota-kota tersebut lebih dari lima orang mahasiswa.

Sebagai realisasi dari ide tersebut, pada saat Kongres ke VI Permira (16 Mei 2004) terbentuklah Permira dengan struktur: Permira Pusat, Permira Perwakilan Moskow, dan Permira Perwakilan Saint Petersburg.

Permira Perwakilan Moskow awalnya beranggotakan 24 mahasiswa yang tersebar di beberapa Perguruan Tinggi di Moskow, diantaranya: RUDN, MADI, MGIMO, FARGUFK, RGUFK, IM Sechenova, FA, MUT dan MGTU.

Setelah vakum 3 tahun lamanya, Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Rusia (Permira) akhirnya mengadakan kembali kongres pada hari Kamis, 14 Agustus 2008 bertempatkan di Kedutaan Besar RI Moskow, Federasi Rusia.

Hal tersebut bertujuan untuk membentuk kepengurusan baru periode 2008–2009. Kongres dihadiri oleh 34 mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di Federasi Rusia, Bapak Wakil Duta Besar RI untuk Rusia sebagai Penasehat, Bapak Pejabat Fungsi Pendidikan Sosial Budaya RI selaku Pembina pendidikan, dan juga Bapak Atase Pertahanan RI sebagai pembina keamanan, serta dibentuk dan disahkan sejumlah cabang dan komisariat.

Permira Pusat Hingga hari ini jumlah mahasiswa Indonesia yang belajar di Federasi Rusia mencapai 652 orang, yang tersebar di 41 kota di Rusia[62]

Berikut adalah daftar Permira Perwakilan pada tahun 2019-2020[63]

  1. Permira Perwakilan Arkhangelsk
  2. Permira Perwakilan Belgorod
  3. Permira Perwakilan Irkutsk
  4. Permira Perwakilan Kazan
  5. Permira Perwakilan Moskow
  6. Permira Perwakilan Rostov
  7. Permira Perwakilan Samara
  8. Permira Perwakilan St. Petersburg
  9. Permira Perwakilan Tomsk
  10. Permira Perwakilan Ufa
  11. Permira Perwakilan VAN (Volgograd-Astrakhan-Nalchik)
  12. Permira Perwakilan Vladivostok
  13. Permira Perwakilan Voronezh
  14. Permira Perwakilan Yekaterinburg
  15. Permira Perwakilan Yoshkar Ola

Berikut daftar akun media sosial yang dikelola oleh PERMIRA

Selandia Baru

Di negara Selandia Baru terdapat sebuah cabang PPI:

Singapura

Di negara Singapura terdapat sebuah cabang PPI:

Perhimpunan Pelajar Indonesia di Singapura (PPIS) merupakan suatu organisasi yang beranggotakan para pelajar Indonesia di Singapura, yang pada saat ini diwakilkan oleh mahasiswa dari NTU (Nanyang Technological University), NUS (National University of Singapore), SMU (Singapore Management University) dan SIM (Singapore Institute of Management), PSB Academy (Productivity Standard Board Academy), TMC Academy, dan anggota individu dari institusi-institusi pendidikan Singapura lainnya. PPIS sudah berdiri sejak tahun 2005, yang kemudian diresmikan pada tanggal 11 Maret 2006 dan didukung penuh oleh KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) di Singapura.

PPIS berfungsi sebagai wadah untuk mempersatukan berbagai komunitas pelajar Indonesia di berbagai institusi pendidikan di Singapura. Tujuan PPIS adalah untuk menjalin dan mempererat hubungan antar pelajar Indonesia di Singapura, dan mempersatukan para anggota untuk menggalang aspirasi serta kerjasama untuk berkontribusi melalui usaha-usaha yang bermanfaat bagi seluruh pelajar Indonesia di Singapura dan bagi bangsa dan negara Indonesia pada umumnya, sebagai perwujudan usaha pengembangan generasi muda yang handal dan dinamis.

Taiwan

PPI Taiwan[73] merupakan singkatan dari Perhimpunan Pelajar Indonesia di Taiwan. PPI ini dideklarasikan pada tanggal 2 Mei 2010 atau bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2010 di Holistic Buliding CYCU, Chungli, Taiwan. Piagam deklarasi pada acara tersebut di tanda tangani oleh kepala KDEI (Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia) di Taiwan Bpk. Suhartono dan ketua tim deklarasi sdr. Hadi Kuntjara sebagai perwakilan dari 12 orang yang tergabung dalam tim deklarasi. Sebagai sarana komunikasi, semua pelajar Indonesia tergabung dalam satu milis PPI Taiwan[74].

Thailand

PPI Thailand disebut dengan PERMITHA,yang merupakan singkatan dari Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Thailand.

Kepengurusan pertama Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Thailand dibentuk pada awal tahun 2002. Pada masa-masa sebelumnya Permitha hanya ada di perguruan-perguruan tinggi, khususnya di Asian Institute of Technology (AIT) dimana komunitas mahasiswa Indonesia hampir selalu ada sejak tahun 1970-an. Seiring dengan makin banyaknya mahasiswa Indonesia yang tugas belajar di universitas lainnya di Thailand (khususnya jenjang master dan doktoral), maka selanjutnya dianggap perlu suatu organisasi yang mewadahi seluruh mahasiswa Indonesia yang ada di Thailand, maka dibentuklah PERMITHA, sedangkan PERMITHA AIT kini melebur menjadi salah satu bagian dari PERMITHA.Total seluruh mahasiswa aktif saat ini kurang lebih 300 orang.

Beberapa universitas/institusi dimana mahasiswa indonesia tersebar di thailand di antaranya:

  • Asian Institute of Technology[80]
  • Chulalongkorn University
  • Thammasat University
  • Mahidol University
  • Assumption University (ABAC)
  • Kasetsart University
  • National Science Park
  • Joint Graduate School of Energy and Environment (JGSEE)
  • King Mongkut University of Technology Thonburi (KMUTT)
  • University of the Thai Chamber of Commerces
  • Rangsit University
  • ITIM
  • Chiang Mai University
  • Chulaborn Graduate Institute (CGI)
  • Prince of Songkhla University
  • Khon Kaen University
  • Mae Fae Luang University
  • Burapha University

Referensi

  1. ^ "Tentang PPI Dunia – PPI DUNIA". ppidunia.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-02-02. 
  2. ^ Tentang PPI Dunia
  3. ^ PPIDK Amerop
  4. ^ PPIDK Asiania
  5. ^ Pembentukan Kepengurusan Baru PPI Dunia Kawasan Asia Oseania
  6. ^ PPIDK Timtengka
  7. ^ PERMIAS NETwork – Wadah Permias-Permias se-Amerika Serikat
  8. ^ Permias Washington D.C. - tidak aktif lagi
  9. ^ Daftar Permias yang cukup lengkap, disusun oleh mahasiswa Indonesia yang bersekolah di Universitas Illinois, Urbana-Champaign
  10. ^ PPI Australia
  11. ^ a b [1]
  12. ^ [2]
  13. ^ [3]
  14. ^ [4]
  15. ^ [5]
  16. ^ PPI Austria
  17. ^ PPI Belanda
  18. ^ PPI Delft
  19. ^ a b PPI Wageningen
  20. ^ PPI Nijmegen
  21. ^ PPI Groningen
  22. ^ PPI Rotterdam
  23. ^ PPI Enschede
  24. ^ [ppideventer@yahoo.com/ PPI Deventer]
  25. ^ [ppi.utrecht@yahoo.com/ PPI Utrecht][ppiutrecht.wordpress.com]
  26. ^ PPI Leuven
  27. ^ Blog PPI India
  28. ^ [6]
  29. ^ PPI Birmingham
  30. ^ PPI Bournemouth
  31. ^ PPI London melalui situs Blogspot
  32. ^ Milis PPI London melalui situs YahooGroups
  33. ^ [7]
  34. ^ [8]
  35. ^ [9]
  36. ^ PPI Nottingham
  37. ^ PPI Norwich melalui situs Multiply
  38. ^ PPI Oxford
  39. ^ PPI Siena, Italia melalui situs Blogspot
  40. ^ PPI Roma, Italia melalui situs Blogspot
  41. ^ Milis PPI Italia, terutama peserta program Corso di Lingua dan para alumni nya – melalui situs YahooGroups
  42. ^ Milis PPI Italia melalui situs YahooGroups
  43. ^ [10]
  44. ^ "平成30年度外国人留学生在籍状況調査結果". www.jasso.go.jp (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 2019-02-11. 
  45. ^ http://www.ppi-fukuoka.or.id/
  46. ^ [11]
  47. ^ Radio PPI Jerman
  48. ^ PPI Aachen
  49. ^ PPI Berlin e.V.
  50. ^ PPI Braunschweig
  51. ^ PPI Bremen
  52. ^ PPI Duisburg-Essen
  53. ^ PPI Hannover
  54. ^ PPI Koeln
  55. ^ "PPI Munich (aka München)". 
  56. ^ Persatuan Pelajar Indonesia di Korea Selatan (PERPIKA)
  57. ^ http://malaysia.ppi.id/wp-content/uploads/2020/08/LPJ-INTERIM-PPI-MALAYSIA-19-20.pdf
  58. ^ PPI Maroko
  59. ^ Sejarah Singkat PPI Maroko
  60. ^ PPI Mesir
  61. ^ PPI Prancis
  62. ^ permira.ppi.id http://permira.ppi.id/Students.html. Diakses tanggal 2020-05-05.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  63. ^ permira.ppi.id http://permira.ppi.id/Students.html. Diakses tanggal 2020-05-05.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  64. ^ Website resmi PERMIRA
  65. ^ Akun twitter PERMIRA
  66. ^ Facebook fan page Permira
  67. ^ Milis PPI Selandia Baru melalui situs YahooGroups
  68. ^ Milis PPI Auckland
  69. ^ Milis PPI Wellington
  70. ^ Milis PPI Canterbury
  71. ^ Milis PPI Palmerston North
  72. ^ Galeri foto PPI Singapuradimana PPI Singapura diresmikan pada tanggal 11 Maret 2006.
  73. ^ PPI Taiwan
  74. ^ milis PPI Taiwan
  75. ^ PPI Thailand
  76. ^ Planet Permitha
  77. ^ Forum Permitha
  78. ^ Mailinglist Permitha
  79. ^ Friendster PPI Thailand
  80. ^ Asian Institute of Technology wikipedia