Perfectus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Santo Perfectus
Martir
LahirCórdoba, Al-Andalus
Meninggal18 April 850
Córdoba Al-Andalus
Dihormati diGereja Katolik Roma, Gereja Ortodoks Timur
Pesta18 April

Santo Perfectus (Santo Perfecto) (wafat 18 April 850) adalah salah satu Martir Córdoba yang kemartirannya dicatat oleh Santo Eulogius dalam Memoriale sanctorum.

Ia lahir di Córdoba saat wilayah tersebut berada di bawah kekuasaan orang Moor (Kekhalifahan Umayyah). Perfecto adalah seorang biarawan dan imam tahbisan. Ia bertugas di basilika St. Acisclus di Córdoba. Umat Kristen ditoleransi di wilayah tersebut, namun tak secara seragam. Menurut legenda, pada 850, Perfecto ditantang oleh dua pria Muslim untuk berkata siapa nabi terbesar: Yesus atau Muhammad.

Mula-mula, ia menolak untuk menjawab, agar tak memprovokasi; namun mereka membujuk agar ia memberikan sebuah jawaban kepada mereka, menjanjikan perlindungannya dari pelaporan. Ia kemudian berkata kepada mereka dalam bahasa Arab bahwa Muhammad adalah nabi palsu dan bahwa ia adalah manusia tak bermoral karena mengambil menantunya. Umat Muslim menjaga janjinya dan meninggalkannya, namun beberapa hari kemudian, beberapa orang diantaranya mengubah pikirannya dan menangkapnya.

Teman-teman mereka menghampiri Perfecto (yang tak terikat sumpah) dan mengadilinya. Perfecto didakwa atas tuduhan penistaan agama oleh pengadilan Islam dan dieksekusi. Legenda berkata bahwa kalimat terakhir Perfecto adalah memberkati Kristus dan mengutuk Muhammad dan al-Qur'annya.

Ia dipenggal pada 18 April 850.

Kemartirannya menjadi salah satu peristiwa pertama dalam masa penindasan Muslim terhadap umat Kristen di Al-Andalus, yang dimulai pada 850 di bawah kekuasaan Abdurrahman II, yang berlanjut di bawah penerusnya Muhammad I, dan berlangsung secara bergantian sampai 960 [1].

Hari raya Katoliknya adalah 18 April.

Referensi[sunting | sunting sumber]