Perengkahan perangkat lunak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Per perangkat lunak (dikenal sebagai "breaking" pada era 1980-an.)[1] adalah proses modifikasi perangkat lunak secara ilegal untuk menghapus atau menonaktifkan fitur-fitur yang menghalangi penggunaan program secara lengkap, terutama manipulasi fitur salinan perlindungan (nomor seri, kunci perangkat keras, tanggal cek dan cek disk, atau perangkat lunak gangguan layar nag).

Sebuah crack rata-rata mengacu pada jenis perangkat lunak, atau alat yang merusak. Beberapa alat-alat ini merupakan keygen, tambalan, fairlight, nukewar dan pemuat.

  • Keygen adalah generator lisensi produk buatan yang menawarkan kemampuan untuk menghasilkan lisensi "sah" atas nama anda sendiri.
  • Tambalan adalah program komputer kecil yang mengubah kode dari program lain. Tambalan memiliki kelebihan yang tidak memerlukan eksekusi memori besar sebab hanya beberapa byte yang diubah.
  • Pemuat memodifikasi aliran startup program dan tidak menghapus perlindungan tetapi sirkumvent. Contoh terkenal dari pemuat adalah trainer yang digunakan untuk memanipulasi pola permainan.
  • Fairlight menghadirkan salah satu file ekstensi .nfo yang tidak disertakan untuk rilis permainan (game).
  • Nukewar berfungsi mendeteksi keabsahan crack.

Dampak[sunting | sunting sumber]

Dampak yang paling terlihat dan kontroversial dari perengkahan perangkat lunak adalah pengendalian operasi sepenuhnya perangkat lunak tanpa lisensi salinan resmi. Dibutuhkan waktu lama dan kerja berdedikasi dari tim pengembang untuk menyelesaikan sebuah perangkat lunak berkualitas dan bernilai ekonomis, namun pada akhirnya, perjuangan mereka terasa tak berarti ketika versi crack untuk perangkat lunak mereka tersedia secara gratis di internet. Perengkahan mempengaruhi bisnis yang bijak dan yang lebih penting, melemahkan motivasi tim pengembang perangkat lunak[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kevelson, Morton. "Isepic". Ahoy!. hlm. 71–73. 
  2. ^ Gaurav Rathee (5 Juni 2015) [5 Juni 2015]. digitalperiod.com/cracked-software-issues/ "Apa di Software Cracked" Periksa nilai |url= (bantuan) (blog).