Perempuan mematikan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Perempuan mematikan atau femme fatale (/ˌfæm fəˈtɑːl/ or /ˌfɛm fəˈtɑːl/; bahasa Prancis: [fam fatal]) adalah tokoh perempuan yang menggoda, memiliki daya tarik yang kuat terhadap laki-laki, teta seringnya berujung malapetaka bagi laki-laki tersebut. Secara harfiah, perempuan mematikan merupakan terjemahan dari bahasa Prancis femme fatale atau fatal woman. Versi yang lebih muda dari femme fatale adalah fille fatale atau fatal girl. Karakter ini adalah arketipe dari tokoh dalam dunia literatur dan seni.

Kemampuan perempuan semacam ini untuk membuat korbannya (yang umumnya adalah laki-laki) terlena sering membuat cerita menjadi bernuansa supernatural. Hingga saat ini, perempuan mematikan digambarkan seperti memiliki pesona seperti vampir, penyihir, atau iblis yang seksi, yang mampu menguasai korban-korbannya lantaran wibawa serta kecantikannya.

Seorang perempuan mematikan berusaha mewujudkan agenda tersembunyinya dengan menggunakan kecantikan, pesona, dan tubuh. Dalam situasi tertentu, ia juga menggunakan tipu daya atau pemaksaan, alih-alih daya tarik belaka.

Perempuan mematikan mungkin juga menggunakan berbagai cara, seperti gas tidur, sebuah analog versi modern dari kekuatan magis di cerita-cerita lama. Ia mungkin juga berpura-pura menjadi korban, terjebak dalam situasi yang seolah-olah membuatnya tidak dapat melarikan diri. The Lady from Shanghai (sebuah film noir produksi 1947) adalah salah satu contohnya.

Ciri paling umum dari perempuan mematikan adalah pergaulan bebasnya dan penolakannya terhadap fitrah kewanitaan. Perempuan semacam ini biasanya bertipikal dingin dan jahat, atau setidaknya secara moral ia ambigu atau membingungkan dan gelisah[1].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mary Ann Doane, Femme Fatales (1991) pp. 1–2