Percy Spencer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Percy Spencer (19 Juli 1894 – 8 September 1970) adalah seorang fisikawan asal Amerika Serikat. Dia terkenal dengan penemuan oven gelombang mikro.

Karier[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1939 Spencer menjadi salah satu ahli terkemuka dunia dalam desain tabung radar. Spencer bekerja di Raytheon, kontraktor untuk Departemen Pertahanan AS, sebagai kepala divisi tabung listrik. Saat bekerja di Raytheon, Spencer mengembangkan cara yang lebih efisien untuk memproduksi magnetron, meningkatkan produksi dari 100 menjadi 2600 magnetron per hari. Dengan reputasi dan keahliannya, Spencer berhasil membantu Raytheon memenangkan kontrak pemerintah untuk mengembangkan dan memproduksi peralatan radar tempur untuk Laboratorium Radiasi M.I.T. Ini sangat penting bagi Sekutu Perang Dunia II dan menjadi proyek prioritas tertinggi kedua militer selama Perang Dunia II, di belakang Proyek Manhattan. Untuk karyanya, ia dianugerahi Distinguished Public Service Award oleh Angkatan Laut AS.

Suatu hari saat membangun magnetron, Spencer berdiri di depan radar aktif ketika dia melihat permen yang ada di sakunya telah meleleh. Spencer bukanlah orang pertama yang memperhatikan fenomena ini, tetapi dialah yang pertama menyelidikinya. Dia memutuskan untuk bereksperimen menggunakan makanan, termasuk biji popcorn, yang menjadi popcorn microwave pertama di dunia. Dalam percobaan lain, sebutir telur ditempatkan dalam ketel teh, dan magnetron ditempatkan tepat di atasnya. Hasilnya adalah telur meledak di depan salah satu rekan kerjanya, yang sedang melihat ke dalam ketel untuk mengamati. Spencer kemudian menciptakan oven microwave sejati pertama dengan memasang generator medan elektromagnetik berdensitas tinggi ke kotak logam tertutup. Magnetron memancarkan gelombang mikro ke dalam kotak logam yang menghalangi pelepasan apa pun, memungkinkan eksperimen yang terkontrol dan aman. Dia kemudian menempatkan berbagai makanan di dalam kotak, sambil mengamati efek dan memantau suhu.

Raytheon mengajukan paten AS pada tanggal 8 Oktober 1945, untuk oven memasak microwave, yang akhirnya diberi nama Radarange. Pada tahun 1947, oven microwave pertama yang diproduksi secara komersial tingginya sekitar 6 kaki, beratnya sekitar £ 750, dan biaya sekitar $ 5.000 USD. Pada tahun 1967, oven microwave pertama yang relatif terjangkau ($495) dan berukuran wajar (di atas meja) tersedia untuk dijual, diproduksi oleh Amana (sebuah divisi dari Raytheon).[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ [1], "Method of treating foodstuffs", issued 1945-10-08 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]