Perbatasan India–Pakistan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Peta batas India–Pakistan

Perbatasan India–Pakistan, oleh masyarakat setempat dikenal sebagai Perbatasan International (bahasa Inggris: International Border; IB), adalah sebuah perbatasan internasional yang membentang antara negara India dan Pakistan yang mendemarkasi negara-negara bagian dan wilayah India serta empat provinsi Pakistan. Perbatasan memanjang dari Garis Kendali (Line of Control; LoC), yang memisahkan negara bagian Kashmir India dari Kashmir yang dikendalikan Pakistan, di utara, ke Titik Nol antara negara bagian Gujarat di India dan provinsi Sindh di Pakistan, sebelah selatan.[1]

Dirancang dan dibuat berdasarkan garis Radcliffe pada tahun 1947, perbatasan, yang membagi Pakistan dan India dari satu sama lain, melintasi berbagai medan mulai dari daerah perkotaan besar hingga padang pasir tak berpenghuni.[2] Sejak kemerdekaan India dan Pakistan (lihat India Britania), perbatasan telah menjadi tempat berbagai konflik dan perang di antara masing-masing negara, dan merupakan salah satu perbatasan paling rumit di dunia.[2] Panjang total perbatasan ini adalah 2,897 km (1,800 mi),[2] menurut angka yang diberikan oleh PBS; perbatasan ini juga merupakan salah satu perbatasan paling berbahaya di dunia, berdasarkan sebuah artikel yang ditulis dalam Foreign Policy pada tahun 2011.[3] Perbatasan tersebut dapat dilihat dari luar angkasa pada malam hari karena 150,000 lampu sorot dipasang oleh India di sekitar 50 ribu tiang pancang.[4][5][6]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Skema mengenai pemisahan India.

Tata letak perbatasan didirikan selama pemisahan India pada tahun 1947, yang menciptakan Dominion India dan Pakistan, melalui komisi perbatasan yang diketuai oleh pengacara Inggris, Cyril Radcliffe (dibantu oleh dua orang Hindu dan dua Muslim); garis demarkasi ini juga menyandang nama Garis Radcliffe.

Hingga tahun 1971 terdapat dua perbatasan, satu dengan Pakistan Barat dan yang lainnya dengan Pakistan Timur, yang merdeka pada tahun itu.

Zona perbatasan yang bercahaya antara India dan Pakistan memiliki warna jingga yang jelas dalam foto luar angkasa.

Sejak pemasangan lampu cahaya oleh India di sepanjang perbatasan, yang digunakan untuk memfasilitasi pengawasan untuk mencegah "pengenalan senjata, amunisi dan penyerangan" secara diam-diam, perbatasan ini adalah salah satu perbatasan yang terlihat pada malam hari dari angkasa (yang lain adalah Zona Demiliterisasi Korea dan perbatasan Afrika Selatan–Zimbabwe).[7]

Perbatasan[sunting | sunting sumber]

Kashmir[sunting | sunting sumber]

Tata letak perbatasan secara luas dibahas di wilayah Kashmir, karena India mengklaim kedaulatan atas provinsi Azad Kashmir dan Wilayah Utara, sekarang di bawah kendali Pakistan. Pakistan dianggap memiliki kedaulatan atas Jammu dan Kashmir dan daerah gletser Siachen, yang dikendalikan oleh India sejak konflik Siachen pada tahun 1984.[8][9]

Oleh karena itu wilayah ini tidak memiliki perbatasan dalam pengertian internasional, tetapi garis gencatan senjata, Garis Kontrol, yang muncul setelah penghentian permusuhan setelah Perang India-Pakistan pertama pada tahun 1949. Garis kendali ini terwujud pada hampir semua tata letaknya dengan dua kisaran hambatan di sekitar ladang ranjau. Pertempuran antara kedua tentara itu biasa terjadi di kawasan ini.[10][11]

Kawasan lepas batas[sunting | sunting sumber]

Sisa perbatasan, dijuluki Perbatasan Internasional, sangat dibatasi. Ada beberapa perlintasan batas antara kedua negara, yang terbesar berlokasi dekat dengan Wagah di Punjab; berjarak 32 kilometer dari Amritsar dan 24 kilometer dari Lahore.[12]

Bagian Titik Nol di Munabao memisahkan negara bagian Gujarat dan Rajasthan India dari provinsi Sindh Pakistan, di selatan. Terdapat stasiun kereta api Thar Express yang menghubungkan Karachi, di Pakistan, dengan Jodhpur, di India.[1]

Daerah perbatasan[sunting | sunting sumber]

Gerbang India di pos perbatasan Wagah.
Gerbang Pakistan di pos perbatasan Wagah.

Lintas batas[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah perlintasan perbatasan utama India dan Pakistan:

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Khan, MH (5 Maret 2006). "Back on track". Dawn News archives (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 15 April 2013. 
  2. ^ a b c PBS Release (26 Juli 2005). "Border Jumpers The World's Most Complex Borders: Pakistan/India". PBS (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 15 April 2013. 
  3. ^ PHILIP WALKER (24 Juni 2011). "The World's Most Dangerous Borders". The Foreign Policy (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 15 April 2013. 
  4. ^ "Dailymail" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 23 Oktober 2014. 
  5. ^ "India-Pakistan Borderlands at Night". India-Pakistan Border at Night (dalam bahasa Inggris). NASA. 23 September 2015. Diakses tanggal 14 Oktober 2015. 
  6. ^ Annotated image from NASA
  7. ^ "Espace: La Frontière del Inde nettement visible depuis la Station spatiale". 20 Minutes (dalam bahasa Prancis). 9 Oktober 2015. Diakses tanggal 10 Oktober 2015. 
  8. ^ Ali Zain (13 September 2015). "Pakistani flag hoisted, pro-freedom slogans chanted in Indian Occupied Kashmir – Daily Pakistan Global" (dalam bahasa Inggris). En.dailypakistan.com.pk. Diakses tanggal 17 November 2015. 
  9. ^   (11 September 2015). "Pakistani flag hoisted once again in Indian Occupied Kashmir | World | Dunya News" (dalam bahasa Inggris). Dunyanews.tv. Diakses tanggal 17 November 2015. 
  10. ^ "What is Article 370? Three key points". The Times of India (dalam bahasa Inggris). 
  11. ^ "In Depth-the future of Kashmir" (dalam bahasa Inggris). BBC News. Diakses tanggal 16 April 2013. 
  12. ^ a b "Mixed feelings on India-Pakistan border". BBC News (dalam bahasa Inggris). 14 Agustus 2007. 
  13. ^ "Radcliffe Line to divide India-Pakistan was formed this day: Read about it here" (dalam bahasa Inggris). India Today. 17 Agustus 2016. Diakses tanggal 30 Juli 2018. 
  14. ^ Waleed, Hamid (8 September 2005). "New border areas to be opened to facilitate trade". Daily Times (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 Oktober 2012. Diakses tanggal 22 Oktober 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]