Perbankan bergerak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Perbankan bergerak (bahasa Inggris: mobile banking) merupakan salah satu layanan yang disediakan bank untuk nasabah. Dengannya, nasabah bisa melakukan transaksi perbankan tanpa harus ke cabang bank, melainkan cukup dengan media ponsel. Beberapa transaksi yang bisa dilakukan di antaranya cek saldo, mutasi rekening, transfer, pembayaran, pembelian, dll. Transaksi-transaksi itu dapat dilakukan kapan dan di mana saja selama 24 jam.

Beberapa aplikasi mobile banking bank terbaru bahkan terdapat menu tarik tunai. Menu itu akan membuat kode tertentu yang bisa digunakan sebagai pengganti kartu ATM untuk mengoperasikan ATM. Namun, hal itu hanya bisa dilakukan di ATM khusus (ATM dengan layanan tanpa kartu).[1]

Karena sama-sama menggunakan media telepon genggam, SMS banking sebenarnya bagian dari mobile banking. Akan tetapi, yang lumrah disebut mobile banking ialah yang menggunakan menu kartu SIM (Subscriber Indentity Module) dan aplikasi tertentu dari pihak ketiga yang diinstal pada ponsel.

Seiring kemajuan teknologi, internet banking yang dulu banyak dijalankan di browser melalui komputer meja, kini dengan mudah diakses menggunakan ponsel pintar. Atas dasar alasan ini banyak orang memasukkan internet banking sebagai bagian dari mobile banking.[2]

Menikmati mobile banking umumnya gratis. Pihak bank tidak menambah biaya administrasi bulanan. Akan tetapi mengakses mobile banking dibutuhkan pulsa untuk pelanggan prabayar dan koneksi internet. Jika menggunakan layanan pascabayar maka menambah jumlah biaya tagihan telepon tiap bulan.

Referensi[sunting | sunting sumber]