Perang agresi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Perang agresi, terkadang juga perang penaklukan, adalah konflik militer yang dilakukan tanpa alasan untuk membela diri, biasanya demi keuntungan dan penaklukan teritorial.

Dalam keputusan Pengadilan Militer Internasional di Nuremberg, setelah Perang Dunia II, "Perang pada dasarnya adalah hal yang jahat. Konsekuensinya tidak terbatas pada negara-negara yang berperang saja, tetapi mempengaruhi seluruh dunia. Oleh karena itu, untuk memulai perang agresi , bukan hanya kejahatan internasional; ini adalah kejahatan internasional tertinggi yang hanya berbeda dari kejahatan perang lainnya karena di dalamnya terdapat akumulasi kejahatan secara keseluruhan."[1][2]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The International Military Tribunal for Germany (1946-09-30), Judgment of the International Military Tribunal for the Trial of German Major War Criminals: The Nazi Regime in Germany, The Avalon Project, Yale University 
  2. ^ Broomhall, Bruce (2003). International justice and the International Criminal Court (edisi ke-2). Oxford University Press. hlm. 46. ISBN 978-0-19-925600-6. 

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Lyal S. Sunga The Emerging System of International Criminal Law: Developments in Codification and Implementation, Kluwer (1997) 508 p.
  • Lyal S. Sunga Individual Responsibility in International Law for Serious Human Rights Violations, Nijhoff (1992) 252 p.
  • H. K. Thompson, Jr. and Henry Strutz, Dönitz at Nuremberg: A Reappraisal, Torrance, Calif.: 1983.
  • J. Hogan-Doran and B. van Ginkel, "Aggression as a Crime under International Law and the Prosecution of Individuals by the Proposed International Criminal Court" Netherlands International Law Review, Volume 43, Issue 3, December 1996, pp. 321–351, T.M.C. Asser Press 1996.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]