Perang Zhili–Anhui

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pertempuran Zhili-Anhui
Bagian dari Era Panglima Perang
Tanggal14 Juli 1920 – 23 Juli 1920
LokasiHebei, Tiongkok
Hasil

kemenangan Zhili dan Fengtian

Pihak terlibat
Bendera Republik Tiongkok (1912–1949) kelompok Zhili
Flag of Fengtian clique.svg kelompok Fengtian
Bendera Republik Tiongkok (1912–1949) kelompok Anhui
Tokoh dan pemimpin
Wu Peifu
Cao Kun
Zhang Zuolin
Duan Qirui
Qu Tongfeng
Xu Shuzheng
Kekuatan
50,000+ 42,000
Korban
Beberapa ribu 35,500 terbunuh atau terlantar
6,500 menyerah
Perang Zhili–Anhui
Hanzi tradisional: 直皖戰爭
Hanzi sederhana: 直皖战争

Pertempuran Zhili–Anhui merupakan sebuah konflik yang terjadi pada tahun 1920 di Era Panglima Perang Republik Tiongkok antara kelompok Zhili dan Anhui untuk menguasai pemerintahan Beiyang.

Prelude[sunting | sunting sumber]

Ketegangan antara dua faksi yang meningkat selama Perlindungan Konstitusional tahun 1917. Duan Qiru, pemimpin kelompok Anhui, menyukai tindakan agresif terhadap Selatan, dan setelah menjadi perdana menteri departemen negara (Guwu Zongli, 国务总理) menganjurkan solusi militer. Rencananya adalah untuk menyingkirkan Tiongkok selatan panglima perang saingan, serta menyatukan negara. Kelompok Zhili mendukung kompromi dan berharap untuk menyerang panglima perang lawan di pihak mereka dengan dukungan keuangan dan politik. Duan menolak untuk mengakui upaya Zhili dan lebih menyukai para pejabat dan politisinya daripada yang lain. Setelah membangun pasukan swasta de facto menggunakan Nishihara Shakkan, ia menggunakannya untuk menduduki Mongolia Luar. Merasa terancam, clique Manchuria, Fengtian bersekutu dengan kelompok Zhili dan mulai membujuk para panglima perang di Tiongkok barat daya yang sebelumnya telah diancam oleh tentara Duan Anhui. Mendapatkan dukungan Inggris dan Amerika, kelompok Zhili dan Fengtian membuat Presiden Xu Shichang memecat Jenderal Xu Shuzheng, pemimpin ekspedisi Mongolia. Setelah kehilangan muka publik dan dirusak oleh sepasang mantan dan sekutu yang kurang kuat namun masih berbahaya, Jenderal Xu dan Duan mengecam tindakan tersebut.

Pada bulan November 1919 pemimpin kelompok Zhili Jenderal Wu Peifu dengan perwakilan Tang Jiyao dan Lu Rongting di Hengyang, di mana mereka menandatangani perjanjian yang berjudul "Rough Draft of the National Salvation Allied Army" (救国同盟军草约). Ini membentuk dasar dari aliansi persekutuan anti-Anhui yang sesungguhnya. Pada bulan April 1920, ketika mengunjungi upacara peringatan di Baoding untuk tentara yang meninggal di Hunan, seorang kandidat presiden Cao Kun menambahkan lebih banyak panglima perang ke aliansi persekutuan anti-Anhui, termasuk penguasa Hubei, Henan, Liaoning, Jilin, Heilongjiang, Jiangsu, Jiangxi dan Zhili. Konflik menjadi publik ketika kedua pihak mulai dikerahkan untuk perang yang akan datang.

Telegram Paoting-fu[sunting | sunting sumber]

Berbagai jenderal Zhili dan Fengtian - seperti Cao Kun, Zhang Zuolin, Wang Zhanyuan, Li Shun, Chen Guangyuan, Zhao Ti dan Ma Fuxiang—menandatangani kecaman terhadap kelompok Anhui dan lengan militernya, Klub Anfu, yang dipimpin oleh Xu Shuzheng dan Duan Qirui. Penolakan ini disirkulasikan melalui telegram yang disebut Paoting-fu pada tanggal 12 Juli 1920.[1]

Strategi[sunting | sunting sumber]

Pada awal bulan Juli 1920 kelompok Anhui mengumpulkan lima divisi dan empat brigade gabungan untuk membentuk apa yang disebut Tentara Stabilisasi Nasional (定国军), dengan Duan Qirui sebagai panglima tertinggi. Tentara dikerahkan di dua garis depan, bagian barat meliputi wilayah Zhuozhou, Laishui (涞水) dan Gu'an (固安), sedangkan bagian timur menutupi wilayah Liang (梁) Hamlet dan Candi Beijimiao (北极庙), hanya di sebelah barat Poplar (杨) Hamlet.

Zhili dan pasukan sekutu berkumpul divisi dan sembilan brigade gabungan untuk membentuk "Tentara Pengawal Pengkhianatan" mereka sendiri (讨逆军), dengan Wu Peifu sebagai komandan garis depan. Ini juga ditempatkan di dua garis depan, dengan zona timur di wilayah Poplar (杨) Hamlet dan depan barat di wilayah Gaobei (高碑). Sementara itu, Zhang Zuolin memerintahkan detasemen pasukannya untuk memasuki Shanhaiguan, mengambil posisi di Machang (马厂) dan Junliangcheng (军粮城).

Pertempuran[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 14 Juli 1920, tentara Anhui menyerang tentara Zhili di kedua garis depan. Pasukan Zhili dipaksa untuk meninggalkan Hotel Gaobei (高碑) dan mundur. Dua hari kemudian, dengan bantuan dari pasukan Jepang, tentara Anhui juga berhasil mengambil Poplar (杨) Hamlet, memaksa pasukan Zhili membentuk garis pertahanan kedua di wilayah Beicang (北仓). Di sini kemajuan pasukan Anhui akhirnya dihentikan.

Pada tanggal 17 Juli, Wu Peifu secara pribadi memerintahkan tentara garis depan barat Zhili, melakukan manuver yang berani, mengepung musuh dan mengambil markas Anhui di zona barat. Dia menangkap komandan garis depan Angkatan Darat Anhui Qu Tongfeng (曲同丰) dan banyak perwiranya, termasuk komandan Divisi 1. Setelah mengambil kota Zhuozhou, Wu mengejar musuh yang mundur menuju Beijing. Dengan pengecualian Divisi ke-15, sisa tentara Anhui di front barat dimusnahkan. Pada hari yang sama tentara Fengtian menyerang garis depan timur Anhui. Setelah mengetahui jatuhnya zona barat, komandan timur Anhui, kepala staf Jenderal Xu Shuzheng, melarikan Langfang ke Beijing, meninggalkan pasukannya untuk menyerah pada gabungan kelompok Fengtian dan Zhili.

Pada tanggal 19 Juli 1920, Duan Qirui menyadari pertarungan telah berakhir dan mengundurkan diri dari jabatannya. Pada tanggal 23 Juli gabungan Fengtian dan Zhili bergabung dengan Nanyuan (南苑) untuk pengambilalihan Beijing, diakhiri dengan kekalahan dan penyerahan kelompok Anhui.[2]

Kesimpulan[sunting | sunting sumber]

Sedikit lebih dari seminggu pertempuran menyebabkan kekalahan yang tak terduga dari kelompok Anhui dan pecahnya Tentara Beiyang secara permanen. Wu Peifu secara nasional dipuji sebagai ahli strategi di balik kemenangan clique Zhili, sementara kelompok Fengtian memberikan dukungan dan diizinkan untuk membentuk pemerintahan bersama, pemerintahan yang akan bertahan hingga Pertempuran Zhili-Fengtian Pertama pada tahun 1922.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Min-chʻien Tuk Zung Tyau (1922). China awakened. The Macmillan company. hlm. 168. Diakses tanggal June 28, 2010. 
  2. ^ Anthony B. Chan (1 October 2010). Arming the Chinese: The Western Armaments Trade in Warlord China, 1920-28, Second Edition. UBC Press. hlm. 69–. ISBN 978-0-7748-1992-3.