Perang Salib Varna

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Perang Salib Varna

Raja Władysław III dari Polandia dalam Pertempuran Varna
TanggalOktober 1443-November 1444
LokasiBalkan
Hasil Kemenangan besar Utsmaniyah
Pihak terlibat
Kerajaan Poland
Kerajaan Hungaria
Kerajaan Hungaria
Mahkota Bohemia
Keharyapatihan Lituania
Kedespotan Serbia
Wallachia
Kepangeranan Moldavia
Pemberontak Bulgaria
 Kekaisaran Romawi Suci
Negara Gereja
Ksatria Teutonik
Bantuan angkatan laut :
Kadipaten Bourgogne
Republik Venesia
Republik Ragusa
Kesultanan Utsmaniyah
Tokoh dan pemimpin
Władysław III dari Polandia 
Hunyadi János
Wallachia Mircea II
Fruzhin
Murad II

Perang Salib Varna adalah kampanye militer yang dilancarkan oleh beberapa raja Eropa untuk menghentikan perluasan wilayah Kesultanan Utsmaniyah di Balkan pada tahun 1443 dan 1444. Perang Salib ini diserukan oleh Paus Eugene IV pada tanggal 1 Januari 1443 dan dipimpin oleh Raja Władysław III dari Polandia, Hunyadi János, Voivode Transilvania dan Adipati Philippe yang Baik dari Bourgogne.

Perang Salib ini mengalami kegagalan setelah kemenangan besar Utsmaniyah dalam Pertempuran Varna pada tanggal 10 November 1444. Raja Władysław dan wakil paus Julian Cesarini tewas dalam pertempuran tersebut.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1428, ketika Kesultanan Utsmaniyah berperang melawan Republik Venesia dan Kerajaan Hongaria, mereka mencapai perdamaian sementara dengan mendirikan Kedespotan Serbia sebagai negara penyangga. Setelah perang berakhir pada tahun 1430, Ottoman kembali ke tujuan awal mereka untuk menguasai seluruh wilayah di selatan Danube. Pada tahun 1432, Sultan Murad II mulai menyerbu Transilvania. Setelah Raja Sigismund meninggal pada tahun 1437, serangan meningkat, dengan Ottoman menduduki Borač pada tahun 1438 dan Zvornik dan Srebrenica pada tahun 1439. Pada akhir tahun 1439, Smederevo menyerah dan Murad berhasil menjadikan Serbia sebagai provinsi Ottoman. Đurađ Branković, Despot Serbia, melarikan diri ke kastilnya di Hongaria. Pada tahun 1440, Murad mengepung benteng perbatasan utama Hongaria, Beograd. Setelah gagal merebut benteng tersebut, ia terpaksa kembali ke Anatolia untuk menghentikan serangan Karamanid.

Sementara itu, penerus Sigismund, Albert, meninggal pada bulan Oktober 1439, tak lama setelah menandatangani undang-undang untuk "memulihkan hukum dan adat istiadat kuno di wilayah tersebut". Undang-undang tersebut membatasi otoritas kerajaan dengan mewajibkan partisipasi bangsawan pemilik tanah dalam pengambilan keputusan politik. Empat bulan setelah kematian Albert, putra satu-satunya Ladislaus yang Anumerta lahir ketika Hongaria berada di tengah perang saudara untuk memperebutkan raja berikutnya. Pada tanggal 17 Juli 1440, Władysław, raja Polandia, dimahkotai meskipun terjadi perselisihan. John Hunyadi membantu perjuangan Władysław dengan menenangkan wilayah timur, memberinya posisi Nádor dari Transylvania dan tanggung jawab yang sesuai untuk melindungi perbatasan selatan Hongaria. Pada akhir tahun 1442, Władysław telah mendapatkan statusnya di Hongaria, dan menolak usulan perdamaian Utsmaniyah dengan imbalan Beograd.

Gereja Katolik telah lama menganjurkan perang salib melawan Ottoman, dan dengan berakhirnya perang saudara di Hongaria dan perang yang hampir bersamaan di Bizantium, mereka dapat memulai negosiasi dan perencanaan secara realistis. Dorongan yang diperlukan untuk mewujudkan rencana tersebut menjadi tindakan diberikan oleh Hunyadi antara tahun 1441–1442. Pada tahun 1441, ia mengalahkan serangan yang dipimpin oleh Ishak Pasha dari Smederevo. Dia hampir memusnahkan pasukan Mezid Bey di Transylvania pada tanggal 22 Maret 1442, dan pada bulan September dia mengalahkan serangan balas dendam Şihabeddin Pasha, gubernur jenderal Rumelia. Branković, yang berharap untuk membebaskan Serbia, juga memberikan dukungannya setelah Novo Brdo, kota besar terakhir di Serbia, jatuh ke tangan Ottoman pada tahun 1441.

Perang Salib[sunting | sunting sumber]

Pertarungan awal[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 1 Januari 1443, Paus Eugenius IV menerbitkan banteng Perang Salib. Pada awal Mei, dilaporkan "bahwa Turki berada dalam kondisi yang buruk dan akan mudah untuk mengusir mereka dari Eropa". Perang diproklamasikan melawan Sultan Murad II pada diet Buda pada Minggu Palma 1443, dan dengan pasukan berjumlah 40.000 orang, kebanyakan Magyar, raja muda, dengan Hunyadi memimpin di bawahnya, menyeberangi sungai Donau dan merebut Nish dan Sofia.

Tentara salib, yang dipimpin oleh Władysław, Hunyadi, dan Branković, menyerang pada pertengahan Oktober. Mereka dengan tepat memperkirakan bahwa Murad tidak akan dapat dengan cepat memobilisasi pasukannya, yang sebagian besar terdiri dari pasukan kavaleri (timariot) yang memegang wilayah kekuasaan yang perlu mengumpulkan hasil panen untuk membayar pajak. Pengalaman Hunyadi dalam kampanye musim dingin pada tahun 1441–1442 menambah keunggulan Hongaria. Mereka juga memiliki baju besi yang lebih baik, sehingga sering kali membuat senjata Utsmaniyah tidak berguna. Murad tidak dapat mengandalkan kesetiaan pasukannya dari Rumelia, dan mengalami kesulitan melawan taktik Hongaria.

Pertempuran Nish[sunting | sunting sumber]

Dalam Pertempuran Nish tentara salib menang dan memaksa Kasim Pasha dari Rumelia dan rekan komandannya Turahan Bey melarikan diri ke Sofia, Bulgaria untuk memperingatkan Murad tentang invasi tersebut. Namun, keduanya membakar semua desa yang mereka lalui dalam upaya untuk melemahkan tentara salib dengan taktik bumi hangus. Ketika mereka tiba di Sofia, mereka menyarankan Sultan untuk membakar kota itu dan mundur ke pegunungan di luarnya, agar pasukan Utsmaniyah yang lebih kecil tidak akan dirugikan.

Proposal perdamaian[sunting | sunting sumber]

Murad diyakini memiliki keinginan terbesar untuk perdamaian. Antara lain, saudara perempuannya memintanya untuk membebaskan suaminya Mahmud, dan istrinya Mara, putri Đurađ Branković, menambahkan tekanan tambahan. Pada tanggal 6 Maret 1444 Mara mengirim utusan ke Branković; diskusi mereka memulai negosiasi perdamaian dengan Kekaisaran Ottoman.

Pada tanggal 24 April 1444, Władysław mengirim surat kepada Murad, menyatakan bahwa duta besarnya, Stojka Gisdanić, sedang melakukan perjalanan ke Edirne dengan kekuatan penuh untuk bernegosiasi atas namanya. Ia meminta agar, setelah kesepakatan tercapai, Murad mengirimkan duta besarnya sendiri dengan perjanjian dan sumpahnya ke Hongaria, yang pada saat itu Władysław juga dapat mengambil sumpahnya.

Pada hari yang sama, Władysław mengadakan Diet di Buda, di mana dia bersumpah di hadapan Kardinal Julian Cesarini untuk memimpin ekspedisi baru melawan Ottoman di musim panas. Pendukung terkuat yang tersisa dari klaim takhta Ladislaus yang Anumerta juga menyetujui gencatan senjata, sehingga menghilangkan bahaya perang saudara lainnya.

Antara bulan Juni dan Agustus 1444, negosiasi perjanjian dilakukan, pertama di Edirne, dan kemudian di Szeged. Namun, tentara salib tidak sepenuhnya tertarik pada perdamaian, terutama karena Cesarini mendorong kelanjutan perang salib. Kardinal akhirnya menemukan solusi yang memungkinkan kelanjutan pertempuran dan ratifikasi perjanjian tersebut, dan pada tanggal 15 Agustus 1444 Perdamaian Szeged disumpah untuk berlaku.

Babak final[sunting | sunting sumber]

Segera setelah semua persyaratan jangka pendek perjanjian dipenuhi, Hongaria dan sekutunya melanjutkan perang salib. Raja Władysław mengumpulkan pasukan yang sebagian besar terdiri dari pasukan reguler Hongaria, dan pasukan dari Polandia, Transylvania, Kroasia, Bosnia, unit kavaleri berat dari Eropa Barat, dan tentara bayaran dari Eropa Timur. Pasukan gabungan berjumlah 16.000 orang, dan diikuti oleh 4.000 orang Wallachia di wilayah Nicopolis. Murad, yang pensiun tak lama setelah perjanjian itu selesai, dipanggil kembali untuk memimpin tentara Ottoman. Pada 10 November 1444, kedua pasukan bentrok di Pertempuran Varna (dekat benteng Laut Hitam Varna, Bulgaria). Kesultanan Utsmaniyah meraih kemenangan telak meski mengalami kekalahan besar, sementara tentara salib kehilangan Raja Władysław dan lebih dari 15.000 prajurit.

Akibat[sunting | sunting sumber]

Banyak tentara Salib yang lumpuh karena radang dingin, lebih banyak lagi yang tewas dalam pertempuran kecil lanjutan, dan banyak orang Eropa yang ditangkap. Hongaria kembali dilanda perang saudara sampai Hunyadi terpilih menjadi Bupati untuk bayi Ladislaus pada bulan Juni 1446. Branković tetap memegang kendali atas Serbia.

Kemenangan Ottoman di Varna, diikuti dengan kemena ngan mereka dalam Pertempuran Kosovo Kedua pada tahun 1448, menghalangi negara-negara Eropa untuk mengirimkan bantuan militer yang besar kepada Bizantium selama penaklukan Ottoman atas Konstantinopel pada tahun 1453. Meskipun Paus Pius II secara resmi mendeklarasikan perang salib selama tiga tahun di Dewan Mantua untuk merebut kembali Konstantinopel dari Ottoman, para pemimpin yang menjanjikan 80.000 tentara mengingkari komitmen mereka. Kesultanan Utsmaniyah bebas, selama beberapa dekade, dari segala upaya serius untuk mengusirnya dari Eropa.

Dalam budaya populer[sunting | sunting sumber]

Berakhirnya Perang Salib Varna menjadi titik awal untuk video game strategi raya Europa Universalis IV oleh Paradox Development Studio, satu hari setelah Pertempuran Varna, pada 11 November 1444.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Madden, Thomas F. (2006). "9". The New Concise History of the Crusades. Rowman & Littlefield. Hlm. 202. ISBN 978-0-7425-3823-8.