Perang Perusia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Perang Perusia
Tanggal 4140 SM
Lokasi Roma, Perusia
Hasil Kemenangan Romawi
Pihak yang terlibat
Republik Romawi Pasukan Fulvia dan Lucius Antonius
Komandan
Octavianus Fulvia
Lucius Antonius
Kekuatan
125,000 48,000

Perang Perusia adalah perang saudara di Republik Romawi, yang berlangsung pada tahun 41 hingga 40 SM. Konflik ini terjadi antara Lucius Antonius bersama Fulvia, untuk mendukung Marcus Antonius, melawan musuh politiknya (dan kelak menjadi kaisar Augustus) Octavianus.

Fulvia, yang menikahi Marcus Antonius pada perang saudara, merasa amat yakin bahwa suaminya pantas menjadi penguasa tunggal Romawi, dan bukannya berbagi kekuasaan dengan Triumvirat Kedua, terutama dengan Octavianus.

Fulvia dan adik Antonius, yaitu Lucius Antonius, mengumpulkan enam legiun di Italia. Pasukannya sempat menguasai Romawi untuk waktu yang singkat, namun kemudian dipaksa mundur ke kota Perusia. Pada musim dingin tahun 41 - 40 SM, pasukan Octavianus mengepung kota itu hingga memaksanya menyerah akibat kelaparan. Fulvia dan Lucius Antonius diampuni, us namun MarcsAntonius dikirim untuk menjadi gubernur Spanyol. Fulvia diasingkan ke Sikyon. Penduduk kota itu lalu dibantai.

Fulvia meninggal pada tahun 40 SM, dan dengan kematiannya Marcus Antonius menyepakati perdamaian dengan Octavianus. Akan tetapi, perdamaian itu berlangsung singkat karena perang saudara kembali terjadi beberapa tahun kemudian.