Perang Penerus Mantova

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Perang Penerus Mantova
Bagian dari Perang Tiga Puluh Tahun
Tanggal1628–1631
LokasiItalia Utara
Hasil Adipati Nevers diakui sebagai penguasa Mantova
Pihak terlibat
Pendukung Adipati Nevers:
 Prancis
 Venesia
Pendukung Adipati Guastalla:
 Kekaisaran Romawi Suci
Spanyol Spanyol
 Kadipaten Savoia
Tokoh dan pemimpin
Charles, Adipati Nevers
Kerajaan Prancis Louis XIII dari Prancis
Kerajaan Prancis Kardinal Richelieu
Kerajaan Prancis Henri II de Montmorency
Ferrante II Gonzaga
Kekaisaran Romawi Suci Raimbaut XIII of Collalto
Spanyol Ambrogio Spinola
Spanyol Gonzalo Fernández de Córdoba
Kadipaten Savoia Carlo Emanuele I

Perang Penerus Mantova (1628–31) adalah salah satu perang yang terjadi selama Perang Tiga Puluh Tahun. Perang ini dipicu oleh perebutan jabatan adipati di Kadipaten Mantova karena Wangsa Gonzaga tidak lagi memiliki penerus laki-laki yang berasal dari keturunan langsung. Sebelumnya, saudara-saudara Francesco IV (1612) (yaitu Ferdinando dan Vincenzo II) telah meninggal dunia tanpa meninggalkan penerus. Terdapat dua orang yang mencoba menyatakan diri sebagai penerus yang sah, yaitu Adipati Nevers yang didukung oleh Kerajaan Prancis dan Adipati Guastalla yang dibantu oleh Wangsa Habsburg.

Setelah berlangsungnya perang selama tiga tahun, Kaisar Romawi Suci akhirnya mengakui Adipati Nevers sebagai penguasa Mantova yang sah.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Arnold, Thomas F. (1994). "Gonzaga Fortifications and the Mantuan Succession Crisis of 1613–1631". Mediterranean Studies. 4: 113–30. 
  • Parrott, David (1997). "The Mantuan Succession, 1627–31: A Sovereignty Dispute in Early Modern Europe". English Historical Review,. 112 (445): 20–65. 
  • Stradling, R. A. (1990). "Prelude to Disaster; the Precipitation of the War of the Mantuan Succession, 1627–29". Historical Journal. 33 (4): 769–85.