Perang Emu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Perang Emu
Seorang tentara Australia memegang bangkai emu
Nama lain Perang Emu Besar
Tanggal 2 November – 10 Desember 1932
Lokasi Distrik Campion, Australia Barat
Partisipan Emu
Sir George Pearce
Mayor G.P.W. Meredith
Royal Australian Artillery
Hasil Gagal

Perang Emu (juga dikenal dengan sebutan Perang Emu Besar)[1] adalah operasi militer yang dilancarkan pada akhir tahun 1932 untuk mengurangi jumlah emu yang berlebihan di Distrik Campion, Australia Barat. Emu merupakan spesies burung yang tak dapat terbang asli Australia. Para tentara yang turut serta dipersenjatai oleh senapan Lewis, sehingga media menjuluki operasi ini "Perang Emu". Namun, operasi ini gagal mencapai tujuannya.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Setelah Perang Dunia I, banyak veteran dari Australia dan beberapa veteran Britania yang bertani gandum di Australia Barat (biasanya di wilayah pinggiran). Namun, mereka menghadapi kesulitan akibat kedatangan sekitar 20.000 emu.[2] Emu sering bermigrasi setelah musim kawin dari wilayah pesisir ke pedalaman. Para petani Australia telah membuka lahan dan memperoleh persediaan air tambahan untuk para ternak. Tempat ini merupakan habitat yang baik untuk emu, sehingga mereka mulai memasuki wilayah pertanian (terutama wilayah pertanian pinggiran di sekitar Chandler dan Walgoolan).[3] Emu memakan dan merusak tanaman serta meninggalkan lubang besar di pagar yang dapat dimasuki oleh kelinci (yang akan semakin menambah masalah).[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Shuttlesworth, Dorothy Edwards (1967). The Wildlife of Australia and New Zealand. University of Michigan Press. hlm. 69. 
  2. ^ Gill, Frank B. (2007). Ornithology (edisi ke-3rd). Macmillan. hlm. xxvi. ISBN 978-0-7167-4983-7. 
  3. ^ Johnson, Murray (2006). "'Feathered foes': soldier settlers and Western Australia's 'Emu War' of 1932". Journal of Australian Studies (88): 147–157. ISSN 1444-3058. 
  4. ^ ""Emu War" defended". The Argus. 19 November 1932. hlm. 22. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]